Orang Sunda: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Ahmmad123 (bincang | sumb.)
Ahmmad123 (bincang | sumb.)
Baris 22:
Bahasa Sunda digunakan oleh lebih kurang 27 juta orang dan merupakan bahasa kedua paling banyak digunakan di Indonesia selepas Bahasa Jawa. Bahasa ini ditutur oleh mereka di bahagian selatan [[Provinsi Banten]], Jakarta dan di kebanyakan tempat di Jawa Barat. Di Jawa Tengah, bahasa Sunda digunakan di daerah Brebes selatan dan Cilacap utara.
 
Ada terdapat beberapa dialek dalam bahasa Sunda, mulai dari dialek Sunda-Banten, hingga dialek Sunda-Jawa Tengahan yang mulai tercampur bahasa Jawa. Para pakar bahasa biasanya membedakan enam dialek yang berbeda[1]. Dialek-dialek ini adalah:
 
* Dialek Barat
Baris 31:
* Dialek Tenggara
 
Dialek Barat dipertuturkan di daerah Banten selatan. Dialek Utara mencakup daerah Sunda utara termasuk kota Bogor dan beberapa bagian Pantura. Lalu dialek Selatan adalah dialek Priangan yang mencakup kota Bandung, kota Tasikmalaya dan sekitarnya. Sementara itu dialek Tengah Timur adalah dialek di sekitar kota Majalengka. Dialek Timur Laut adalah dialek di sekitar kota Kuningan, dialek ini juga dipertuturkan di beberapa bagian kota Brebes, Jawa Tengah. Dan akhirnya dialek Tenggara adalah dialek sekitar kota Ciamis.
 
==Seni Pertunjukan==