Simetri: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Thijs!bot (bincang | sumb.)
k robot Adding: ar:تناظر
Jufert (bincang | sumb.)
Tiada ringkasan suntingan
Baris 11:
Meskipun ada dua objek dengan kemiripan yang tinggi muncul bersamaan, keduanya harusnya berbeda. Contohnya, jika putaran sebuah segitiga sama sisi terhadap pusatnya sebesar 120 derajat, segitiga tersebut akan muncul mirip seperti sebelum dilakukan putaran. Dalam [[Geometri Euklidean]], putaran tersebut mengakibatkan perubahan yang tidak dikenali. Pada kenyataannya, tiap sudut pada segitiga sama sisi yang dijadikan model molekul akan memunculkan perilaku simetri yang berlainan.
 
==Simetri didalam geometri==
Objek dengan simetri terbanyak adalah ruang kosong kerana tiap bahagian dapat diputar, dicerminkan atau diterjemahkan tanpa muncul perubahan.
 
Baris 42:
Sebuah [[fraktal]], seperti yang dikonsepkan Mandelbrot, yang memiliki simetri termasuk memiliki skala. Contohnya, sebuah segitiga sama sisi dapat menyusut dengan ukuran satu per tiga dari asalnya sebanyak tiga buah. Segitiga yang lebih kecil ini dapat dikitar di pusat garis dari segitiga yang lebih besar dan ditranslasi hingga mereka berhimpitan. Segitiga yang lebih kecil dapat mengulang proses tersebut, menghasilkan segitiga yang lebih kecil sisi-sisinya. Stuktur ke dalam segitiga dapat diciptakan dengan mengulang skala operasi simetri beberapa kali.
 
==Simetri didalam matematik==
Sebuah contoh dari matematik yang menyatakan simetri adalah ''a<sup>2</sup>c + 3ab + b<sup>2</sup>c''. Jika ''a'' dan ''b'' diubah, penyataan menunjukkan tiada perubahan pada sifat berkomunikasi untuk perjumlahan dan pendaraban.
 
Baris 49:
Ternyatanya, pada akhir abad 20, grup merupakan sinonim dari transformasi kelompok (con: aksi kelompok). Hanya selama awal abad 20 sahaja mentakrifkan grup tanpa merujukkan aksi grup.
 
==Simetri didalam logik==
Sebuah hubungan diadic R adalah simetri jika dan jika, ketika benar untuk ''Rab'', benar untuk ''Rba''. Kata-kata seumur dengan adalah simetri, untuk jika Paul seumur dengan Mary, maka Mary seumur dengan Paul.
 
Baris 57:
Fisikawan menggunakan generalisasi seperti [[supersimetri]] dan [[kelompok quantum]].
 
==Simetri didalam fisikafizik==
Pengitlakan simetri dalam fisikafizik hingga ke invarian dibawah berbagai jenis pengubahan telah menjadi salah satu alat dalam fisikafizik teori. Lihat teoremateorem Noether (yang mana, sebagai pemudahan terlampau, keadaan bahawa untuk tiap hukum simetri, terdapat sebuah hukum kekekalan) untuk penjelasan. Teori kelompok telah menjadi salah satu luas didalam matematik yang paling banyak dipelajari fisikawanahli fizik; simetri dari transformasi grup simetri banyak menjelaskan topik mengenai [[fisikafizik partikel]](contohnya, gabungan elektromagnetik dan gaya lemah) dan [[kosmologi]].
 
==Simetri didalam biologi==
Lihat [[Simetri bilateral]], [[Pentarism]]
 
==Simetri didalam kimia==
Lihat [[Teori kelompok]], [[Spektroskopi]], [[Orbital molekul]]
 
Baris 70:
Dengan gambar berwarna seorang boleh mengenakannya dengan gambaran shade kelabu atau hitam putih.
 
==Simetri didalam seni dan keahlian==
Kita dapat temukan guna dari simetri pada [[seni]] dan keahlian.
 
Baris 92:
 
==Rujukan==
* [[Symmetry]] dari wikipedia berbahasabahasa inggrisInggeris.
{{rintisan}}