Mindanao: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
 
Tiada ringkasan suntingan
Baris 1:
'''Mindanao''' adalah [[pulau]] kedua terbesar di [[Filipina]] dan salah satu dari tiga kelompok pulau utama bersama dengan [[Luzon]] dan [[Visayas]]. Mindanao, terletak di bagiansebelah selatan Filipina, adalah kawasan hunian bersejarah bagi mayoritasmajoriti kaum [[Muslim]] atau suku [[Moro]] serta etnisetnik lainnya seperti [[Marano]] dan [[Tausug]]. Peperangan untuk meraih kemerdekaan telah ditempuh oleh berbagai faksi Muslim selama lima abad melawan para penguasa. Pasukan SpanyolSepanyol, Amerika, JepangJepun dan Filipina belum berhasil meredam tekad mereka yang ingin memisahkan diri dari Filipina yang mayoritasmajoriti penduduknya beragama [[Katolik]]. Kini mayoritas, populasi Mindanao beragama [[Katholik|Katolik]] berkatbertambah dengan pesatnya akibat pola kepemilikanpemilikan tanah yang tidak adil dan banyaknyamigrasi pendatang ke wilayah ini. Hal ini memicutelah mencetuskan kemarahan kaum Muslim Mindanao yang miskin dan tersisih setadan gerakan separatis yangini telah berjuangmembangkitkan selamagerakan ratusanseparatis tahundisana.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, Mindanao menjadi wilayah yang diperhatikan dengan cermatteliti seiring dengan munculnya organisasi terorispengganas IslamisIslam yang berkaitanberkait eratrapat dengan konflik di Timur Tengah. Mindanao diyakinidipercayai menjadi basisbes kelompok terorispengganas [[Abu Sayyaf]] dan [[Jemaah Islamiyah]] yang kemunculannya mengurangi peranperanan kelompok pejuang kemerdekaan yang lebih moderatsederhana dan nationalistisnasionalis seperti [[Front Pembebasan Islam Moro]] (MILF).
 
Luas Mindanao ialah 94.630 km², hanya lebih kecil 10.000 km² dari [[Luzon]]. Pulau ini bergunung-gunung, salah satunya adalah [[Gunung Apo]] yang tertinggi di Filipina. Pulau Mindanao berbatasan dengan [[Laut Sulu]] di sebelah barat, [[Laut Filipina]] di timur dan [[Laut Sulawesi]] di sebelah selatan.
 
GrupGagasan pulau Mindanao terdiri dari pulau Mindanao sendiri, serta [[Kepulauan Sulu]] di sebelah barat-daya. GugusGagasan pulau ini dibagiterbahagi menjadikepada enam [[Wilayah Filipina|wilayah]], yang kemudian dibagidibahagikan menjadi 25 [[Provinsi di Filipina|provinsi]].