Datuk Mangaji, bergelar Tori Agama,[1] adalah seorang penyebar agama Islam di Sulawesi Tengah, khususnya di daerah Parigi dan sekitarnya.[2] Ia dipercayai masyarakat setempat berasal dari Minangkabau, Sumatera.[2] Raja Parigi (bahasa Kaili: Magau) yang bergelar Tori Kota ("Orang di Kota) dan putranya Magau Janggo ("Raja Berjanggut") adalah yang pertama-tama masuk Islam dalam kerajaan tersebut, setelah menerima dakwah dari Datuk Mangaji.[3]

Makam Datuk Mangaji terletak di dekat istana Parigi di Desa Parigimp'u, Parigi Barat, Sulawesi Tengah.[1]

Rujukan sunting

  1. ^ a b Situs Disporabudpar Kab. Parigi Moutong. "Makam Rangga Dunia/Tori Agama". Copyright © 2013 (dalam bahasa Indonesia). Dicapai pada 26 Jun 2013.
  2. ^ a b Mattulada, dkk (ed.) (1990). Sawerigading: Folktale Sulawesi (dalam bahasa Inggeris). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara. m/s. 456. Dicapai pada 26 Jun 2013.CS1 maint: extra text: authors list (link)
  3. ^ Sejarah Daerah Sulawesi Tengah (dalam bahasa Indonesia). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Penerbitan Buku Bacaan dan Sastra Indonesia dan Daerah. 1979. m/s. 79. Dicapai pada 26 Jun 2013.