Jozef Cleber atau Jos Cleber [jɔs kle'bɛr, yos klé-bér] (lahir 2 Jun 1916 – meninggal 21 Mei 1999 pada umur 82 tahun) adalah seorang trombonis, pemain biola, konduktor dan komposer muzik serta produser berkebangsaan Belanda.

Jos Cleber
Jos pada tahun 1974
Latar belakang
Nama lahirJozef Cleber
Kelahiran(1916-06-02)2 Jun 1916
Maastricht, Belanda
Meninggal dunia21 Mei 1999(1999-05-21) (umur 82)
Hilversum, Belanda
GenreMuzik klasik, jazz
PekerjaanPemuzik, konduktor, penggubah lagu
InstrumenTrombon, biola
Tahun aktif1931–1981
Syarikat rakaman
Phonogram, Chappell, Decca, His Master's Voice, Philips, Telefunken
Pengkarya berkait
Cosmopolitain Orkest (Radio Batavia, later AVRO)

Jos menggubah beberapa gubahan (terutama untuk Heel de wereld, lagu entri Pertandingan Lagu Eurovision 1958) dan mengetuai orkestra De Zaaiers, salah satu orkestra radio Belanda, dan beberapa rakaman di bawah label Phonogram sampai beliau pergi ke Afrika Selatan pada 1962. Beliau paling dikenali atas keterlibatannya menggubah bentuk orkestra lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya, semasa di negara tersebut sesuai tugas Kerajaan Belanda untuk mengembangkan pendidikan muzik di sana.

Awal hidup sunting

Jozef lahir di Maastricht pada 2 Jun 1916; beliau anak bongsu dari lapan adik-beradik kepada Gerardus Josephus Cleber, seorang pemain orgel dan Anna Maria Bastian, seorang konduktor paduan suara; dia dibesarkan dalam anutam Katolik

Beliau mempunyai bakat musik yang luar biasa, dan belajar musik dari ayahnya. Setelah menyelesaikan sekolah menengah pertama, beliau masuk sekolah musik atas (muzieklyceum), dan melanjutkan belajar biola dan piano pada konservatorium di kota Luik, Belgium). Ia juga belajar musik jazz, dan pengagum Duke Elington, dan disarankan belajar saksofon dan klarinet, tetapi trombone adalah alat musik pilihannya (yang katanya mouthpiece trombone sesuai dengan bibirnya).

Kerjaya muzik sunting

Pada usia 15 tahun (1931) beliau sudah bermain pada Maastrichtsch Stedelijk Orkest (orkes kota) sebagai pemain biola alto. Kemudian beliau bermain pada orkes Paul Godwin, dan kemudian pada waktu dinas militer tahun 1939 main di Tonhalle Orchester Zürich. Setelah usai Perang Dunia II beliau kembali ke Belanda dan bekerja sebagai pemain trombone dan biola di 'Tuschinski-Theater' di bawah pimpinan musikus Max Tak, kemudian atas bantuan musikus ini beliau bekerja sebagai trombonis pada Orkes Pop Algemeene Vereeniging Radio Omroep pimpinan Elzard Kuhlman. Kemudian tahun 1942 beliau bekerja sebagai trombonis pada Concertgebouw-Orkest (sebuah orkes besar di Gedung Konser Amsterdam yang terkenal hingga kini). Selain itu beliau juga belajar dirigen, ilmu harmoni dan kontrapun dari komponis Kees van Baaren di Amsterdam.

Kemudian beliau bertemu dengan Theo Uden Masman, seorang pimpinan orkes dansa di Hilversum. Tidak lama kemudian beliau bergabung di Orkes Metropolitan pimpinan Dolf van Linden sebagai pemain trombone dan aransir antara 1945-1948. Juga dia bergabung pada band Selecta dan Decca Swing Combo.[1]

Pada tahun 1939 beliau menikah dengan Elisa Magdelijns (1917-2007, mereka mempunyai seorang anak perempuan (Yvonne Charlotte) hasil perkahwinan ini namun kemudian bercerai tahun 1951. Jos menikah lagi tahun 1951 itu juga di Jakarta dengan Johanna Dirkje de Bruijn (lahir 1923) yang bertemu di Radio Batavia (Jakarta) dan mempunyai seorang anak perempuan juga (Karian).

Di Indonesia sunting

Berangkat ke Indonesia 1948 sunting

Pada bulan Jun 1948, beliau sekeluarga berangkat ke Indonesia. Setelah itu kembali tahun 1952 ke Belanda, pada tahun 1962 beliau beserta istri (Joke) dan anaknya (Karian) ke Afrika Selatan. Namun tahun 1964 beliau kembali lagi ke Belanda (Hilversum).

Sejarah Jos Cleber dalam lagu Indonesia Raya sunting

Pada tahun 1948 Pemerintah Belanda mengirim sebuah Orkes Philharmoni pimpinan Yvon Baarspul yang datang dari Negeri Belanda sekitar 46 orang, tetapi kemudian tahun 1952 ditolak agar kembali ke Belanda. Sebagian dari para musisi ini (yang kemudian menetap di Yogyakarta) merupakan cikal bakal pendidik musisi di Indonesia sejak tahun 1952 dengan berdirinya Sekolah Musik Indonesia (SMIND), dan tahun 1961 berubah menjadi Akademi Musik Indonesia (AMI) di Yogyakarta, yang kini bernama Institut Seni Indonesia (ISI) sejak 1984.

Kemudian Jos Cleber seorang pemusik pop klasik seperti Mantovani, bekerja sebagai pemimpin Orkes Cosmpolitan di Jakarta, karena pemainnya terdiri atas berbagai ras (kosmospolitan). Para pemain itu ada yang dari Rusia (Nicolai Varvolomeyeff), Hongaria (George Setet, Henry Tordasi), Filipina (Pablo, Sambayon), Indonesia (Sardi, Ismail Mz., Iskandar). Selama di Indonesia beliau banyak memperhatikan seni gamelan.

Indonesia Raya versi Symphony garapan Jos Cleber sunting

M Jusuf Ronodipuro, yang ketika itu menjadi Kepala RRI Studio Jakarta, tahun 1950 meminta agar Jos Cleber (pada waktu itu beliau berusia 34 tahun) membuat aransemen Indonesia Raya, karena telah berhasil menggarap aransemen berbagai lagu Indonesia, antara lain Di Bawah Sinar Bulan Purnama, dan Rangkaian Melati.

Jusuf Ronodipuro menjelaskan tentang Indonesia Raya, bagaimana lagu tersebut lahir dan diciptakan, serta menjelaskan makna lagu itu. Cleber berkomentar bahwa dia menangkap nuansa La Marseillasse (lagu kebangsaan Prancis) dalam Indonesia Raya.

Gubahan Jos Cleber itu direkam di RRI Studio Jakarta pada awal tahun 1951 dengan melibatkan semua pemusik dari orkes cosmopolitan tersebut, direkam dengan tape recorder Philips yang baru dimiliki RRI pada waktu itu. Kemudian tahun 1997 direkam ulang dengan tehnik digital di Australia oleh Victoria Philharmony pimpinan Addie MS.

Komentar Bung Karno atas aransemen Jos Cleber sunting

Jusuf Ronodipuro kemudian mengajak Jos Cleber menghadap Presiden Soekarno ke Istana Merdeka untuk memperdengarkan hasil rekaman itu. Bung Karno langsung mengkritik gubahan Cleber. Menurut Jusuf, Bung Karno berkata, "Indonesia Raya itu seperti Bendera Merah Putih kita. Tidak perlu diberi renda-renda lagi." [2]

Senja hidup sunting

Beliau bersara (atau "pensiun") daripada kerjaya muziknya pada tahun 1981 usia 65 tahun.

Beliau tutup usia di Hilversum tahun 1999 (pada usia 83 tahun).

Rujukan sunting

  1. ^ "salinan arkib". Diarkibkan daripada yang asal pada 2004-12-24. Dicapai pada 2020-05-16.
  2. ^ "salinan arkib". Diarkibkan daripada yang asal pada 2016-06-24. Dicapai pada 2021-08-24.