Kabupaten Bantul: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
Tiada ringkasan suntingan
Baris 22:
 
 
'''Kabupaten Bantul''', adalah sebuah [[kabupaten]] di [[provinsi]] [[Daerah Istimewa Yogyakarta]], [[Indonesia]]. Ibu kotanya [[Bantul, Bantul|Bantul]]. Kabupaten ini menyempadani:
* [[Kota Yogyakarta]] dan [[Kabupaten Sleman]] di utara,;
* [[Kabupaten Gunung Kidul]] di timur,;
* [[Lautan Hindi]] di selatan,; serta
* [[Kabupaten Kulon Progo]] di barat.
Destinasi melancong Pantai [[Parangtritis]] terdapat di wilayah kabupaten ini.
 
Kabupaten Bantul terdiri daripada 17 buah [[kecamatan]] yang dibahagikan lagipula kepada sejumlah [[desa]] dan [[kelurahan]]. Pusat pemerintahan terletak di Kecamatan [[Bantul, Bantul|Bantul]], sekitar 11 kilometer di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Kampus [[Institut Seni Indonesia]], dan [[Universiti Muhammadiyah Yogyakarta]] terletak di kabupaten ini. Beberapa institusi pendidikan tinggi yang lain juga menempatkan kampus mereka di wilayah Kabupaten Bantul, umpamanya [[Institut Sains & Teknologi Akprind]] Yogyakarta, antara lain.
 
Bahagian selatan kabupaten ini merupakan pergunungan kapur, yakni ujung barat dari [[Pergunungan Sewu]]. Sungai besar yang mengalir di kawasan ini termasuk [[Kali Progo]] (membatasi kabupaten ini dengan [[Kabupaten Kulon Progo]], [[Kali Opak]], dan [[Kali Tapus]]), berserta anak-anak sungainya.