Orang Batak Toba: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
k bm
Kemas
Baris 1:
'''Suku Batak Toba''' merupakan sub atau bahagiansebahagian daridaripada suku bangsa [[Batak]] di [[Indonesia]], yang meliputi daerah Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, sebahagian Kabupaten Dairi, Tapanuli Tengah, Bandar Sibolga dan sekitarnya.<ref>Jacob Cornelis Vergouwen, '''[http://books.google.co.id/books?id=SR8VTiyHvssC&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false Masyarakat dan hukum adat Batak Toba]</ref>
{{BM}}
'''Suku Batak Toba''' merupakan sub atau bahagian dari suku bangsa [[Batak]] di Indonesia, yang meliputi daerah Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, sebahagian Kabupaten Dairi, Tapanuli Tengah, Bandar Sibolga dan sekitarnya.<ref>Jacob Cornelis Vergouwen, '''[http://books.google.co.id/books?id=SR8VTiyHvssC&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false Masyarakat dan hukum adat Batak Toba]</ref>
 
== Sejarah ==
=== Kerajaan Batak ===
Pada masa Kerajaan Batak yang berpusat di Bakara, Kerajaan Batak yang dalam pemerintahan dinasti Sisingamangaraja membahagimembahagikan wilayah Kerajaan Batak ke dalam 4 (empat) wilayah yang disebut Raja Maropat, iaitu:
* Raja Maropat Silindung
* Raja Maropat Samosir
Baris 11 ⟶ 10:
 
===Penjajahan Belanda===
Pada masa penjajahan Belanda, kerajaan Belanda membentuk Keresidenan Tapanuli pada tahun 1910. Keresidenan Tapanuli terbahagi kepada 4 (empat) wilayah yang disebut ''afdeling'' dan saat ini dikenaldikenali dengan panggilan daerah atau bandar, iaitu:
* Afdeling Padang Sidempuan, yang sekarang menjadi Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, dan Kota Padang Sidempuan.
* Afdeling Nias, yang sekarang menjadi Kabupaten Nias dan Pulau Nias Selatan.
Baris 20 ⟶ 19:
Pada masa penjajahan [[Jepun]], bentuk pemerintahan di Keresidenan Tapanuli hampir tak berubah.
 
===Awal kemerdekaan RIRepublik Indonesia===
Selepas kemerdekaan, kerajaan Republik Indonesia pun tetap menjadikan Tapanuli menjadi sebuah keresidenan. Dr. Ferdinand Lumban Tobing merupakan Residen Tapanuli yang pertama.
 
Ada sedikit perubahan dilakukan pada nama Tapanuli. Namun pembahagian wilayah tetap sama. Nama ''Afdeling Bataklanden'' misalnya diubah menjadi Luhak Tanah Batak dan luhak pertama yang diangkat adalah Cornelius Sihombing yang pernah menjawat jawatan sebagai Demang Silindung. Nama ''onderafdeling'' pun diganti menjadi urung dan para demang yang memimpin onderafdeing diangkat menjadi Ketua Urung. ''Onderdistrik'' punpula menjadi Urung Kecil yang dipimpin oleh Ketua Urung Kecil yang dulu adalahdikenali sebagai Assistent Demang.
 
Seiring dengan perjalanan sejarah, pemerintahan di Keresidenan Tapanuli pernah dibahagikan dalamkepada 4 (empat) kabupaten, iaitu:
* kabupatenKabupaten Tapanuli UtraUtara (Daerah Silindung)
* Kabupaten Samosir
* Kabupaten Humbang
Baris 32 ⟶ 31:
 
===Budaya Batak Toba===
Batak adalah suatu kesatuan budaya. Batak tidak mestisemestinya tinggal di wilayah geografi Toba, meski asal-usul mereka adalah dari Toba. Sebagaimana suku-suku bangsa lain, suku bangsa Batak Toba pun berhijrah kedaerahke daerah-daerah yang lebih menjanjikan penghidupan yang labih baik. Contoh, majoriti penduduk asli Silindung adalah marga-marga Hutabarat, Panggabean, Simorangkir, Hutagalung, Hutapea dan Lumbantobing. Padahal kekeenam-enam marga tersebut adalah turunanketurunan Guru Mangaloksa yang adalahmerupakan salah- seorang anak Raja Hasibuan diwilayahdi wilayah Toba. Demikian pula marga Nasution yang kebanyakankebanyakannya tinggal di wilayah Padangsidimpuan adalah saudara marga Siahaan di Balige,; dan sudah tentu kedua-dua marga ini adalah keturunan leluhur yang sama. Batak sebagai kesatuan budaya pasti dapat menyebar ke berbagai penjuru melintasi batas-batas geografi asal leluhurnya, si Raja Batak yakni wilayah Toba yang secara khusus ialah Desa Sianjur Mulamula yang terletak di lereng Gunung Pusuk Buhit, kira-kira 45 minit memandu dari Pangururan, Ibukota Negeri samosirSamosir, sekarang.
 
===Penyerahan kedaulatan awal tahun 1950===
Ketika penyerahan kedaulatan pada permulaan 1950, Keresidenan Tapanuli yang sudah disatukan dalam Provinsi Sumatera Utara dibahagikan ke dalam 4 (empat) kabupaten baru, iaitu:
* Daerah Tapanuli Utara (sebelumnya Kabupaten Tanah Batak)
* Daerah Tapanuli Tengah (sebelumnya Daerah Sibolga)
Baris 42 ⟶ 41:
 
===Sekarang===
Pada Disember 2008 ini, Keresidenan Tapanuli disatukan dalam Wilayah Sumatera Utara. Toba saat ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Toba Samosir yang beribukota di Balige.
 
Kabupaten Toba Samosir dibentuk berdasarkan Undang-Undang RI No 12. Tahun 1998 tentang pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Toba Perhentian dan Pulau Mandailing Natal, di Daerah Tingkat I Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten Toba Samosir ini merupakan pemekaran dari Daerah Tingkat II Tapanuli Utara.
 
==Marga pada suku Batak Toba==
Marga atau nama keluarga adalah bahagian nama yang merupakan petanda dari keluarga mana iatuan punya nama itu berasal.
 
Orang Batak sentiasa mempunyai nama marga/keluarga. Nama/marga ini diperoleh dari garis keturunan ayah (patrilinear) yang selanjutnya akan diteruskan kepada keturunannya secara terus menerus.
Baris 55 ⟶ 54:
 
==Rujukan==
* [[:id:Batak Toba|Batak Toba di Wikipedia Bahasa Indonesia]]
* Ramlo R. Hutabarat, Opini: '''Tapanuli, Dari Suatu Masa Pada Suatu Ketika''', Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) edisi Jumat, 5 Januari 2007
* D. J. Gultom Raja Marpodang, '''Dalihan Natolu Nilai Budaya Suku Batak''', ''tentang Struktur Wilayah Pemerintahan Harajaon Batak''
Baris 65 ⟶ 63:
 
==Pautan luar==
* [http://kebudayaankesenianindonesia.blogspot.com/2012/06/foklore-sebagian-lisan-tari-tortor.html kebudayaanKebudayaan kesenian Indonesia]
[[id:Batak Toba]]
 
{{Indonesia-stub}}