Wawas diri

(Dilencongkan dari Kaji diri)

Wawas diri,[1][2] kaji diri[3] ataupun penilaian diri (bahasa Inggeris: introspection, Belanda: introspectie - dipinjam juga kepada introspeksi [in-tro-spék-si]) adalah proses pengamatan[1] terhadap diri sendiri dan pengungkapan pemikiran dalam yang disedari, diinginkan, dan dirasakan. Proses tersebut berupa proses mental yang disadari dan biasanya dengan maksud tertentu dengan berlandaskan pada fikiran dan perasaannya. Hal ini juga disebut sebagai perenungan peribadi, dan berlawanan dengan ekstropeksi yang berupa pengamatan terhadap objek-objek di luar diri.

Penganut behaviorisme berpendapat bahawa introspeksi tidak bisa diandalkan karena beranggapan bahwa permasalahan ilmiah dalam psikologi harus dalam bentuk sesuatu yang dapat diukur secara objektif. Hal ini membuat aliran tersebut lebih memperhatikan perilaku yang dapat diukur dibanding kesadaran atau sensasi.[4] Psikologi kognitif menerima penggunaan metode ilmiah, tetapi menolak introspeksi sebagai metode yang valid untuk penelitian berdasar alasan tersebut.

Di sisi lain, introspeksi dapat dianggap sebagai alat yang valid untuk mengembangkan hipotesis ilmiah dan model teoretis, khususnya dalam ilmu dan rekayasa kognitif.

Introspeksi digunakan oleh Wilhelm Wundt dalam makmal pengkajian psikologi eksperimental yang didirikan beliau di Leipzig pada tahun 1879. Wundt beranggapan bahawa penggunaan introspeksi dalam kajian akan menghasilkan informasi tentang bagaimana pemikiran seseorang bekerja, sehingga beliau ingin memeriksa pemikiran tersebut sampai elemennya yang paling dasar. Wundt bukan sebagai penemu dari proses yang disebut introspeksi ini, melainkan sudah ada sejak zaman Sokrates. Kontribusi Wundt adalah memasukkan kaedah ini ke dalam eksperimen ilmiah yang menjadi lapangan baru pada psikologi pada saat itu.

Rujukan sunting

  1. ^ a b "'wawas' - Maklumat Kata". Pusat Rujukan Persuratan Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia. Dicapai pada 3 Disember 2019.
  2. ^ "Wawas diri". Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kuala Lumpur: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.
  3. ^ "'introspection' - Maklumat Kata". Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia. Dicapai pada 12 Mac 2019.
  4. ^ Frank C. Keil, Robert Andrew Wilson (ed.) The MIT Encyclopedia of the Cognitive Sciences. h.xx

Templat:Psikologi-stub