Perbezaan antara semakan "Kitab Henokh"

2,100 bait dibuang ,  11 tahun lalu
k
tiada ringkasan suntingan
(sumber asli)
k
 
[[Jazef. T. Milik]] berpendapat bahwa "[[Kitab para Raksasa]]" yang ditemukan di antara [[Naskah Laut Mati]] seharusnya adalah bagian dari kumpulan kitab ini. Namun, karena kitab ini muncul setelah Kitab Watchers, tidak ada bukti yang dapat mendukung pandangannya ini.
 
== Kanonisitasi ==
Teks dalam [[bahasa Yunani]]nya dikenal dan dikutip oleh hampir semua [[Bapak Gereja]].
 
Ada sejumlah pertikaian tentang apakah teks bahasa Yunaninya merupakan sebuah produksi asli Kristen ataukah sebuah terjemahan dari sebuah teks [[bahasa Aram]]. Argumen utama yang menyatakan bahwa teks ini ditulis oleh seorang Kristen adalah munculnya rujukan-rujukan kepada [[Mesias]] sebagai [[Anak Manusia]]. Gereja Ethiopia menganggap versi Bahasa Ethiopia sebagai yang asli, karena versi itulah yang paling lengkap, sementara teks dalam bahasa-bahasa lainnya hanya berupa potongan-potongan yang tidak lengkap. Meskipun demikian, kebanyakan ahli barat kini menyatakan bahwa bagian-bagian yang paling tua ditulis pada [[abad ke-3 SM]] oleh seorang Yahudi, mengingat bahwa beberapa teks Henokh dalam bahasa Aram ditemukan di [[Qumran]] di antara [[Naskah Laut Mati]]. Sebelum penemuan Qumran, para sarjana menolak untuk menetapkan tanggal yang lebih awal daripada rujukan lainnya yang lebih muda, tetapi setelah penemuan Qumran membuktikan bahwa mereka keliru, mereka segera merevisi penetapan tanggal mereka ke belakang dan menyatakan bahwa “itulah” waktu yang paling awal ketika teks itu ditulis.
 
Kitab ini dirujuk, dan dikutip, dalam [[Surat Yudas|Yudas]], 1:14–15 ([[LAI|TB]]):
: Juga tentang mereka Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: "Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya, hendak menghakimi semua orang dan menjatuhkan hukuman atas orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik, yang mereka lakukan dan karena semua kata-kata nista, yang diucapkan orang-orang berdosa yang fasik itu terhadap Tuhan."
 
Bandingkan ini dengan Henokh 1:9, yang diterjemahkan dari teks Ethiopia:
:Dan lihatlah! Ia datang dengan puluhan ribu bala tentara-Nya yang kudus untuk memberlakukan hukuman terhadap semua, dan menghancurkan semua orang fasik dan menjatuhkan hukuman atas semua orang. Dari semua pekerjaan orang-orang yang fasik terhadap Tuhan, dan tentang semua kata-kata nista yang telah diucapkan oleh orang-orang fasik terhadap-Nya.
 
== Kanonisitasi ==
19

suntingan