Rektor: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Pengembangan besar hasil pengembalian dan penyejagatan kandungan bahasa Melayu Indonesia
Baris 18:
 
=== Amerika Syarikat ===
Di perguruan-pergurunperguruan tinggi di Amerika SerikatSyarikat, istilah untuk pimpinan tertinggi eksekutif adalah ''president'' atau ''university president''. Pengguna istilah ''chancellor'' juga sering digunakan di Amerika SerikatSyarikat, hal ini tergantung kepada sistem yang dipakai perguruan tinggi tersebut.
 
Istilah ''rector'' ada digunakan sebagai istilah ketua lembaga tamu (''head of board of visitors'') dalam kepimpinan seberapa perguruan tinggi tertentu dalam negeri [[Virginia]]:
Baris 29:
* [[Institut Politeknik dan Universiti Negeri Virginia|Virgina Tech]] (Blacksburg, Virginia)
 
Dari tahun 1701-1745, ketua [[Universiti Yale|Yale College]] diberi penggelaran jawatan ''rector'' sebelum beralih kepada gelaran "Presiden" (''President'') dari 1745 hingga 1766 apabila kolej ini dinaiktaraf sebagai sebuah universiti.
 
Beberapa perguruan tinggi Katolik, yang dijalankan oleh [[pendeta]] (misal,misalnya [[Jesuit|golongan Jesuit]]) memberikan gelar ''Rector'' kepada pimpinan eksekutif sekolah. Diyang dalam banyak kasus, ''rector''seringkali juga merupakan kepala komunitasmasyarakat pendeta yang bertugas di sekolah tersebut. Jadi pimpinan dari perguruan tinggi dan pimpinan pendeta dipersatukan dalam peranan ''Rector''. Hal ini merupakan pelaksanaan yang sudah jarang dilakukan, karenamemandangkan perubahan sistem kepemimpinan sekolah Katolik sudah banyak berubah.
 
== Penggunaan di negara lain ==
Baris 39:
 
=== Sepanyol ===
Di Sepanyol, istilah yang digunakan untuk sebutan rektor adalah ''Excelentísimo e Ilustrísimo Señor Professor Doctor Don'' setelh("Tuan ituProfessor diikutiDoktor namaTerbaik rektor.dan MisalkanTerunggul") namasetelah siitu rektordiikuti adalahnama Wikipedia dari Universitas Salamanca gelar yang akan diberikanrektor adalah(Misalnya: ''Excelentísimo e Ilustrísimo Señor Professor Doctor WikipediaFulan bin Abu Fulan'', ''Rector Magnífico de la UniversidadUniversiti de SalamancaContoh''. Gelar tersebut berarti Pangeran Professor Doktor yang Terbaik dan Menggambarkan, dari Universitas Salamanca.)
 
== Pemilihan dan pelantikan ==
Pemilihan rektor dibagi menjadi beberapa jenis:
 
* Pemilihan melalui penunjukanpelantikan langsung oleh kepalaketua negara (Presiden RI) atas rekomendasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, sistem ini dilaksanakan semasa Orde Baru dengan tujuan kampus bisa "dibimbing" untuk mengikuti maksud-maksud pemeritahpemerintah.
 
* Pemilihan oleh Senatsuatu Perguruanbadan Tinggi,[[senat]] Pemilihansesebuah ini dilakukan oleh Senatinstitusi perguruan tinggi yang secara [[musyawarah]] dansebelum votingcalon-calon memilihyang kandidatbersesuaian rektordan berkelayakan (dosenbiasanya yangberdasarkan telah memenuhi kualifikasi-kualifikasi tertentu, biasanyatempoh masa dan mengajar tingkattahap pendidikan) diputuskan melalui [[undian]].
* Pemilihan oleh Senatsenat dan Mahasiswa,para pemilihan[[mahasiswa]] iniyang mengikutsertakanikut mahasiswaserta dalam menentukan pimpinankepimpinan lembaga.
 
=== Kontroversi ===
Banyak pro dan kontra yang terjadi dalam sistem pemilihan ini, mahasiswa dianggap belum memiliki kapasitaskebolehan yang cukup untuk memilih calon rektor perguruan tinggi. Kontraversi ini menyulut kemarahan dan teguran keras Menteri Pendidikan Nasional R.I. kepada Universitas Islam Indonesia Jogjakarta yang pertama kali memproklamirkan sistem ini.