Rembrandt: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Hajotthu (bincang | sumb.)
Mengurangkan rasa keIndonesiaan rencana I
Baris 1:
'''Rembrandt Harmenszoon van Rijn''' ([[15 Julai]] [[1606]] – [[4 Oktober]] [[1669]]) adalah pelukis [[Belanda]] yang merupakan salah satu [[pelukis]] terbesar dalam sejarah seni [[Eropah]]. Rembrandt dikenali denganatas keahliannyakebolehannya memanipulasimengolah eksposdedahan cahaya terhadap objek sehingga memberikan kesan tertentu di dalam lukisan.
 
Rembrandt jugaBeliau sering juga membuat karya-karya [[grafik]] dan [[gambar]]. Sumbangannya yang besar terhadap [[seni reka]] terjadi pada era keemasan Belanda (sekitar abad ke-17).
 
== Riwayat Hidup ==
Rembrandt lahir pada [[15 Julai]] [[1606]] di [[Leiden]], [[NetherlandsRepublik Belanda]]. Keluarganya hidup cukup sejahtera, ayahnya bekerja di penggilingan,kilang mengisar bijian sementara ibunya pula seorang anak tukang roti.
 
Masa kecilnya dilewatidihabiskan di sekolah Latin dan kemudianbeliau kemudiannya melanjutkan kepelajarannya di [[Universiti Leiden]], meskipun tercatat dalam sejarah bahawa iabeliau jauh lebih tertarik kepada dunia melukislukisan. Ayahnya kemudian menyerah dan mengirimkannya untuk magang kepada pelukis sejarah terkenal Leiden, [[Jacob van Swanenburgh]]. Setelah lepas dari kewajiban magang bersama Pieter Lastman di [[Amsterdam]], Rembrandt membuka studio di Leiden, yang didirikan dan digunakannya bersama [[Jan Lievens]]. Pada tahun 1627, Rembrandt mulai menerima murid, salah satunya [[Gerrit Dou]].<ref>Slive mempunyai biografi menyeluruh pelajar-pelajar ini, lihat m.s 55.</ref>
 
Semenjak 1631, Rembrandt telah mendapat reputasi yang baik daridaripada penugasannyakerjayanya sebagai pelukis potret tokoh-tokoh di [[Amsterdam]]. Selanjutnya,Beliau iakemudiannya kemudian pindahberpindah ke sana dan tinggal di rumah penyalurpelukis sejarah lukisan,bernama [[Hendrick van Uylenburgh]].
 
KepindahanBeliau ini kemudian berlanjut dengan perkawinannyaberkahwin dengan cucu jauh Hendrik, [[Saskia van Uylenburg]] pada 1634.Pernikahan ini terlihat jelas atas alasan cinta. Meskipun ayah Saskia dulunya adalah ''burgemeester'' (gubernurgabenor) Leeuwarden, Saskia pada masa itu telah menjadi yatim piatu dan tidak dalamditinggalkan keadaanharta berlimpah hartawarisan. Saskia tinggal bersama kakaknya di Frisia dan tidak memiliki banyak koneksihubungan di Amsterdam untuk mendukungmenyokong karirkerjaya Rembrandt.
 
Pada 1639, Rembrandt and Saskia pindahberpindah ke sebuah rumah kecil di [[Jodenbreestraat]] di sebuah perkampungan [[Yahudi]] (Saat ini menjadikini [[RembrandtMuzium HouseRumah MuseumRembrandt]]). Meskipun hidup sejahtera, keluarganya menghadapi cobaanpelbagai cubaan. Tiga anaknya meninggal saat lahir.dilahirkan Hanyaanya anak keempat, Titus yang lahir 1641, yang boleh hidup hingga dewasa. Saskia meninggal 1642 sesaat setelah kelahiranmelahirkan Titus kemungkinanbarangkali akibatdisebabkan [[Tuberkulosis|TBCtuberkulosis]].
 
AkhirPada akhir 1640an, posisi Saskia sebagaiRembrandt istrimenjalinkan digantikanhubungan olehdengan Hendrickje Stoffels, yang sebelumnyasebelum ini merupakan bekerjapembantu sebagairumah pelayan tumah tangga Rembrandt. Pada 1654 mereka mendapat seorang anak perempuan bernama Cornelia, yangdan membuatmasyarakat HendrickjeGereja divonisProtestan olehBelanda Reformedmenyelar churchhasil Belandahubungan untuktersebut menjalanidisebabkan status "hidupmereka dalamyang berkahwin mengikut undang-undang Republik Belanda tetapi tidak mengikut upacara gereja dosa"tersebut. Hendrickje dihalang dari menghadiri upacara-upacara keagamaan gereja teseburt atas hal ini, manakala Rembrandt tidak hadir dalammenghadap para paderi atas perbicaraan persidangankes ini karenakerana iabeliau bukan anggota jemaah gereja initersebut.<ref>Slive, m.s 82</ref> Beliau tidak berkahwin semula mengikut undang-undang gereja dengan Hendrickje atas kekhuatiran beliau kehilangan duit sumbangan yang diberikan atas nama mendiang isteri sebelumnya untuk Titus..<ref name=Slive-71>Slive, m.s 71</ref>
 
Rembrandt hidup dengan begitu boros, termasuk dengan membeli banyak karya seni, khususnya cetakan, (kebanyakankebanyakannya digunakan sebagai referensirujukan untuk lukisannya), dan barang-barang antik, yang kemungkinan besar menjadi alasan [[Bangkrut|kebangkrutannyakemuflisan]]nya pada 1656. IaBeliau terpaksa menjual rumahrumahnya dan pindahberpindah ke rumahkediaman yang lebih sederhana di [[Rozengracht]]. Di sini, Hendrickje dan Titus memulai usaha tokomenjual barang seni hingga akhir riwayatnya. Bagaimanapun, reputasi Rembrandt tidak tenggelam pada masa ini karenakerana iabeliau masih mendapatdiupah penugasanuntik untukmelukis lukisan-lukisan sejarah yang besar untuk balai kota yang baru.
 
Rembrandt hidup terpisah dengan Hendrickje dan Titus. Pada akhir riwayatriwayatnya, hanya Cornelia yang ada di sampingnya. HidupKeadaan hidup senjanya yang begitu terpisah dengan anak lelakinya membuatmembuatnya idpatah terpukul berathati dan beliau akhirnya meninggal pada [[4 Oktober]] [[1669]] di Amsterdam dan dikuburdikubutkan tanpa tandasebarang batu nisan atau upacara apapun di'' [[Westerkerk]]''.<ref>Slive, p. 83</ref>
 
== Karya-karya ==
[[Fail:The_Nightwatch_by_Rembrandt.jpg|thumb|''Jaga Malam'' (1642)]]
Salah satu kutipannya yang masih tercatat hingga kini mengenai pencapaiannya dalam seni rupa adalah "pergerakan yang terhebat dan alami", (diterjemahkan dari frase Belanda ''die meeste ende di naetuereelste beweechgelickheijt''), dalam sebuah surat yang ditulis untuk koleganyarakan sekerjanya. Tidak begitu diketahui dengan jelas maksud ''pergerakan'' di sini, apakah mengacu kepada objek yang dilukisnya atau emosi orang yang menikmati lukisannya.
 
Secara keseluruhankeseluruhannya, Rembrandt telah menghasilkan 600 lukisan, 300 etsa,ukiran dan 2000 gambar. Kebanyakan berupadaripada ''selfkarya-karya potrait'',ini merupakan potert diri yang memberikan gambaran sangat jelas mengenai Rembrandt yang sebenarnya, baik dari segi emosi maupunmahupun penampilan.
 
Teknik yang dipakai kebanyakan adalah [[chiaroscuro]], yang memberikan kontras yang cukup jelas antara bayangan dan pantulan cahaya dengan gradasi yang halus, sekaligus memberikan kesan dramatik kepada pemirsanyapemerhati. Meskipun tetap saja kebanyakan tampil dengan tema-tema yang formal, karyanya mendalami aspek-aspek kemanusiaan tanpa membedakanmembezakan usia maupunmahupun kekayaan.
 
Beberapa anggota keluarganya, seperti istrinyaisterinya Saskia, anaknya Titus, dan istriisteri mudanya Hendrickje juga sering tampilmuncul didalam beberapa bagian lukisan,lukisannya yang kebanyakankebanyakannya bertemabertemakqn [[mitologi]], biblikalberdasarkan kisah-kisah dalam kitab Bible, atau rekamancatan sejarah.
 
== Perjalanan kesenian ==
 
* Pada periodezaman Leiden (1625-1631) terlihat jelas bahwa pengaruh Lastman sangat besar. Kebanyakan karyanya berukuran kecil, tetapi penuhbegitu detail.terperinci Kebanyakandengan tema karya-karya ini diambil temanyadaripada religiusagama dan [[allegory|allegorisalegori]].
 
* Sewaktu di Amsterdam (1632-1636), Rembrandt mula menggunakan [[kanvas]] yang besar, warna-warna kuat, dan menciptakan suasana dramatik. Rembrandt juga banyak menghasilkan lukisan potret. Lukisan-lukisan lain memakai tema biblikal and mitologika.
 
* AkhirPada akhir 1630, Rembrandt banyak menciptakan lukisan pemandangan dan beberapa [[etsaukiran]]bertema bertemakan alam. Pada periode ini, pemandangan yang diperlihatkan banyak dipengaruhi fenomena alam, seperti pohon yang tersambar petir atau langit biru ditutupi awan kelam.
 
* Sejak 1640, karyanya mulai mengarah lebih tragis, memperlihatkan kejadian-kejadian yang menimpa keluarganya. Aspek teknisteknik yang biasanya kuattertutupikuat tertutupi oleh ekspresi yang dalam. Tema biblikal lebih sering muncul dari [[Perjanjian baru]]. Ukurannya kembali mengecil. Sebagai pengecualian ''The Night Watch'' (Jaga Malam), karyanya yang paling besar dalam ukuran, Pemandangan lebih sering muncul dalam karya etsa daripada lukisan.
 
* Pada 1650an, gaya Rembrandt kembali berubah. Karya lukisan menjadi lebih banyak. Warnanya lebih kaya dan goresan kuas lebih kuat. Dari gejala ini terlihat bahawa Rembrandt berusaha menjauh dari karya-karya sebelumnya dan trend pada masa itu. Tema biblikal nmasih sering terlihat, tetapi penekannya tidak lagi dalam suasana ramai, tetapi lebih mengarah kepada pengamatan seperti di dalam objek-objek lukisan potretnya.