Roh Kudus: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Kururubot (bincang | sumb.)
k Link FA & GA kini dikendalikan oleh Wikidata
Perbaiki konten yang keliru dan ejaan
Teg-teg: Suntingan mudah alih Suntingan web mudah alih
Baris 1:
Yahweh '''Roh Kudus''' (dari [[bahasa Arab]]: الروح القدس ''Al-Ruhul Qudus'', dan [[bahasa Ibrani]]: רוח הקודש ''Ruach HaKodesh'') adalah peribadi Tuhan dalam konsep [[Tritunggal]], [[Kristian]]. YahwehAllah Roh Kudus hanya dipercayai oleh umat [[Kristian]] dan adalah sebuah penolong peribadi yang memimpin, dalam bentuk Roh, yang dijanjikan oleh [[Yesus]] sebelumsetelah kenaikannya ke syurgasorga.
 
Menurut ajaran Kristian, seorang Kristian haruslah memiliki Roh Kudus di dalam dirinya. Roh tersebut berfungsi sebagai penolong, pemimpin, penghibur, dan teman yang setia. Roh Kudus menuntut umat Kristian agar hidup sejalan dengan kehendak YahwehAllah. Roh Kudus juga merupakan penghubung antara umat Kristian dengan Tuhannya.
 
Pencurahan Roh Kudus terjadi pada hari [[pentakosta]], sepuluh hari setelah kenaikan Yesus ke syurga atau lima puluh hari setelah peristiwa kebangkitan Yesus dari kematian. Terjadi di [[Jerusalem]] pada sebuah ruang atas dan diterima oleh murid-murid Yesus. Menurut Alkitab, murid-murid Yesus pada hari mereka menerima Roh Kudus mampu mempertaubatkan tiga ribu manusia.
 
Pencurahan Roh Kudus terjadi pada hari [[pentakosta]], sepuluh hari setelah kenaikan Yesus ke syurgasorga atau lima puluh hari setelah peristiwa kebangkitan Yesus dari kematian. Terjadi di [[Jerusalem]] pada sebuah ruang atas dan diterima oleh murid-murid Yesus. Menurut Alkitab, murid-murid Yesus pada hari mereka menerima Roh Kudus mampudengan mempertaubatkantanda tigamenerima bahasa baru dan dengan menerima baptisan Roh Kudus, maka penginjilan lebih ribuefektif manusiadilakukan.
 
== Roh Kudus dari pandangan Islam ==