Kicap: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Laman baru: {{proses1|~~~}} thumb|250px|Kicap dalam botol. '''Kicap''' adalah bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau...
 
Tiada ringkasan suntingan
Baris 4:
 
'''Kicap''' adalah [[bumbu dapur]] atau [[penyedap makanan]] yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Bahan dasar pembuatan kicap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam. Namun adapula kicap yang dibuat dari bahan dasar air kelapa yang umunya berasa asin. Kicap manis biasanya kental dan terbuat dari [[kedelai]], sementara kicap masin lebih cair dan terbuat dari [[kedelai]] dengan komposisi [[garam]] yang lebih banyak, atau bahkan [[ikan laut]]. Selain berbahan dasar kedelai atau kedelai hitam bahkan air kelapa, kicap juga dapat dibuat dari ampas padat dari pembuatan [[tahu]].
 
 
==Etimologi==
Kata "kicap", diduga diambil dari [[bahasa AmoyHokkien]] ''kôechiap'' atau ''kê-tsiap''.
 
Sementara Aksaraaksara [[Hanzi]] untuk ''kôechiap'' yang benar masih dipertentangkan, yakni:
 
*Teori 1: "kicap" artinya "茄汁": "茄" adalah karakter Hanzi untuk "[[terong]]" (labu) atau bentuk pendek "[[tomat]]" (番茄). Jadi "kicap" ertinya "茄汁" atau "saus/[[kuah]] air tomat". Pengertian ini lebih cocok untuk arti ''ketchup'' dalam [[bahasa Inggris]].
Baris 22 ⟶ 23:
Mula-mula kedelai difermentasi oleh kapang (aspergillus sp dan Rhizopus sp) menjadi semacam tempe kedelai, kemudian “tempe” ini dikeringkan dan direndam di dalam larutan garam. Garam merupakan senyawa yang selektif terhadap pertumbuhan mikroba. Hanya mikroba tahan garam saja yang tumbuh pada rendaman kedelai tersebut. Mikroba yang tumbuh pada rendaman kedelai pada umumnya dari jenis khamir dan bakteri tahan garam, seperti Zygosaccharomyces (khamir) dan Lactobacillus (bakteri). Mikroba ini merombak protein menjadi asam-asam amino dan komponen rasa dan aroma, serta menghasilkan asam. Fermentasi tersebut terjadi jika kadar garam cukup tinggi, yaitu antara 15 sampai 20%.
[[Imej:Kecapmanis.jpg|thumb|250px|Kicap manis.]]
=== BAHAN ===
 
=== BAHANBahan ===
# Kedelai.
# Garam.Kedelai
# Garam
# Laru tempe
 
=== PERALATANPeralatan ===
# Wadah perendam.
 
# Wadah perendam.
# Wadah fermentasi
# Wadah perebus.
# Tampah
# Kompor
# Kain penyaring
# Botol
# Alat penutup botol.
 
=== CARACara PEMBUATANpembuatan ===
 
* Pencucian dan perendaman. Kedelai dibersihkan dan dicuci sampai bersih. Kemudian kedelai direndam di dalam air bersih selama 12 jam. Setelah itu, kedelai dimasukkan ke dalam karung dan diinjak-injak sehingga biji terbelah dua. Pemecahan biji juga dapat dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling tipe cakram. Biji kedelai yang telah terbelah ini kemudian dicuci sampai bersih.