Jambak bunga: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
Tiada ringkasan suntingan
Baris 1:
{{MABBIM}}
[[Fail:Anethum graveolens Ab-05.jpg|thumb|350px305x305px|Bunga majemukJambak [[adas sowa]] (''Anethum graveolens'')]]
'''Jambak bunga''', '''perbungaan''' atau '''infloresens''' (''inflorescence'') adalah sekelompokkelompok kuntum [[bunga]] yang terangkai pada satu ibu tangkai bunga atau pada suatu susunan tangkai-tangkai bunga yang lebih rumit. Rangkaian bunga semacam ini sangat bervariasi, baik pada pola-pola dan kerapatan tangkai bunganya, kelengkapan bagianbahagian-bagianbahagian pendukungnya, duduk bunga pada tangkai (filotaksi, ''phyllotaxy'') dan lain-lain.
 
Susunan bunga majemuk juga biasa disebut dengan istilah '''perbungaan''' atau '''infloresens''' (''inflorescence''). Dalam percakapan sehari-hari, sebagian perbungaan disebut sebagai "bunga" saja (atau variasinya), terlebih bila susunannya rapat atau kuntum-kuntum bunganya kecil-kecil, seperti misalnya bunga [[kenikir]] dan bunga [[kelapa]] (disebut mayang).
 
== Asas ==
=== BagianBahagian-bagianbahagian ===
Bunga majemukJambak memiliki bagian-bagianbahagian yang bersifat seperti [[batang]], seperti [[daun]], serta bagian-bagianbahagian yang khaskhusus kepada fungsi [[bunga]], itu sendiri seperti [[mahkota bunga]], [[putik]], dan [[benangsari]].
 
Bagian-bagianBahagian yang bersifat seperti batang, misalnya:
* '''Ibu tangkai bunga''' (''peduncle, pedunculus''), yakni tangkai utama yang mendukung keseluruhan bunga majemukjambak. BagianBahagian ibu tangkai bunga di tengah-tengah perbungaan, di mana tangkai-tangkai bunga individual melekat, disebut rakis (''rachis'')
* '''Tangkai bunga''' (''pedicel, pedicellus''), yakni tangkai masing-masing kuntum bunga individual, dan
* '''Dasar bunga''' (''receptacle, receptaculum''), yakni ujunghujung tangkai bunga yang mendukung bagianbahagian lain dari bunga.
 
Bagian-bagianBahagian yang bersifat seperti daun, misalnya:
* '''[[Daun pelindung]]''' (''bract, bractea''), yakni daun yang pada ketiaknya muncul ibu tangkai bunga.
* '''Daun tangkai''' (''bracteole, bracteola''), yakni daun (1–2 helai) yang muncul pada pangkai tangkai bunga.
* '''Kelopak bunga''' (''calyx''), pada bunga-bunga tunggal/individual.
* '''[[Seludang bunga]]''' (''spatha''), yakni daun pelindung besar yang menyelubungi seluruh bunga majemukjambak sebelum mekar, misalnya pada suku palem-paleman ([[Arecaceae]]).
* '''Daun pembalut''' (''involucre, involucrum''), yakni sejumlah daun pelindung yang tersusun dalam lingkaran mengitari dasar bunga majemukjambak. Misalnya pada [[Asteraceae]].
* '''Daun kelopak tambahan''' (''epicalyx''), yakni sejumlah daun pelindung yang tersusun dalam lingkaran di bawah kelopak bunga. Misalnya pada marga ''[[Hibiscus]]''.
 
Baris 38 ⟶ 36:
Berdasarkan pertumbuhan pucuknya, dikenal adanya pertumbuhan [[monopodial]] dan [[simpodial]]. Kedua macam pertumbuhan itu juga tecermin dalam pertumbuhan bunga:
 
* '''Bunga majemukJambak tidak terbatas''' (''indeterminate''): pertumbuhan [[monopodial]]. Pucuk ibu tangkai bunga tumbuh terus, dan bunga-bunga mekar dari bawah ke atas.
* '''Bunga majemukJambak terbatas''' (''determinate''): pertumbuhan [[simpodial]]. Bunga yang paling ujunghujung mekar dahulu dan layu, kemudian di bawahnya, lewat samping, muncul tangkai bunga yang lebih muda dan mekar. Demikian seterusnya.
 
Pada bunga majemukjambak terbatas, apabila mekarnya bunga yang paling ujunghujung (''terminal'') diikuti dengan mekarnya bunga-bunga lain dari bawah ke atas, disebut ''akropetal''. Apabila mekarnya bunga-bunga lain itu dari atas ke bawah, disebut ''basipetal''; dan apabila mekarnya dari tengah-tengah ibu tangkai daun, disebut ''divergen''.
 
<gallery>
Baris 49 ⟶ 47:
</gallery>
 
Bunga majemukJambak tak terbatas tidak memiliki bunga terminal yang sejati. UjungHujung ibu tangkai bunga biasanya berupa pucuk yang mengerdil (''rudimenter''). Kedudukan bunga terminal, dengan demikian, diisi oleh bunga subterminal (bunga di bawah pucuk).
 
<gallery>
Baris 92 ⟶ 90:
Kelompok-kelompok perbungaan terutama dibedakan melalui sifat percabangannya. Di dalam kelompok-kelompok utama itu, pembedaan terutama berdasarkan sifat persilangan sumbu-sumbu pertumbuhan dan variasi model. Perbungaan dapat bersifat sederhana (tunggal, tidak bercabang) atau berganda (bercabang, dan bercabang-cabang lagi).
 
=== Bunga majemukJambak sederhana ===
[[Fail:Sunflower macro wide.jpg|thumb|Jambak bunga-bunga kecil membentuk bongkol (''capitulum'') [[bunga matahari]] ]]
 
Baris 103 ⟶ 101:
* '''Bunga payung''' (''umbel, umbella''), tandan dengan ibu tangkai bunga yang pendek dan seberkas kuntum bunga yang tangkai-tangkainya muncul dari ketinggian yang sama.
* '''Tongkol''' (''spadix''), bulir dengan ibu tangkai yang menggembung; bunga-bunga duduk berjejalan, biasanya terlindungi atau dilengkapi dengan seludang. Misalnya suku [[keladi]] ([[Araceae]]), atau [[jagung]] (''Zea mays'').
* '''Bongkol''' (''capitulum''), tandan atau tongkol yang mengerut, bunga-bunga terangkai serupa bola. Contohnya bunga [[petai]] dan kerabatnya ([[Mimosoideae]]). Variasi dari bongkol adalah bunga piringan (''anthodium'') pada [[Asteraceae]], dengan bunga-bunga tabung di bagianbahagian tengah dan bunga-bunga pita di tepinya.
* '''Untai''' (''catkin, ament, amentum''), bulir menggantung yang berisi bunga-bunga berkelamin tunggal seperti pada berbagai bunga suku [[Piperaceae]] (seperti [[lada]] dan [[sirih]]).
 
Baris 155 ⟶ 153:
</gallery>
 
Bunga majemukJambak sederhana terbatas ini juga bisa mengalami pemadatan sedemikian rupa sehingga menyerupai bunga payung (''umbel''). Nama yang tepat, dengan demikian, adalah '''umbelliform cyme'''; namun secara sederhana biasanya disebut '''bunga payung''' saja. Sementara yang lain, bisa menyerupai bentuk tandan (''botrys'') sehingga disebut '''botryoid''', yakni tandan dengan bunga terminal. Bunga ini sering secara tidak tepat disebut sebagai '''bunga tandan''' (saja).
 
<gallery>
Baris 172 ⟶ 170:
</gallery>
 
=== Bunga majemukJambak berganda ===
Bunga-bunga majemukjambak berganda ('''''synflorescences''''') bentuknya dapat ditelusuri menurut bentuk-bentuk bunga majemukjambak sederhana. Jika bunga-bunga majemukjambak sederhana tersusun dari kuntum-kuntum bunga individual yang terangkai menurut pola tertentu, maka bunga majemukjambak berganda tersusun dari serangkaian bunga-bunga majemukjambak sederhana, baik yang terbatas (''cymose'') maupun yang tidak terbatas (''racemose'').
 
Bunga majemukJambak berganda bisa berulang polanya dua kali, tiga kali (berganda tiga), atau lebih. Beberapa bentuknya demikian rumit sehingga sulit diusut akar polanya. Bunga majemukJambak berganda yang mengulang-ulang pola dasarnya dikenal dengan sebutan '''''double inflorescence'''''.
 
Bunga tandan berganda biasa disebut sebagai '''malai''' (''panicle, paniculus''), walau sebetulnya istilah malai yang sejati mengacu pada bentuk yang hampir serupa dengan itu. Malai ini dapat terbentuk tanpa suatu ‘tandan ujung’hujung’ dan disebut ''homoeothetic'', atau dapat berakhir dengan tandan ujunghujung (yang menggantikan posisi bunga terminal) dan disebut ''heterothetic''. Bunga payung berganda atau '''bungajambak payung majemuk''' adalah bunga payung (''umbel'') yang kuntum-kuntum bunganya digantikan oleh payung-payung bunga.
 
<gallery>
Baris 193 ⟶ 191:
</gallery>
 
'''Malai''' yang sejati terbentuk dari bunga-bunga majemukjambak terbatas, bercabang-cabang dengan kuat dan tidak teratur dari atas ke bawah, di mana tiap-tiap cabangnya memiliki sebuah bunga terminal. '''Malai rata''' (''cymose corymb'') adalah bunga cawan (''corymb'') terbatas, yakni dengan bagianbahagian-bagianbahagian pembentuknya yang berupa malai. '''Bunga lembing''' (''anthela'') adalah semacam malai rata dengan bunga-bunga di bagianbahagian tepi (lateral) yang lebih tinggi daripada bagianbahagian tengahnya.
 
<gallery>
Baris 204 ⟶ 202:
</gallery>
 
Tandan yang kuntum-kuntum bunganya digantikan oleh payung-payung tambahan (''cyme'') disebut '''''thyrse''''' atau '''''thyrsus'''''. Payung-payung tambahan sekunder ini bisa saja dari tipe-tipe yang mana saja dari bunga majemukjambak ''monochasia'' (satu sumbu) atau ''dichasia'' (dua sumbu yang tumbuh). Bunga ''botryoid'' yang kuntum-kuntum bunganya digantikan oleh payung-payung tambahan (''cyme'') disebut '''''thyrsoid'''''. Bentuk-bentuk ini juga secara salah kaprah sering disebut sebagai '''malai'''.
 
<gallery>
Baris 221 ⟶ 219:
 
=== Lain-lain ===
Suku [[Asteraceae]] (Compositae) dicirikan oleh bentuk khusus bunga bongkol (''capitulum'') yang disebut '''bunga piringan''' ('''''calathid''''' atau '''''[[calathidium]]'''''), namun umumnya dikenal sebagai bunga bongkol saja. Suku [[Poaceae]] (Gramineae) memiliki perbungaan yang khas tersusun dari bulir-bulir kecil (''spikelet'') yang terangkai dalam malai atau bulir yang lebih besar; secara singkat disebut sebagai '''malai''' atau '''bulir''' saja. [[Genus|Marga]] ''[[Ficus]]'' (kerabat [[beringin]], [[Moraceae]]) mengembangkan '''bunga periuk''' ('''''[[syconium]]'''''), yakni dasar bunga bersama (ujunghujung ibu tangkai bunga) yang memipih, melebar, dan cekung membentuk periuk, di mana kuntum-kuntum bunga individualnya duduk di dalam rongganya, dan hanya terbuka sedikit di ujungnya (mulut periuk). Sementara marga ''[[Euphorbia]]'' membentuk '''''[[cyathium]]''''' (jamak: ''cyathia''), suatu modifikasi bunga payung (''umbella'').
 
<gallery>
Baris 233 ⟶ 231:
</gallery>
 
== Rujukan ==
== Referensi dan pranala luar ==
{{Reflist}}
 
=== Sumber utama ===
{{Commons|Inflorescence}}
{{de}}
Baris 244 ⟶ 245:
* [[Peter F. Stevens|Stevens, P. F.]] (2001 onwards). [[Angiosperm Phylogeny Website]]. Version 7, May 2006 [and more or less continuously updated since]. [http://www.mobot.org/MOBOT/research/APweb/]
* Strasburger, Noll, Schenck, Schimper: Lehrbuch der Botanik für Hochschulen. 4. Auflage, Gustav Fischer, Jena 1900, p.&nbsp;459
{{Reflist}}
 
[[Kategori:Morfologi tumbuhan]]