Nisab, di dalam Syariah adalah jumlah batasan pemilikan seorang Muslim selama satu tahun untuk wajib mengeluarkan zakat.

Harta Peternakan sunting

Kambing, Biri-biri, Sapi, Kerbau dan Kuda sunting

Nishab kerbau dan kuda disetarakan dengan nishab lembu iaitu 30 ekor. Ertinya jika seseorang telah memiliki lembu (kerbau / kuda), maka ia telah terkena wajib zakat.

Kambing/ Domba sunting

Nishab kambing/domba adalah 40 ekor, ertinya bila seseorang telah memiliki 40 ekor kambing/domba maka ia telah terkena wajib zakat.

Ternakan Unggas dan Perikanan sunting

Nishab pada ternakan unggas (ayam, itik, burung, dll) dan perikanan tidak dilaksanakan mengikut jumlah (ekor), sebagaimana halnya lembu, dan kambing. Tapi dikira berdasarkan skala usaha.

Nishab ternakan unggas dan perikanan adalah setara dengan 20 Dinar (1 Dinar = 4.25 gram emas murni) atau sama dengan 85 gram emas. Ertinya bila seorang beternak unggas atau perikanan, dan pada akhir tahun (tutup buku) ia memiliki kekayaan yang berupa modal kerja dan keuntungan lebih besar atau sama dengan 85 gram emas murni, maka ia terkena kewajipan zakat sebanyak 2.5%.


Jika anda melihat rencana yang menggunakan templat {{tunas}} ini, gantikanlah ia dengan templat tunas yang lebih spesifik.