Horatius: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
k Anumengelamun telah memindahkan laman Horace ke Horatius
Pengembangan hasil pengembalian dan penyejagatan kandungan bahasa Melayu Indonesia
Baris 36:
 
==Biografi==
===Awal hidup===
Horatius lahir di [[Venosa]], sebuah kota kecil di [[Itali]]. Ayahnya merupakan seorang hamba dimerdekakan.
 
Dua anak-beranak pindah ke [[Roma]] beberapa waktu kemudian, di mana ayahnya bekerja sebagai [[makelar]] lalu meningkatkan taraf hidup mereka menjadi kaya dan bisa mengirim Horatius ke sekolah terbaik di Roma. Ayahnya juga bisa mengirimnya ke kota [[Athens|Athina]] di [[Yunani]] untuk belajar [[bahasa Yunani|bahasa]] dan [[falsafah]] [[Yunani]]. Keadaan mereka yang banyak berubah ini menjadikan Horatius amat bangga dengan ayahnya, malah beliau berbangga dengan latar belakang mereka yang mampu mengangkat diri daripada serba kekurangan.
 
===Sebagai pegawai====
Di awal masa mudanya, [[Julius Caesar]], diktator Romawi, terbunuh - perang segera diisytiharkankan terhadap orang-orang yang membunuhnya, Horatius sendiri memihak kepada militer. Saat perang selesai, Horatius kembali ke Romawi dan mengetahui orang lain tinggal di apartemennya. Ayahnya sudah pergi. Horatius menjadi amat miskin. Akhirnya, ia menemukan pekerjaan di perbendaharaan menyusun wang mahsul empayar.
 
Kawannya [[Lucius Varius Rufus]] dan [[Virgil]], yang juga menulis, memperkenalkannya dengan [[Maecenas]]. Maecenas adalah kawan dekat [[Augustus]], [[Maharaja Rom]]awi. Horatius tinggal di [[Tivoli, Itali|Tibur]], sebuah daerah di Roma. Saat meninggal, Horatius memberikan tanah yang dimilikinya kepada Augustus, untuk menambah tanah yang dimiliki negara. Kini, banyak penulis yang mengunjungi tanah itu untuk mengingatnya.
 
== Gaya pengkaryaan ==
Beberapa puisi Horatius sulit diterjemahkan karena [[sintaksis]], [[tatabahasa]], dan [[struktur]]nya yang amat berbeda dengan [[bahasa]]-bahasa modern.
 
Horatius banyak dipandang sejumlah orang, termasuk para ahli, sebagai salah satu penyair terbaik bahasa Latin
 
==Senarai karya==
Berikut merupakan turutan pengkaryaan Horatius sepanjang hidupnya sepertimana yang dipersetujui banyak pengkaji:<ref>R Nisbet, ''Horace: life and chronology'', 17–21</ref>
Baris 47 ⟶ 62:
* ''[[Carmina|Carmina IV]]'' (c. 11 BC)
* ''[[Ars Poetica|Ars Poetica]]'' (c. 10–8 BC)<ref group="nb">The date however is subject to much controversy with 22–18 BC another option (see for example R. Syme, ''The Augustan Aristocracy'', 379–81</ref>
 
==Nota==
<references group="nb"/>
 
==Rujukan==