Dewa 19: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Naval Scene (bincang | sumb.)
+kotak info
Naval Scene (bincang | sumb.)
Baris 23:
== Sejarah ==
=== Permulaan ===
Kumpulan Dewa 19 pertama kali dibentuk pada tahun [[1986]] oleh empat siswa SMP 6 [[Surabaya]], dengan akronim nama mereka [[Dhani Ahmad Prasetyo]] (Keyboardkeyboard, Penyanyivokal), Andra (Bassbass), Wawan Juniarso (Drumdrum), dan Andra Junaidi (Gitargitar); dengan markas di rumah Wawan yang berada di dalam kompleks [[Universiti Airlangga]] (Unair) Surabaya.
 
Karena merasa berbeza aliran, Wawan memutuskan keluar dari Dewa tahun [[1988]] dan bergabung dengan [[Outsider]] yang antara lain beranggotakan [[Ari Lasso]]. Nama Dewa berubah menjadi '''Down Beat'''. Nama kumpulan Down Beat waktu itu cukup terkenal di [[Jawa Timur]], [[Indonesia]].
 
Ketika nama kumpulan [[Slank]] berkibar, Wawan kembali dipanggil untuk menghidupkan Dewa, dengan mengajak pula Ari Lasso. Nama Down Beat pun berubah menjadi '''Dewa 19''', karena waktu itu rata-rata usia personilnya 19 tahun. Karena di Surabaya waktu itu tidak ada studio yang memenuhi syarat, mereka terpaksa ke [[Jakarta]]. Setelah ditolak oleh sejumlah syarikat rakaman, akhirnya rakaman master kumpulan Dewa 19 dihasilkan oleh [[Team Records]].
 
=== Kejayaan lebih luas dan pergantian ahli ===