Wonogiri: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Muh.Syaifudin (bincang | sumb.)
Teg-teg: Suntingan mudah alih Suntingan web mudah alih
Muh.Syaifudin (bincang | sumb.)
Teg-teg: Suntingan mudah alih Suntingan web mudah alih
Baris 63:
Terkenal dengan nasi tiwul, beberapa jenis makanan khas tersedia di Wonogiri. ''Kacang Mede'' adalah makanan yang berasal dari biji buah [[jambu mede]] (jambu mete) yang memang banyak terdapat di wilayah Wonogiri. ''Emping'' adalah makanan yang berasal dari biji buah [[melinjo]]. Biji buah dikupas, lalu ditumbuk sampai berbentuk lempengan kecil. Kedua jenis makanan ini disajikan setelah terlebih dahulu digoreng sampai kecoklatan. ''Cabuk'' adalah makanan yang berasal dari biji [[wijen]] yang dicampur dengan bumbu masak. Berbentuk pasta, warna hitam, terbungkus daun pisang.
 
Juga ada makanan dari singkong yang disebut "pindang", ini berasal dari tepung singkong yang dimasak dengan daging kambing, yang terkenal di Kecamatan Ngadirojo. Saat pagi hari juga sering dapat dijumpai kue serabi di beberapa tempat di dekat Pasar Kota Wonogiri dan tempat lainnya di kecamatan di wilayah Wonogiri.
[[Berkas:Mie_ayam.JPG|thumb|Mie Ayam Wonogiri terkenal akan citarasanya]]
Makanan khas lain adalah bakso dan mie ayam Wonogiri yang memiliki citarasa khas, oleh sebab itu di Jakarta banyak sekali tukang bakso atau mie ayam dari Wonogiri. Selain itu pada malam hari, banyak juga pedagang makanan lesehan yang tersebar sepanjang jalan-jalan di Wonogiri, dengan bermacam-macam jenis makanan. Pusat jajanan khas Wonogiri ada di dekat kantor [[Kecamatan Selogiri]], kurang lebih 5 km dari pusat Kota Wonogiri ke arah Kota [[Surakarta]].