Lahat: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Yosri (bincang | sumb.)
Tiada ringkasan suntingan
Aurora (bincang | sumb.)
kemas
Baris 1:
{{dati2
|nama =Kabupaten Lahat
|propinsi =[[SumatraSumatera Selatan]]
|ibukota =[[Lahat, Lahat|Lahat]]
|luas =6,618.27 km²
Baris 10:
|kodearea =0731
|motto =Seganti Setungguan
|lambang =[[ImejFail:Lambang Kabupaten Lahat.jpg|Lambang Kabupaten Lahat]]
|peta =-[[Fail:Tiada.png]]
|koordinat =3.25° - 4.5° LS{{br}}102.37° - 103.45° BT
|dau =-
|web =http://www.lahatkab.go.id/
|dasar hukum =UU No. 22 Tahun 1948, UU No. 22 Tahun 1999
|tanggal =-
|kepala daerah =[[Bupati]]
|nama kepala daerah =[[wari|H. Saifudin Aswari]]
|apbd = 
|dau =- 
|web =http://www.lahatkab.go.id/
<tr><td>[[Agama]]:</td><td>|agama = [[Islam]], [[Nasarani|Kristian]], [[Animisme]]</td></tr>
|zon waktu = [[Waktu Indonesia Barat]]
}}
'''Kabupaten Lahat''' merupakanialah sebuah [[kabupaten]] yang terletak di [[Provinsi]] [[Sumatera Selatan]], Indonesia.
 
== Batas wilayah ==
 
* Utara: [[Kabupaten Muara Enim]] dan [[Kabupaten Musi Rawas]].
* Timur: [[Kabupaten Muara Enim]].
Baris 29 ⟶ 31:
* Barat: [[Kabupaten Rejang Lebong]], [[Provinsi Bengkulu]].
 
== Pembahagian pentakbiranpentadbiran ==
 
Kabupaten Lahat dibagi menjadi 19 kecamatan dengan 527 [[kelurahan]]/[[desa]] (14 kelurahan, 509 desa definitif, 4 desa persiapan).
 
Baris 50 ⟶ 51:
# [[Ulu Musi, Lahat|Ulu Musi]]
 
<!--== Sejarah lahatLahat ==
 
Sekitar tahun1830tahun 1830 pada masa kesultanan Palembang di Kabupaten Lahat telah ada marga, marga-marga ini terbentuk dari sumbai-sumbai dan suku-suku yang ada pada waktu itu seperti : Lematang, Pasemahan, Lintang, Gumai, Tebing Tinggi dan Kikim. Marga merupakan pemerintahan bagi sumbai-sumbai dan suku-suku. Marga inilah merupakan cikaltunas bakal adanya Pemerintah di Kabupaten Lahat.
<!--== Sejarah lahat ==
--<!--
 
Sekitar tahun1830 pada masa kesultanan Palembang di Kabupaten Lahat telah ada marga, marga-marga ini terbentuk dari sumbai-sumbai dan suku-suku yang ada pada waktu itu seperti : Lematang, Pasemahan, Lintang, Gumai, Tebing Tinggi dan Kikim. Marga merupakan pemerintahan bagi sumbai-sumbai dan suku-suku. Marga inilah merupakan cikal bakal adanya Pemerintah di Kabupaten Lahat.
 
Pada masa bangsa Inggris berkuasa di Indonesia, Marga tetap ada dan pada masa penjajahan Belanda sesuai dengan kepentingan Belanda di Indonesia pada waktu itu pemerintahan di Kabupaten Lahat dibagi dalam afdelling (Keresidenan) dan onder afdelling (kewedanan) dari 7 afdelling yang terdapat di Sumatera Selatan, di Kabupaten Lahat terdapat 2 (dua) afdelling yaitu afdelling Tebing Tinggi dengan 5 (lima) daerah onder afdelling dan afdelling Lematang Ulu, Lematang Ilir, Kikim serta Pasemahan dengan 4 onder afdelling. Dengan kata lain pada waktu itu di Kabupaten Lahat terdapat 2 keresidenan. Pada tanggal 20 Mei 1869 afdelling Lematang Ulu, Lematang Ilir,serta Pasemah beribu kota di Lahat dipimpin oleh PP Ducloux dan posisi marga pada saat itu sebagai bagian dari afdelling. Tanggal 20 Mei akhirnya ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Lahat sesuai dengan Keputusan Gebernur Kepala Daerah Tingkat I Sumatera Selatan No. 008/SK/1998 tanggal 6 Januari 1988.
 
Baris 61 ⟶ 60:
Bukit Serelo terletak di Desa Perangai Kabupaten Lahat, Bukit Serelo merupakan Landmark Kabupaten Lahat. Bukit Serelo disebut juga dengan Gunung Jempol karena bentuknya yang mirip dengan jempol tangan manusia. Pemandangan disekitar sangat mempesona, aliran sungai lematang seakan-akan mengelilingi bukit ini. Bukit serelo merupakan bagian dari gugusan Bukit Barisan yang merupakan barisan bukit terpanjang di Pulau Sumatera.
 
== SekolahTarikan Gajah Perangaipelancongan ==
===Sekolah Gajah Perangai===
 
Sekolah Gajah ini terletak di Desa Perangai Kabupaten Lahat, lokasinya di kaki Bukit Serelo. Gajah-gajah tersebut dilatih supaya jinak dan dapat membantu pekerjaan manusia seperti mengankut barang-barang dan kayu. Tempat ini merupakan salah satu penangkaran gajah di Indonesia.
 
== =Sumber Air Panas Tanjung Sakti ===
 
Bila anda singgah di Kecamatan Tanjung Sakti, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi lokasi ini. Sumber Air Panas Tanjung Sakti dapat ditempuh dari Ibukota Kecamatan sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Karena letaknya berada dekat dengan pusat keramaian Kecamatan Tanjung Sakti.
 
Penduduk sekitar atau pengunjung yang datang, sering membuat telur rebus hanya dengan merendamnya sekitar 5 menit dan menyiapkan garam atau merica bubuk, telur siap disantap.Anda tidak perlu repot-repot untuk membawa telur dari rumah, karena penduduk sekitar menjual telur dikarenakan adanya Sumber Air Panas ini. Letak Sumber Air Panas ini berada tepat dibawah jembatan yang setiap hari dilalui oleh masyarakat sekitar.
 
== =Air Terjun Lawang Agung ===
 
Salah satu potensi wisata yang berada di Kecamatan Mulak ulu ini layak untuk dikembangkan untuk menambah pendapatan daerah, dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari jalan utama, lokasi Air Terjun Lawang Agung dapat dicapai dengan menggunakan mobil. Kondisi jalan menuju lokasi sekitar 500 m, dengan kondisi jalannya menurun dan berbatu-batu kecil.
 
Baris 79 ⟶ 76:
Dengan melengkapi fasilitas dan sarana umum seperti lahan parkir dan perbaikan kondisi jalan menuju lokasi, diharapkan dapat meningkatkan sumber pendapatan daerah dan penduduk sekitar.
 
== =Rumah Batu ===
 
Lokasi wisata Rumah Batu terletak sekitar 80 km dari kota Lahat, tepatnya di desa Kota Raya Lembak Kecamatan Pajar Bulan. Rumah Batu ini merupakan salah satu benda megalitik yang pada dindingnya terdapat lukisan kuno berupa makhluk-makhluk aneh.
 
== =Batu Macan ===
 
Batu macan yang terdapat di Kecamatan Pulau Pinang, Desa Pagar Alam Pagun ini sudah ada sejak jaman Majapahit pada abad 14. Batu macan ini merupakan simbol sebagai penjaga (terhadap perzinahan dan pertumpahan darah) dari 4 daerah, yaitu : Pagar Gunung, Gumai Ulu, Gumai Lembah, dan Gumai Talang.
 
Baris 91 ⟶ 86:
Apabila ada wanita disuatu desa diketahui berzinah, maka terdapat hal-hal yang harus dilakukan oleh si wanita itu yaitu: menyembelih kambing untuk membersihkan rumah, kemudian sebelum kambing tersebut dipotong, maka orang tersebut harus dikucilkan dari desa ke suatu daerah lain atau di pegunungan. Kemudian apabila wanita tersebut mengandung dan melahirkan, maka harus menyembelih kerbau. Setelah persyaratan tersebut dilakukan, maka wanita tersebut dapat diterima di masyarakat kembali.
 
== =Air Terjun Bidadari ===
 
Tidaklah mengherankan, mengapa Syuting Pembuatan Film “Si Pahit Lidah” yang terkenal itu mengambil setting di lokasi ini. Keindahan Air Terjun Bidadari memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain menyajikan keindahan alam yang alami, lokasinya pun tidaklah terlalu sulit untuk dicapai. Air Terjun Bidadari terletak di desa Karang Dalam Kecamatan Pulau Pinang kurang lebih 8 km dari kota Lahat.
 
Baris 101 ⟶ 95:
Anda bisa memulai dari atas (Air Terjun Bidadari) sampai kebawah (Air Terjun Naga), atau sebaliknya. Pengalaman menyusuri air terjun tersebut akan menjadi pengalaman tambahan bagi anda yang senang berpetualang dan menyukai tantangan.-->
 
Lihat juga [[Daftarsenarai Kabupatenkabupaten dan Kotamadyakota di Indonesia]]-->.
 
 
== Pautan luar ==
Baris 108 ⟶ 102:
 
{{Kabupaten Lahat}}
{{Sumatera Selatan}}
{{sumsel}}
{{indo-geo-stub}}
 
[[Kategori:Kabupaten di Sumatera Selatan|Lahat]]
[[Kategori:Kabupaten di Indonesia|Lahat]]
[[Kategori:Kabupaten Lahat]]
 
<!--<table border="1" cellpadding="2" cellspacing="0" align="right" width="300px">
<caption><font size="+1">'''Lahat'''</font></caption>
<tr><td style="background:#ffffff;" align="center" colspan=2>
<table border="0" cellpadding="2" cellspacing="0">
<tr><td align="center" width="140px">imej:Lambang_Lahat</td>
<tr><td align="center" width="140px">Lambang Lahat</td>
</table></td></tr>
<tr><td align="center" colspan=2 style="border-bottom:3px solid gray;"><font size="-1">[[Moto]]: " ... " <br>
(Bahasa ...): "..."</font></td></tr>
<tr><td align="center" colspan=2>[[Imej:Lokasi_Lahat.jpg]]</td></tr>
<tr><td>Penubuhan:</td><td> ... </td></tr>
<tr><td>Ibukota:</td><td>[[Lahat kota]]</td></tr>
<tr><td>Keluasan<br>&nbsp;- Total: <br></td><td> <br> 4,034 km²<br></td></tr>
<tr><td>[[Penduduk]] <br>&nbsp;- Jumlah: <br>&nbsp;- Kepadatan: </td><td><br> +/- 750,000 (2003)<br> …/km² </td></tr>
<tr><td>[[Provinsi]]:</td><td>[[Sumatera Selatan]].</td></tr>
<tr><td>[[Agama]]:</td><td>[[Islam]], [[Nasarani|Kristian]], [[Animisme]]</td></tr>
<tr><td>Bahasa:</td><td>[[Bahasa Indonesia]], dll.</td></tr>
<tr><td>[[Zon Waktu]]:</td><td>([[WIB]])</td></tr>
</table>
----
Lihat juga [[Daftar Kabupaten dan Kotamadya Indonesia]]-->
 
[[id:Kabupaten Lahat]]