Erebos: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
Tiada ringkasan suntingan
Baris 1:
'''Erebos''' ({{lang-grc|Ἔρεβος}}, ''Érebos'' - "kegelapan", "kebayangan", "tertutup"<ref>[[Robert Graves]]. ''[[The Greek Myths]], section 31 s.v. The Gods Of The Underworld''</ref>) atau '''Erebus''' dalam [[mitologi Yunani|kepercayaan orang Yunani Purba]] merupakan dewa kegelapan.
 
Menurut puisi ''[[Theogonia]]'' karya [[Hesiodos]], Erebos adalah salah satu dari [[protogenoi]], yaitu anak-anak [[Khaos]], bersama dengan [[Gaia]] (bumi), [[Tartaros]] (lubang neraka), [[Eros]] (cinta), dan [[NiksNix]] (malam).<ref>[[Hesiod]], ''[[Theogony]]'' [http://www.perseus.tufts.edu/hopper/text?doc=Hes.+Th.+116 116–124].</ref> NiksNix adalah istriisteri Erebos, dan bersamanya mempunyai dua anak: [[Aither]] (atmosfer dan keterangan), dan [[Hemera]] (siang); di beberapa sumber, Erebos juga adalah ayah dari para [[Hesperides]], [[HipnosHypnos]] (tidur), para [[Moirai]] (nasib), [[Geras]] (penuaan) (menurut [[Hyginus]]), [[StiksStyx]], [[Kharon]], [[Thanatos]] (kematian), dan Eros (menurut [[Aristophanes]] (c.414 SM)).
 
Di beberapa konteks pada [[sastera Yunani]], Erebos dihubungkitkan engan bagian dari [[dunia bawah]] yang mana orang-orang yang [[ajal|telah mati]] akan langsung mengunjungi seketika. Dewa ini juga kadangkalanya dipakai sebagai sinonim dari Tartaros, yang menurut ''Theogonia'' adalah salah satu saudara Erebos.