John Tyler: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
TobeBot (bincang | sumb.)
k bot menambah: pnb:جان ٹائلر
Xqbot (bincang | sumb.)
k bot menambah: yo:John Tyler; perubahan kosmetik
Baris 19:
|}}
 
'''John Tyler''' ialah Presiden Amerika Syarikat yang ke-10. Ia menjawat pada tahun [[1841]] hingga [[1845]], sebelumnya ia adalah [[Wakil Presiden AS]]. Ia menjadi wakil presiden pertama yang menjadi presiden dalam sejarah Amerika kerana presiden yang sedang menjawat meninggal dunia. Selama menjadi presiden, Tyler banyak memveto proposal penting yang diajukan partainya, karena itulah [[United States Whig Party|partaipartainya]]nya tidak menyukainya, kabinetnya dijuluki orang sebagai "bencana" dan menjadikan Tyler salah satu presiden yang diletakan di rangking paling bawah.
 
Pada akhirnya Tyler lebih menunjukkan kesetiaannya pada prinsip- prinsipnya dan negara bagian asalnya dibandingkan dengan [[negara konfederasi]] yang ia pimpin sebagai presiden. Walaupun begitu, pada era kepresidenan John Tyler terjadi evolusi penting partai-partai politik. Pada masa Presiden Tyler juga lah ditentukannya tempat sebuah [[kebijaksanaan domestik]] dan dimulainya kebjaksanaan baru politik luar negeri di Amerika.
 
== Awal kerjaya ==
 
John Tyler dilahirkan di [[Charles City County]], [[Virginia]]. Ayahnya pernah menjadi gabernor negara bahagian ini. Lahir pada [[29 Mac]] [[1790]]. Tyler adalah lulusan dari William and Mary College, dan pada usia 19 tahun ia telah diberi hak untuk bekerja sebagai pengacara. Pada usia 21 tahun ia dipilih menjadi anggota DPR negara bagian Virginia hingga tahun [[1816]] dimana ia diminta untuk mengisi kursi yang kosong di Dewan Perwakilan Rakyat Amerika. Sewaktu ia menjadi anggota DPR negara bagian Virginia, perang pecah antara Amerika dan [[Inggris]], dan ia ditugaskan ke medan pertempuran untuk memimpin sebuah kompi milisi untuk mempertahankan ibukota negara bagian Virginia yang kala itu diancam oleh tentara Inggris.
Baris 33:
[[Partai Whig]] memilihnya menjadi calon wakil presiden karena calon sebeumnya mengundurkan diri, dan partai whig membutuhkan calon yang berasal dari daerah selatan untuk menyeimbangkan pencalonan. Karena Tyler selalu tampil membela kepentingan "bagian selatan" dalam partai Whig, maka ia dinyatakan cocok sebagai calon presiden.
 
== Masa kepresidenan ==
 
Pada saat kematian Presiden William Henry Harrison, keputusan pertama John Tyler memiliki dampak besar pada sejarah Amerika selanjutnya.
Baris 45:
Pada [[1841]], dalam usia 51 tahun, ia menjadi presiden Amerika termuda saat itu, sedangkan pendahulunya [[William Henry Harrison]] presiden tertua.
 
Presiden John Tyler kuat berpegang teguh pada pendapatnya bila menyangkut tentang kebijakan publik dan penuh tekad kala mengerahkan seluruh wewenang kepresidenannya untuk mencapai tujuan yang ia inginkan. Hanya [[Andrew Jackson| Presiden Jackson]] yang mengalahkannya dalam penggunaan hak veto. Keberaniannya dalam usaha menggabungkan [[Texas]], apapun motifnya, termasuk luar biasa.
 
Presiden Tyler juga tidak goyah saat mempertahankan cabang eksekutif agar tetap berdiri sendiri, bertentangan dengan keinginan [[partai whig]] yang ingin menjadikan cabang eksekutif berada di bawah pada kongres.
 
=== Perpecahan dengan parti Whig ===
 
Perpecahan presiden Tyler dengan partai whig sebenarnya merugikan kedua belah pihak, baik untuk Presiden Tyler dan Parti Whig sendiri. Ada dua masalah utama penyebab perpecahan.
Baris 55:
# Pendirian Presiden John Tyler yang menentang penafsiran bebas konstitusi, menggali jurang antara ia dan partainya. Partainya memutuskan untuk membuangnnya dan seluruh anggota kabinetnya, kecuali menteri luar negeri, seluruh menterinya serentak meletakkan jabatan. Pendiriannya ini mengakibatkan DPR mengemukakan sebuah resolusi untuk mendakwanya. Walaupun resolusi ini akhirnya tidak diterima, kejadian ini adalah untuk pertama kalinya resolusi seperti ini diajukan.
 
== Penggabungan Texas ==
 
Pada [[27 Februari]] [[1845]] resolusi bersama tentang penggabungan Texas disetujui oleh Kongres. Resolusi ini menetapkan dua pilihan yang harus diputuskan oleh presiden.
Baris 69:
Walaupun begitu Kongres kemudian menetapkan bahwa Texas secara resmi menjadi negara bagian Amerika pada Januari [[1846]]
 
== Setelah masa kepresidenan ==
 
Tyler meninggalkan [[Washington D.C.]] pada saat ia [[James Polk]] sedang diinagurasi. Ia tetap berpendapat bahwa ia telah melakukan yang terbaik bagi negaranya.
Baris 83:
Pada akhirnya ia lebih setia kepada prinsip-prinsipnya dan negara bahagiannya daripada negara federasi yang pernah ia pimpin.
 
== Kehidupan Peribadi ==
 
Dilihat dari kepribadiannya, Tyler termasuk orang yang menyenangkan. Ia berpembawaan tenang dalam hubungan sosialnya, dan senang menulis puisi-puisi romantis dan bermain biola.
Baris 91:
Pada bulan Juni [[1844]] setelah satu tahun bercinta, Tyler berkahwin dengan wanita yang bertenaga dan ceria bernama Julia Gardiner yang perbezaan umurnya tiga puluh tahun lebih muda. Dan melahirkan tujuh orang anak untuk Tyler. Pasangan ini tinggal di perkebunan Sherwood Forest milik Tyler di Virginia.
 
== Rujukan ==
* {{en}} The Presidents, A Reference History. Editor. Henry F. Graff. Edisi kedua. Penerbit Scribners 1996. Bab mengenai William Henry Harrison dan John Taylor ditulis oleh Richard P. McCormick
* {{id}} Presiden - Presiden Amerika Serikat; Diterbitkan oleh Dinas Penerangan dan Kebudayaan Amerika Serikat, Jakarta (2003)
 
== Lihat juga: ==
* [[Presiden Amerika Syarikat]]
{{wikiquote}}
Baris 101:
{{USPresidents}}
 
[[categoryKategori:Kelahiran 1790|Tyler]]
[[kategoriKategori:Kematian 1862|Tyler]]
[[kategoriKategori:Wakil Presiden Amerika Serikat|Tyler]]
[[categoryKategori:Presiden Amerika Syarikat|Tyler]]
 
[[ang:John Tyler]]
Baris 177:
[[war:John Tyler]]
[[yi:דזשאן טעילאר]]
[[yo:John Tyler]]
[[zh:约翰·泰勒]]