Perbezaan antara semakan "Sunda"

201 bait ditambah ,  7 tahun lalu
tiada ringkasan suntingan
}}
 
'''Sunda''' adalah sebuah kumpulan etnik yang menduduki bahagian barat [[Pulau Jawa]] di [[Indonesia]] dengan jumlah penduduk sebanyak 31 juta (15,41% dari penduduk Indonesia). Kebanyakan orang Sunda menganut agama [[Islam]] dan mereka menutur sebuah bahasa yang dipanggil, [[Bahasa Sunda|Basa Sunda]]. Orang Portugis merujuk dalam Suma Oriental bahwa Orang Sunda bersifat jujur dan pemberani. Karakter orang Sunda yang periang dan suka bercanda seringkali ditampilkan melalui tokoh popular dalam cerita Sunda yaitu Kabayan dan tokoh popular dalam wayang golek yaitu Cepot, anak daripada Semar. Mereka bersifat riang, suka bercanda, dan banyak akal, tetapi seringkali nakal. Orang sunda juga adalah yang pertama kali melakukan hubungan diplomatik secara sejajar dengan bangsa lain. Sang Hyang Surawisesa atau Raja Samian adalah raja di Nusantara yang terawal melakukan hubungan diplomatik dengan bangsa lain pada abad ke 15 iatu dengan orang Portugis di Malaka. Hasil dari diplomasinya dituangkan dalam PrasastiNaskhah Perjanjian Sunda-Portugal.
 
==Sejarah==
 
==Bahasa==
Bahasa Sunda digunakan oleh lebih kurang 27 juta orang dan merupakan bahasa kedua paling banyak digunakan di Indonesia selepas Bahasa Jawa. Bahasa ini ditutur oleh mereka di bahagian selatan [[Provinsi Banten]], Jakarta dan di kebanyakan tempat di Jawa Barat. Di Jawa Tengah, bahasa Sunda digunakan di daerah Brebes selatan dan Cilacap utara.
 
Ada terdapat beberapa dialek dalam bahasa Sunda, dari dialek Sunda-Banten ke dialek Sunda-Jawa Tengahan yang mencampurkan banyak elemen daripada bahasa Jawa. Beberapa dialek yang jelas kedengaran adalah:
 
Disebabkan pengaruh budaya Jawa semasa pemerintahan [[Kesultanan Mataram]], bahasa Sunda, terutama sekali di kawasan Parahyangan, memiliki beberapa lapisan bermula dengan bahasa paling rasmi, atau versi "halus", hingga ke cara penuturun harian yang dipanggil versi "loma" atau "lancaran". Namun di kawasan-kawasan pergunungan dan di Banten, versi "loma" paling banyak digunakan tetapi cara pertuturun "loma" ini dianggap kasar oleh mereka yang berasal dari [[Bandung]].
 
==Seni Pertunjukan==
Seni pertunjukan orang Sunda adalah kaya dengan pelbagai jenis muzik gamelan degung, kawih, tarian dan wayang golek yang merupakan gabungan dari pelbagai pengaruh budaya.
[[Kategori:Kelompok etnik di Indonesia]]
23

suntingan