Perbezaan antara semakan "Nusa Kambangan"

2 bait ditambah ,  13 tahun lalu
tiada ringkasan suntingan
k (Nusakambangan dipindahkan ke Pulau Nusa Kambangan)
[[Image:Peta Pulau Nusakambangan.png|right|thumb|300px|Peta letak Nusa Kambangan]]
'''Nusa Kambangan''' adalah nama sebuah pulau di [[Jawa Tengah]] yang lebih dikenal sebagai tempat terletaknya beberapa penjara (dalam bahasa Indonesia dikenali sebagai [[Lembaga Pemasyarakatan]] (LP)) berkeamanankeselamatan tinggi di [[Indonesia]]. Pulau ini masuk dalam wilayah administratifpentakbiran [[Kabupaten]] [[Cilacap]]. Untuk mencapaisampai ke pulau ini orangseseorang harus menyeberang dengan kapal feri dari [[pelabuhan]] di Cilacap.
 
Semula terdapat sembilan LP di Nusa Kambangan, namun kini yang masih beroperasi hanya tinggal empat, yaitu LP Batu (dibangun [[1925]]), LP Besi (dibangun [[1929]]), LP Kembang Kuning (tahun [[1950]]), dan LP Permisan (tertua, dibangun 1908). Lima lainnya, yaitu Nirbaya, Karang Tengah, Timus Buntu, Karang Anyar, dan Gleger telah ditutup.
 
Pulau Kambangan, yang berstatus sebagai cagar alam, juga merupakan habitat bagi pohon-pohon langka, namun banyak yang telah ditebang secara liarharam. Saat ini yang tersisatinggal kebanyakan adalah tumbuhan perdu, nipah, dan belukar. Kayu pawlar yang hanya dapat ditemukan di pulau ini banyak dicuri karena setelah dikeringkan, mempunyai kualitaskualiti yang setara dengan kayu dari [[Kalimantan]]. Secara tradisional, penerus dinasti Mataram sering melakukan ritual di pulau ini. Nusa Kambangan juga tercatat sebagai pertahanan terakhir dari tumbuhan [[Wijayakusuma]] yang sejati.
 
Ada sebuah pelabuhan di pulau ini, [[Pelabuhan Sodong]].
 
==Beberapa pesakitantahanan terkenal==
*[[Johnny Indo]], pernah melarikan diri namun tertangkap kembali.
*[[Kusni Kasdut]]
 
[[en:Nusa Kambangan]]
[[id:NusakambanganNusa Kambangan]]
245,304

suntingan