Kota Yogyakarta: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
Tiada ringkasan suntingan
Baris 54:
|}
 
'''Kota Yogyakarta''' ([[kotamadya]], nama lain: '''''Jogja''', '''Yogya''', '''Yogyakarta''', '''Jogjakarta''''') adalah sebuah [[kota]] besar di [[Indonesia]].
 
'''Kota Yogyakarta''', juga dikenali sebagai '''Jogja''', '''Yogya''', '''Yogyakarta''', dan '''Jogjakarta''', adalah sebuah [[bandar raya]] yang besar di [[Indonesia]]. Bandar raya ini pernah menjadi [[ibu kotanegara]] [[Indonesia]] pada masa [[revolusipemberontakan]]. Selain itu, kotabandar raya ini adalah ibu kota [[Daerah Istimewa Yogyakarta]], yang dipimpin oleh [[Hamengkubuwono X|Sri Sultan Hamengkubuwono X]] dan [[Pangeran]] Pakualam. Makanan khas bandar raya ini ialah [[gudeg]].
 
Yogyakarta dikenaljuga dikenali sebagai kota pelajar, karenakerana hampir 20% pendudukdaripada produktifnyapenduduknya adalah pelajar, dan terdapatdengan 137 perguruanbuah tinggi.institusi Jogjapendidikan merupakantinggi kotaterletak yangdi diwarnaisini. dinamika pelajar dan mahasiswa yangPelajar-pelajarnya berasal dari berbagai-bagai daerah di Indonesia. PerguruanInstitusi-institusi pendidikan tinggi yang dimiliki oleh pemerintahkerajaan adalahialah [[UniversitasUniversiti Negeri Yogyakarta]], [[Institut Seni Indonesia]], danserta [[UniversitasUniversiti Islam Negeri Sunan Kalijaga]].
Makanan khas kota ini adalah [[gudeg]].
 
Yogyakarta pernah menjadi pusat [[kerajaanKerajaan Mataram]] antara tahun-tahun [[1575]]-[[1640]]. SampaiSehingga sekarang, Kraton (Istana) masih berfungsi dalam artierti yang sesungguhnya. Yogyakarta juga memilikimempunyai banyak [[candi]] yang berusia ribuan tahun dan yang merupakan peninggalan kerajaan-kerajaan besar zaman dahulu, di antaranya adalah Candi [[Borobudur]] yang dibangun pada [[abad ke-9]] oleh dinasti[[Dinasti Syailendra]].
Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, karena hampir 20% penduduk produktifnya adalah pelajar dan terdapat 137 perguruan tinggi. Jogja merupakan kota yang diwarnai dinamika pelajar dan mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Perguruan tinggi yang dimiliki oleh pemerintah adalah [[Universitas Negeri Yogyakarta]], [[Institut Seni Indonesia]] dan [[Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga]].
 
Selain warisan budaya, Yogyakarta memiliki panorama alam yang indah. Hamparan sawah nanyang hijau menyelimuti daerah pinggiran dengan [[Gunung Merapi]] tampak sebagai latar belakangnya. Pantai-pantai yang masih alami dengan mudah ditemukan di sebelah selatan JogjaYogyakarta. Masyarakat di sini hidup dalamdengan damai dan memiliki keramahan yang khas. AtmosfirSusasana seni begitu terasa di Yogyakarta. [[Malioboro,]] yang merupakan urat nadi Yogyakarta, dibanjiri dengan barang-barang kerajinanperindustrian dari segenap penjuru. MusisiAhli-ahli jalananmuzik puntepi jalan selalu siap menghibur para pengunjung warung-warung lesehan.
Yogyakarta pernah menjadi pusat [[kerajaan Mataram]] antara [[1575]]-[[1640]]. Sampai sekarang Kraton (Istana) masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya. Yogyakarta juga memiliki banyak [[candi]] berusia ribuan tahun yang merupakan peninggalan kerajaan-kerajaan besar zaman dahulu, di antaranya adalah Candi [[Borobudur]] yang dibangun pada [[abad ke-9]] oleh dinasti Syailendra.
 
TransportasiPengangkutan ke Yogyakarta dapat menggunakantermasuk [[kereta api]] dari [[Kota Jakarta|Jakarta]], [[Kota Bandung|Bandung]], ataudan [[Kota Surabaya|Surabaya]]. Selain itu, bisaselain juga dengan menggunakandaripada [[bisbas]] yangdari hampir tersedia dari semua kotabandar di [[Pulau Jawa]] serta dengan pesawat[[kapal terbang]].
Selain warisan budaya, Yogyakarta memiliki panorama alam yang indah. Hamparan sawah nan hijau menyelimuti daerah pinggiran dengan Gunung Merapi tampak sebagai latar belakangnya. Pantai-pantai yang masih alami dengan mudah ditemukan di sebelah selatan Jogja. Masyarakat di sini hidup dalam damai dan memiliki keramahan yang khas. Atmosfir seni begitu terasa di Yogyakarta. Malioboro, yang merupakan urat nadi Yogyakarta, dibanjiri barang kerajinan dari segenap penjuru. Musisi jalanan pun selalu siap menghibur pengunjung warung-warung lesehan.
 
==Pentadbiran==
Transportasi ke Yogyakarta dapat menggunakan [[kereta api]] dari [[Kota Jakarta|Jakarta]], [[Kota Bandung|Bandung]] atau [[Kota Surabaya|Surabaya]]. Selain itu bisa juga dengan menggunakan [[bis]] yang hampir tersedia dari semua kota di Pulau Jawa serta dengan pesawat terbang.
Kota Yogyakarta terbahagi kepada 14 buah [[kecamatan]].
# [[Gondokusuman]]
# [[Jetis]]
# [[Tegalrejo]]
# [[Umbulharjo]]
# [[Kotagede]]
# [[Mergangsan]]
# [[Ngampilan]]
# [[Danurejan]]
# [[Kraton (Indonesia)|Kraton]]
# [[Wirobrajan]]
# [[Pakualaman]]
# [[Mantrijeron]]
# [[Gedongtengen]]
# [[Gondomanan]]
 
==Lihat pulajuga==
*[[DaftarSenarai Daerah Tingkat II]]
 
==PranalaPautan luar==
*[http://www.jogja.go.id/ SitusLaman resmiweb Pemerintahrasmi Kerajaan Kota Yogyakarta]
*[http://www.jogja.com Jogja.com]
*[http://www.yogyes.com/id/ WisataPelancongan Jogja /di Yogyakarta]
*[http://www.Jogjacity.com/ UnofficialLaman Siteweb Oftak Jogjarasmi CityKota Yogyakarta]
 
 
{{Kota Yogyakarta}}
{{DIY-Ind}}
 
[[Kategori:Ibukota Provinsi di Indonesia|Yogyakarta, Kota]]
[[Kategori:KotaIbu dikota DIprovinsi Yogyakartadi Indonesia|Yogyakarta, Kota]]
[[Kategori:Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta|Yogyakarta]]
[[Kategori:Kota di Indonesia|Yogyakarta]]
[[Kategori:Kota Yogyakarta| ]]