Dong Yi (siri TV)

(Dilencongkan dari Dong Yi (drama Korea))

Dong Yi merupakan drama Korea Selatan yang diproduksi pada tahun 2010 dan ditayangkan oleh stesen televisyen MBC. Drama ini bergenre epik-fusion sepanjang 60 episodedan ditayangkan pada setiap hari Isnin dan Selasa di MBC.

Dong Yi
Dibintangi oleh
Han Hyo-joo
Ji Jin-hee
Lee So-yeon
Bae Soo Bin
Park Ha-sun
Negara asalKorea Selatan Korea Selatan

Sinopsis sunting

Latar cerita ada pada masa pemerintahan Raja Sukjong (Raja ke-19) yang memerintah Dinasti Joseon (lakonan Ji Jin Hee). Cerita berfokus pada Dong Yi (lakonan Han Hyo Joo, Dong Yi kecil lakonan Kim Yoo Jung), pelayan biro muzik yang tugasnya membantu biro muzik dan pekerjaan-pekerjaan berat lain di istana (musuri) yang kemudian mendapat kepercayaan Ratu Inhyeon (lakonan Park Ha Sun). Ia juga disukai oleh raja dan tersentuh oleh doa yang ia sampaikan demi kesihatan sang ratu pada saat terjadi kekacauan yang disebabkan oleh selir lain, Jang Hui-bin (lakonan Lee So Yeon). Dong Yi lalu menjadi selir dengan pangkat Suk-Bin dan melahirkan putra yang nantinya menjadi raja ke-21 Joseon, Yeongjo.

Dong Yi adalah putri Choi Hyo Won yang merupakan ketua Masyarakat Pendekar Pedang (Geumgae). Kakaknya Choi Dong Joo berteman dengan Cha Cheon Soo (Baek Soo Bin) yang nantinya akan membantu Dong Yi. Seo Yong Gi adalah teman ayah Dong Yi, ayah Seo Yong Gi tewas karena pembunuhan (yang katanya direncanakan Fraksi Selatan). Seo Yong Gi ditugaskan menyelidiki kasus ayahnya. Geumgae bentukan Choi Hyo Won dituduh membunuh ayah Seo Yong Gi, maka Seo Yong Gi harus memburu semua anggota Geumgae dan putri ketuanya, Dong Yi. Semua anggota Geumgae dieksekusi dengan perintah raja (karena tuduhan membunuh), tapi ada satu yang melarikan diri, yaitu Cha Cheon Soo yang akan menyelamatkan Dong Yi.

Dong Yi mengganti namanya menjadi Cheon Dong Yi, agar tidak tertangkap prajurit. Sebenarnya Dong Yi dan Seo Yong Gi sering sekali bertemu tetapi Seo Yong Gi tidak mengenalinya sementara Dong Yi mengenalnya (karena pernah bertemu saat masa kecilnya). Seo Yong Gi justru membantu Dong Yi sampai menjadi selir. Karena suatu jasa Jang Hui Bin merekomendasikannya sebagai gungnyeo (dayang) biro pengawas. Di biro pengawas, Jeong Sang Gung (Ibu Asrama Jeong) dan Jung Im selalu membantunya menegakkan kebenaran sampai dia menjadi Dayang Agung Istana (dan kemudian jadi selir).

Dong Yi lalu menjadi selir dengan pangkat Suk-Bin (selir tingkat 1) dan melahirkan putera yang nantinya menjadi raja ke-21 Joseon, Yeongjo.

Pelakon sunting

Rating sunting

  • 26.6% (17 Ogos 2010)

Templat:Televisyen-stub