Suku (Jawi: سوكو, kata jamak: suku-sakat) atau klan yang dimaksudkan di sini ialah puak atau sekumpulan manusia yang mempunyai hubungan keluarga. kelompok-kelompok ini memiliki struktur sosial yang jelas dan tertata baik sejak dulu kala.

Kelaziman mengikut rantau sunting

Nusantara sunting

Orang Minangkabau sunting

Masyarakat Minangkabau di kawasan tanah tinggi barat Sumatera membahagikan kependudukan mereka kepada suku setiap satunya diatur dengan amalan Adat Perpatih. Sistem ini masih diteruskan banyak keluarga Minangkabau yang berhijrah luar pulau Sumatera terutamanya di Negeri Sembilan, Semenanjung Melayu.

Indonesia sunting

khususnya di antara masyarakat Maluku, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara, Kepulauan Timor dan Tanah Papua.

Suku dalam pengertian ini setara dengan marga dalam suku Batak atau mataruma dalam Suku Ambon. Adapun di Sumatera Selatan, terdapat berbagai-bagai macam suku dari suku-suku kecil mahupun suku-suku besar. Di Kabupaten Lahat misalnya, terdapat suku Besemah, suku Lintang, suku Gumai dan berbagai macam nama suku-suku lainnya. Sama dengan daerah Sumatra Barat, suku dalam pengertian ini setara dengan marga dalam suku Batak. Dalam hal ini kata suku harus dibedakan dengan istilah suku bangsa atau "kelompok etnik" (ethnic group) yang tidak begitu kurang tepat menggambarkan suatu suku bangsa.

Di Kepulauan Maluku pula, "suku" terdiri daripada satu atau lebih marga (mataruma dalam Bahasa Ambon). Setiap marga atau mataruma atau memiliki sekurang-kurangnya satu keluarga. Dalam kasus unik, khususnya di antara bangsa Papua ada contoh di mana satu marga hanya terdiri dari satu keluarga atau satu Suku memiliki satu marga saja.

Alam Cina sunting

Eropah sunting

Scotland sunting

Rujukan sunting