Katolik: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Aurora (bincang | sumb.)
BM
Aurora (bincang | sumb.)
kemas
Baris 48:
 
== Sejarah singkat gereja Katolik Roma ==
Awalnya, jemaat [[KristenKristian]] berada di bawah kepemimpinan besar lima daerah, yaituiaitu [[YerusalemJerusalem]], [[AntiokiaAntioch]], [[IskandariyahIskandariah|AleksandriaAlexandria]], [[KonstantinopelKonstantinople]], dan [[RomaRom]]. Uskup RomaRom dikenal oleh 5 daerah sebagai "yang pertama", permasalahan dengan doktrin dan prosedur banyak mengambil Roma sebagai masukan pendapat. Kerusi Roma merupakan kerusi dari yang terpilih [[Santo Petrus]] yang mendapat julukan "Pangeran Para Rasul" sebagai tanda persatuan Gereja<ref>Optatus of Mileve, The Schism of Donatists, 2:2-3 (c.A.D. 367), in GCC,55 , "''You cannot deny that you know that in the city of Rome the Chair was first conferred on Peter, in which the prince of all the Apostles, Peter,sat ... in which Chair unity should be preserved by all, so that he should now be a schismatic and a sinner who should set up another Chair against that unique one.''"</ref>.
 
Perpecahan-perpecahan besar dalam struktur Gereja sebagai lembaga tercatat sebagai berikut:
* Perpecahan pertama pada gereja terjadi pada saat [[Konsili Efesus]] ([[431]]), yang menyatakan status [[Perawan Maria]] sebagai [[Theotokos]] (Bunda Allah). Kebanyakan yang menolak hasil keputusan ini adalah Kristian [[Persia]], gereja yang sekarang dikenal sebagai [[Gereja Asiria Timur]].
* Perpecahan berikut terjadi setelah [[Konsili Khalsedon]] ([[451]]). Konsili ini menolak [[Monofisitisme|Monofisit]]. Umat Kristian yang menolak ini dikenal sebagai [[Komuni Oriental Ortodoks]].
* Perpecahan besar pertama dalam Gereja Katolik terjadi pada [[abad]] [[Abad ke-11|11]]. Masalah perbezaan doktrin tentang rumusan [[Pengakuan Iman Nicea-Konstantinopel]] (lihat [[filioque]]). Gereja Katolik pun terbagi menjadi dua, yaitu "Barat" dan "Timur". [[InggrisEngland]], [[Perancis]], [[Roma]] dan negara-negara [[Skandinavia]] termasuk Gereja "Barat" (Gereja Katolik Roma). Sedangkan [[YunaniGreece]], [[Rusia]], [[Suriah]], [[Mesir]] termasuk dalam Gereja "Timur" (Gereja Ortodoks Timur). Perpecahan ini dikenal sebagai [[SkismaPerpecahan Timur-Barat]].
* Perpecahan terbesar dalam Gereja Katolik Roma terjadi pada [[abad ke-16]] dengan adanya [[Reformasi Protestan]] yang melahirkan gereja-gereja [[Protestan]].
* Perpecahan terakhir terjadi ketika Raja [[Henry VIII]] dari [[InggrisEngland]] memisahkan seluruh gereja-gereja di kerajaannya dari persekutuan dengan [[Paus (Katolik Roma)|Paus]] karena permintaannya untuk menikah kedua kalinya sementara isteri pertamanya masih hidup ditolak. Kelompok gereja inilah yang dikenal sebagai [[Gereja Anglikan]].
Seluruh cabang di atas kecuali Protestan masih menyebut persekutuan mereka sebagai Katolik. Dewasa ini, semakin banyak Gereja-Gereja Timur yang kembali ke dalam persekutuan penuh dengan Roma, namun dengan tetap mempertahankan tata cara beribadaht mereka. Kelompok ini dikenal dengan sebutan Gereja Katolik [[ritus Timur]].
 
== Gereja KatolikRoman RomaKatolik ==
{{lihatpulaLihat juga|Gereja KatolikRoman RomaKatolik}}
Secara umum, sebutan Gereja Katolik merujuk pada Gereja Katolik Roma. Kata ''Roma'' dikaitkan pada Gereja ini karena Gereja Katolik mengimani [[Paus (Katolik Roma)|Paus]] yang berkedudukan di kota [[Roma]], [[Italia]] sebagai ketua gereja yang kelihatan, wakil Yesus Kristus di bumi, yang merupakan pemimpin utama gereja yang tak kelihatan. Paus adalah penerus Petrus turun temurun yang tidak terputuskan. Menurut tradisi gereja, Petrus menjadi uskup Roma dan menjadi martir di sana. Gereja Katolik dengan penambahan kata ''Roma'' sendiri sebenarnya tidak pernah menjadi nama rasmi yang digunakan oleh Gereja Katolik.
 
Baris 77:
 
== Katolik di Malaysia ==
{{Rujukan|Bahagian}}
Penyebaran agama Katolik bermula sejak kedatangan paderi [[Portugis]] di Melaka pada tahun 1511. Semenjak itu, Melaka mula memainkan peranan sebagai pusat persinggahan beribu-ribu penginjil yang seterusnya bergerak ke Selatan dan Asia Timur.
 
Baris 88 ⟶ 89:
 
Pada tahun 1955, kedua-dua keuskupan di Kuala Lumpur dan Pulau Pinang telah diwujudkan yang diselaras oleh biskop tempatan yang pertama iaitu Dominic Vendargon dan Francis Chan. Pada tahun 1957, pada 31 Ogos, Tanah Melayu mencapai kemerdekaan, Perdana Menteri pertama iaitu Tunku Abdul Rahman telah dilantik. Pada tahun 1962, Paus John XXIII dipanggil untuk pembaharuan Gereja dan membuka Majlis Vatican Kedua.
 
== Sumber-sumber ==
{{Kategori Commons|Catholicism}}
{{reflist}}