Brother Bear (Adik Beruang) ialah sebuah filem animasi terbitan Walt Disney Feature Animation Florida dan ditayangkan pada 1 November 2003 oleh Walt Disney Pictures dan Buena Vista Distribution. Watak utamanya adalah seorang remaja Inuit yang memasuki zaman dewasa dan berubah menjadi beruang.

Brother Bear
PengarahAaron Blaise
Robert Walker
PenulisLorne Cameron
David Hoselton
Tab Murphy
Steve Bencich (screenplay)
Broose Johnson (story)
Jeffrey Stepakoff (additional writer, story)
Dihasilkan olehIgor Khait
Chuck Williams
DibintangiJoaquin Phoenix
Jeremy Suarez
Rick Moranis
Dave Thomas
Jason Raize
D.B. Sweeney
Joan Copeland
Michael Clarke Duncan
Muzik olehPhil Collins
Mark Mancina
Diedarkan olehWalt Disney Pictures
Tarikh tayangan
1 November, 2003
Masa tayangan
85 minutes
BahasaInggris

Sinopsis sunting

Templat:Spoiler Kenai, seorang remaja Inuit akan menjalani ritual menuju kedewasaan dan mendapat totem dari arwah para leluhur. Namun, ia sangat kecewa saat mendapatkan totem beruang perlambang cinta, tidak seperti kakaknya, Denahi, yang mendapat totem serigala yang bijak atau Sitka, yang mendapat totem elang perlambang petunjuk. Kekecewaannya bertambah parah setelah kakaknya terbunuh saat mengejar beruang yang ia buru.

Walau dilarang Denahi, ia memburu beruang itu dan membunuhnya. Namun, para leluhur malah merubahnya menjadi beruang dan yang diketahui Denahi justru bahwa adiknya juga dibunuh beruang. Tanana yang tahu akan hal itu menyuruh Kenai ke tempat dimana cahaya menyentuh bumi jika ingin berubah menjadi manusia lagi. Dalam perjalanannya, ia berteman dengan dua ekor rusa, Rutt dan Tuke, serta seekor beruang kecil bernama Koda yang kehilangan ibunya. Kenai ikut dengan Koda karena Koda menuju ke tempat perburuan ikan salmon dan tempat yang ia tuju terletak di dekat situ.

Sampai di tujuan Koda, para beruang menyambut mereka dan saat mereka berbagi cerita, Kenai menyadari bahwa beruang yang diceburkan Sitka ke sungai adalah ibu Koda. Merasa bersalah, Kenai berlari ke gunung untuk mencari arwah para leluhur. Koda yang merasa ditinggal pun bersedih namun melihat Rutt dan Tuke, ia menjadi sadar akan pentingnya Kenai.

Mereka yang selama ini dikejar Denahi akhirnya berhadapan dan setelah Kenai menyelamatkan Koda dari Denahi, para leluhur mengubahnya kembali menjadi beruang. Tetapi karena rasa cintanya pada Koda, ia meminta diubah kembali menjadi beruang dan menyelesaikan ritual menuju kedewasaannya dalam bentuk beruang. Templat:Endspoiler

Pelakon suara sunting

Watak Pelakon suara
Inggeris   Malaysia   Indonesia  
Kenai Joaquin Phoenix ? ?
Koda Jeremy Suarez ? ?
Rutt Rick Moranis ? ?
Tuke Dave Thomas ? ?
Denahi Jason Raize ? ?
Sitka D.B. Sweeney ? ?
Tanana Joan Copeland ? ?
Tug Michael Clarke Duncan ? ?