Buka menu utama

Perubahan

Majapahit

828 bait ditambah, 7 tahun lalu
tiada ringkasan suntingan
 
{{SejarahIndonesia}}
 
Kerajaan Majapahit (aslinya bernama Mojopoit) itu bukan hanya ada 5 raja tetapi ada 8 raja (Brawijaya VIII) yg bertahta di tanah Jawa dan di-inisiasi oleh Raden Wijaya (Harya Sedah) seorang pangeran dari Kadipaten Magadha (sekarang Bandung) yang merupakan putra dari Adipati Panjalu yaitu Sang Prabu Siyung Wanara.
 
Pada saat Adeging Kerajaan Majapahit, Raden Wijaya memakai gelar Brawijaya, dari bahasa sansekerta Bra = putra, Wi = paling, Jaya = unggul, atau 'Putra yang Paling Unggul'.
Raden Wijaya atau Sang Maha Prabu Brawijaya I mendirikan Kraton-nya di Sastra Wulan (sekarang lebih dikenal dengan nama Trowulan dari Sastro Wulan).
Tahta diteruskan o/ putra angkatnya (anak dari Adipati Dandangan) bernama Jayanegara dan bergelar Sang Maha Prabu Brawijaya II. Posisi kraton masih di wilayah Trowulan tetapi beda lokasi.
 
'''Majapahit''' adalah sebuah [[kerajaan]] yang pernah ditubuhkan sekitar tahun [[1293]] hingga [[1500]] [[Masehi|M]] dan berpusat di Pulau [[Jawa]] timur. Kerajaan ini pernah menguasai pulau [[Jawa]], [[Sumatera]], [[Borneo]], Sulawesi/[[Celebes]], [[Madura]], [[Bali]], dan banyak wilayah lain di [[Nusantara]].
 
Pengguna awanama