Perbezaan antara semakan "Universitas Indonesia"

tiada ringkasan suntingan
(logo)
Teg: Suntingan sumber 2017
[[Image:Universidad Indonesia.JPG|thumb]]
[[Image:Universidad Indonesia Biblioteca.JPG|thumb]]
'''UniversitiUniversitas Indonesia''' ({{lang<!-id|Universitas-nama Indonesia}},universiti tergolong dalam kata nama khas Nusantara yang tidak perlu diolah--> (disingkatkan kepada '''UI''') adalah salah satu [[perguruan tinggi]] atau "[[universitas]]" negeri di Indonesia yang berpengalaman dalam bidang pengajaran dan penelitian. Universiti ini merupakan salah satu universiti tertua di Indonesia, yang rasmi didirikan tahun [[1849]] dengan nama '''Dokter-Djawa School''' lalu berganti nama pada [[1950]] menjadi '''Universiteit Indonesia'''.
 
Sebahagian besar [[fakulti|kemudahan pengajaran]] universiti ini (atau "fakultas") berada di kawasan [[Depok]], [[Jawa Barat]], kecuali Fakulti Perubatan, Fakulti Pergigian dan beberapa Program Pascasiswazah yang berlokasi di Jalan [[Salemba]], [[Jakarta]].
 
Pada tarikh 26 Disember 2000, pemerintah [[Republik Indonesia]] mengesahkan status otonomi UI berasaskan PP No. 152. Pada saat ini, UI sedang berada dalam masa transisi dari suatu universiti negeri menuju universiti negeri yang otonom.
 
Universiti Indonesiaini dipimpin oleh seorang [[Rektor|rektor]]. Pemimpin setaraf sementara pada saat ini adalah Muhammad Anis, rektor sebelumnya adalah [[Gumilar Rusliwa Somantri]]
 
==Sejarah==
Universiti Indonesia dengan nama yang sekarang rasmi berdiri sejak tanggal 2 Februari 1950. Awalnya dikenal dengan nama ''Universiteit van Indonesië'' yang didirikan oleh kerajaan Belanda pada tahun 1946. Setelah pengakuan kemerdekaan Indonesia pada 1949, kerajaan Belanda menyerahkan universiti tersebut kepada kerajaan Indonesia pada tahun 1950 dan sejak itu dinamakan Universiteit Indonesia.
 
Pada tahun 1951, Universitiuniversiti Indonesiaini hanya mempunyai 10 fakulti"fakultas" yang tersebar di lima bandar besar: [[Jakarta]], [[Bogor]], [[Bandung]], [[Surabaya]], dan [[Makassar]]. Kemudian cabang-cabang di luar Jakarta tersebut menjadi universiti-universiti atau institut-institut yang berdiri sendiri.
 
Pada 1 September 1963, Fakulti Pertanian dan Fakulti Perubatan Veterinar UI memisahkan diri menjadi [[Institut Pertanian Bogor]] (IPB) yang kini menjadi perguruan tinggi pertanian terkemuka bertaraf antarabangsa. Fakulti Kejuruteraan dan Fakulti Ilmu Pengetahuan Alam di Bandung berkembang menjadi [[Institut Teknologi Bandung]]. Di Surabaya pula menjadi [[Universiti Airlangga]] dan di [[Makassar]] menjadi [[Universiti Hasanuddin]]. Pada [[1964]], Fakulti Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi ''Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan'' ([[IKIP]]) Jakarta dan kini berubah kembali menjadi [[Universitas Negeri Jakarta]].