Kelahiran semula: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
Baris 3:
Kelahiran kembali (rebirth) adalah suatu proses penerusan kelahiran di alam-alam kehidupan lain.
 
==Sebab kelahiran semula==
Mengapa ada kelahiran kembali karena sebab dan akibat! Dari mana asal kita? Sulit sekali mencari tentang asal mula! Tetapi untuk membuktikan kelahiran kembali (Punabbhava)mudah. Lihat saja kejadian yang kita alami sekarang, itu merupakan hasil dari perbuatan kita di masa kehidupan yang lampau. Jadi bukan dimonitor, dan di diktator oleh Mr. X (Tuhan. kata orang).
 
Kelahiran kemabali terjadi karena kita masih memiliki bahan bakar untuk berlanjut di alam kehidupan. Tetapi kehidupan saat ini merupakan pokok yang paling penting. Ada orang bijak berkata "Jivitang aniyatang, maranang niyatang" (kehidupan belum pasti tetapi kematianlah yang pasti). Jadi, siapkan kebajikan untuk mengahadapi kematian. Hanya orang yang ingin mencari mudahnya saja jika segala sesuatu dikembalikan kepada Mr. X. Sesungguhnya hidup dan mati itu berlangsung sekarang juga.
 
Pada saat anda melihat lalu mendengar, sudah terjadi hidup dan mati. Karena kesadaran melihat dan mendengar itu berbeda. Jadi kesadaran melihat telah mati lalu timbul kesadaran mendengar yang baru, begitu terus makhluk hidup itu hidup dan mati. Sedangkan di dalam tubuh makhluk yang normal terdapat 6 indera yang selalu berproses. Jadi yang harus kita lakukan adalah dengan mengembangkan kesadaran yang baik sehingga pada saat pergantian kesadaran dapat membuat kesadaran yang murni atau bersih dari lobha (keserakahan), dosa (kebencian) dan moha (kebodohan batin). Jadi, hidup ini adalah milik kita sendiri karena setiap kelahiran adalah hasil dari perbuatan kita sendiri.
 
Setiap perbuatan buruk menghasilkan penderitaan dan setiap perbuatan baik akan mengahasilkan kebahagiaan. Jadi, mana yang kamu pilih perbuatan baik atau buruk? Apapun agama anda hukum ini selalu berlaku di mana saja terhadap siapa saja, bila saja! Inilah hidup, buatlah hidupmu indah dengan kekuatan kebajikan. Sabbapapa sa akaranang, kusala supasampada, sacittapa riyodapanang, etang buddha na sasanang (Janganlah berbuat jahat, banyaklah berbuat kebajikan, sucikanlah pikiran/batin, Inilah ajaran semua Buddha. Simple bukan!!!
 
[[id:Reinkarnasi]]