Perbezaan antara semakan "Zaman Jōmon"

819 bait dibuang ,  13 tahun lalu
tiada ringkasan suntingan
k (mengalihkan Jomon ke Zaman Jomon: lebih tepat)
{{History of Japan}}
Jaman Jomon (縄文時代 jōmon jidai)
Seperti{{nihongo|'''Zaman kitaJōmon'''|縄文 ketahui時代|Jōmon-jidai}} diatas,merupakan jamansatu Jomonzaman ini[[sejarah bermulaJepun|prasejarah Jepun]] dari kira-kira 10.750[[Zaman tahunPaleolitik sebelum MasehiAkhir|14,000 tentunyaSM]] kitahingga sudah[[300 dapat memperkirakan jaman apakah itu? Tepat, jaman Jomon ini adalah jaman prasejarah dari JepangSM]]. JamanZaman ini terjadi tepat pada akhir jamanZaman pleitosenPleistosen hingga holosenHolosen (bersamaan dengan jamanzaman batu pertengahan dan jamanzaman batu baruakhir).
 
== Sistem kepercayaan :==
sistem kepercayaan di jamanzaman ini masih menganut dinamisme, seperti pada jamanzaman-jamanzaman prasejarah umumnya, manusia pada jamanzaman jomonJomon mempercayai bahwabahawa benda-benda memiliki kekuatan gaibghaib, dan benda-benda tersebut memiliki imina(nama benda) yang dipercayai dapat mengatur dan memerintah benda-benda tersebut untuk melakukan sesuatu pekerjaan. Jadi pada jamanzaman itu seseorang yang mengetahui imina suatu benda akan berkuasa atas benda tersebut.
 
== Kebudayaan ==
Kegiatan manusia pada zaman Jōmon dalam mencari makanan bergantung pada tempat tinggalnya. Manusia yang tinggal di daerah yang diberkahi kekayaan sumber alam mencari makan sebagai pemburu dan pengumpul jenis tanaman yang bisa dimakan. Manusia zaman Jōmon mulai mengenal kebudayaan tembikar yang bersifat artistik. Jaman ini terkenal dengan kerajinan tembikarnya (patung atau peralatan yang terbuat dari tanah liat. Ada kecenderungan kebudayaan Jōmon lebih berkembang di JepangJepun bagian timur berdasarkan jumlah situs penggalian dan beragam jenis barang tembikar yang berhasil ditemukan.
Hal Menarik
 
Anjing Shiba, hal menarik dari jaman Jomon adalah Anjing tertua di jepang atau di jepang sendiri lebih dikenal sebagai Anjing Shiba (柴犬 shiba inu, shiba ken). Ras Anjing ini merupakan ras Anjing paling terkenal sejepang sudah ada sejak jaman Jomon, anjing ini berukuran kecil, tinggi badan jantan sekitar 38-41 cm., sedangkan tinggi badan betina sekitar 35-38 cm. Anjing Shiba merupakan salah satu dari 7 jenis anjing ras unggulan (sekarang hanya tinggal 6 jenis). Anjing ini ditunjuk sebagai pusaka nasional Jepang (天然記念物 tennen kinen butsu) pada tanggal 16 Desember 1936. Di antara 6 jenis anjing ras unggulan, anjing Shiba merupakan satu-satunya jenis dengan ukuran badan kecil sehingga populer sebagai anjing peliharaan. Menurut data mutakhir perkumpulan Pelestari Anjing Jepang, dari total 6 jenis anjing ras Jepang yang dipelihara sebanyak 80% adalah anjing Shiba. Konon anjing Shiba sejak jaman Jomon sudah hidup berdampingan dengan manusia. Dari hasil penggalian peninggalan tumpukan kulit kerang jaman Jomon ditemukan lebih dari 200 kerangka anjing. Orang jaman Jomon melatih Anjing sebagai teman berburu. Anjing jaman Jomon jika meninggal akan dikuburkan secara baik-baik, berdasarkan bukti ini orang jaman Jomon tidak punya kebiasaan makan anjing dan bahkan ditemukan anjing shiba yang dikuburkan di kuburan keluarga pemiliknya.
[[Kategori:Sejarah Jepun]]
 
{{Link FA|fr}}
[[ar:فترة جومون]]
[[cs:Období Džómon]]
[[de:Jōmon-Zeit]]
[[et:Jōmoni periood]]
[[en:Jōmon period]]
[[es:Período Jomon]]
[[fr:Période Jōmon]]
[[zh-classical:繩紋時代]]
[[ko:조몬 시대]]
[[id:Zaman Jomon]]
[[is:Jomon]]
[[it:Periodo Jōmon]]
[[he:תקופת ג'ומון]]
[[lt:Džiomon laikotarpis]]
[[nl:Jomon]]
[[ja:縄文時代]]
[[pl:Jōmon]]
[[pt:Período Jomon]]
[[ru:Дзёмон]]
[[sh:Jomon]]
[[fi:Jōmon-kausi]]
[[sv:Jōmon]]
[[vi:Thời kỳ Jōmon]]
[[uk:Період Дзьомон]]
[[zh:繩文時代]]
65,412

suntingan