Hayam Wuruk: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
 
Yosri (bincang | sumb.)
Tiada ringkasan suntingan
Baris 1:
Hayam Wuruk, Raja ke 4 Majapahit adalah anak dari Ratu Thribuwana Tunggadewi. Majapahit mengalamimencapai jamanzaman keemasankegemilangannya pada saatketika Hayam Wuruk menjadi Raja Majapahit.
 
Pemimpin Majapahit sebelumnya (ke tiga) adalah wanita, yaitu THRIBUWANAThribuwana TUNGGADEWITunggadewi. Ia adalah putri dari Raden Wijaya dan Shri Gayatri Rajapatni.
 
Dalam BABAD TANAH JAWI, Raden Wijaya disebut pula JAKA SUSURUH dari PAJAJARAN yang kemudian menjadi Raja MAJAPAHIT yang pertama.
Baris 14:
Setelah Raja Singhasari terakhir, Kertanegara tewas dibunuh Raja Kediri, Jayakatwang, yang akhirnya juga tewas oleh tentara TARTAR dan Raden Wijaya, ke 4 putri Raja Kertanegara dinikahi oleh Raden Wijaya untuk menghindari perebutan kekuasaan di kemudian hari.
 
Raden Wijaya juga memilikipernah berkahwin dengan seorang istriisteri orang Melayu yaitu DARA PETAK, adik dari DARA JINGGA yang dikenal juga sebagai BUNDO KANDUANG dalam hikayat kerajaan Minangkabau atau Pagaruyung.
yang dikenal juga sebagai BUNDO KANDUANG dalam hikayat kerajaan Minangkabau atau Pagaruyung.
 
Sejatinya, Dara Petak adalah persembahan dari daerah taklukan dari KEBO / Mahisa / Lembu ANABRANG, Senopati yang dikirim Raja Singhasari terakhir, Raja Kertanegara, dalam ekpedisi penaklukan melayu 1 dan 2 (PAMALAYU 1 dan 2). Setelah sampai di Kutaraja, ternyata kerajaan Singhasari telah musnah. Kerajaan penggantinya adalah MAJAPAHIT dengan raja pertamanya Raden Wijaya.