Ronald Reagan: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
→‎Serbaneka: khawatir -> khuatir
Teg-teg: Suntingan mudah alih Suntingan web mudah alih Advanced mobile edit
Tiada ringkasan suntingan
Baris 1:
{{BMMABBIM}}{{Infobox_President
| name=Ronald Wilson Reagan
| nationality=Amerika
Baris 20:
}}
 
'''Ronald Wilson Reagan''' ([[Tampico]], [[Illinois]], [[6 Februari]] [[1911]]–[[Bel-Air]], [[Los Angeles]], [[California]], [[5 Juni]] [[2004]]) ialah [[Presiden AS|Presiden]] ke-40 [[AS]] ([[1981]]–[[1989]]) dan [[Gabernor California|Gabernor]] ke-33 [[California]] (1967–1975). Reagan juga merupakan [[pelakon]] [[filem]] sebelum memasuki [[politik]]. IaBeliau hidup lebih panjang daripada [[Presiden]] yang lainnya (93 [[tahun]], 119 [[hari]]) dan merupakan Presiden terpilih tertua (69 tahun, 349 hari saat mengambil kekuasaan).
 
== KehidupanAwal hidup dan Kerjaya Awalpendidikan ==
Ronald Wilson Reagan lahir di sebuah apartment di [[Tampico, Illinois|Tampico]], [[Illinois]] pada 6 Februari 1911. Beliau anak bongsu kepada [[Nelle Wilson Reagan|Nelle Clyde Wilson]] (1883–1962) - seorang kacukan Scotland, Inggeris dan Ireland<ref name="pk 4">Kengor, p. 4.</ref> - dan [[Jack Reagan]] (1883–1941), seorang peniaga keturunan [[Gereja Katolik|Katolik]] dari [[Kaunti Tipperary]];<ref name="nrhp">{{cite news|url=http://gis.hpa.state.il.us/hargis/PDFs/201351.pdf|title=Main Street Historic District, National Register of Historic Places Nomination Form|date=April 1, 1982|accessdate=July 27, 2007|archiveurl=https://web.archive.org/web/20070807213939/http://gis.hpa.state.il.us/hargis/PDFs/201351.pdf|archivedate=August 7, 2007|agency=Illinois Historic Preservation Agency}}</ref><ref>[[Terry Golway]], ''Ronald Reagan's America'' (2008) p. 1.</ref> abangnya [[Neil Reagan]] (1908–1996), seorang bekerja dalam pengiklanan.<ref>{{Cite news|url=https://www.nytimes.com/1996/12/13/us/neil-reagan-88-ad-executive-and-jovial-brother-of-president.html|title=Neil Reagan, 88, Ad Executive And Jovial Brother of President|author=Lynette Holloway|date=December 13, 1996|accessdate=March 22, 2009|work=[[The New York Times]]}}</ref>
Reagan mengikuti [[Eureka College]] di [[Eureka, Illinois|Eureka]], [[Illinois]], lulus pada [[1932]]. Ayahnya seorang pemabuk. Reagan mengembangkan bakat awal untuk men[[dongeng]] dan [[sandiwara]]. Ia penyiar [[radio]] permainan Chicago Cubs, hanya mengambil garis bentuk sederhana permainan dari [[telegraf]] dan mengandalkan bakat imajinasi dan mendongengnya untuk menyempurnakan permainan. Sekali pada tahun[[1934]], kawatnya putus. Namun dengan lancar Reagan memperbaiki seadanya ( dimana pemukul kedua tim memperoleh kemampuan luar biasa untuk mengeluarkan lemparan ) sampai kawatnya diperbaiki.
 
=== Kerjaya Filem ===
Reagan mengikuti [[Eureka College]] di [[Eureka, Illinois|Eureka]], [[Illinois]], lulusdi pada [[1932]].sanalah Ayahnya seorang pemabuk. Reaganbeliau mengembangkan bakat awal untuk men[[dongeng]] dan [[sandiwara]]. IaBeliau penyiar [[radio]] permainan Chicago Cubs, hanya mengambil garis bentuk sederhana permainan dari [[telegraf]] dan mengandalkan bakat imajinasi dan mendongengnya untuk menyempurnakan permainan. Sekali pada tahun[[1934]], kawatnya putus. Namun dengan lancar Reagan memperbaiki seadanya ( dimana pemukul kedua tim memperoleh kemampuan luar biasa untuk mengeluarkan lemparan ) sampai kawatnya diperbaiki.
Reagan mendapat kerjaya yang berjaya di [[Hollywood]] sebagai peranan penting kedua, sebab wajah dan tubuhnya gagah seperti suaranya. Pada [[1940]] ia memainkan peranan George "The Gipper" Gipp dalam filem ''[[Knute Rockne All American]]'', dari yang ia mendapatkan nama panggilan Gipper, yang dipakainya di masa istirahat hidupnya. Reagan sendiri menganggap bahawa pekerjaan lakonan terbaiknya ialah dalam ''[[Kings Row]]'' ([[1942]]). Film terkemuka Reagan lainnya termasuk ''[[Hellcats of the Navy]]'' dan ''[[Bedtime for Bonzo]]''. Ia termasuk dalam [[Hollywood Walk of Fame]] di 6374 Hollywood Boulevard.
 
=== Kerjaya Filemlakonan ===
=== Kerjaya dalam filem ===
Reagan mendapat kerjaya yang berjaya di [[Hollywood]] sebagai peranan penting kedua, sebab wajah dan tubuhnya gagah seperti suaranya. Pada [[1940]] ia memainkan peranan George "The Gipper" Gipp dalam filem ''[[Knute Rockne All American]]'', dari yang ia mendapatkan nama panggilan Gipper, yang dipakainya di masa istirahat hidupnya. Reagan sendiri menganggap bahawa pekerjaan lakonan terbaiknya ialah dalam ''[[Kings Row]]'' ([[1942]]). Film terkemuka Reagan lainnya termasuk ''[[Hellcats of the Navy]]'' dan ''[[Bedtime for Bonzo]]''. IaBeliau termasuk dalam [[Hollywood Walk of Fame]] di 6374 Hollywood Boulevard.
 
=== Dinas Militer ===
Reagan diangkat sebagai perwira kavaleri cadangan dalam ke[[tentara]]an AS pada tahun [[1935]]. Setelah peristiwa [[Pearl Harbor]] ia diaktifkan dan ditugasi pada Unit Perfilman pertama dalam Korps [[AU]], yang mengadakan pelatihan dan pendidikan filem. IaBeliau tetap di Hollywood selama masa [[perang]].
 
=== Kerjaya Televisyentelevisyen ===
Karena peranan filem Reagan menjadi lebih sedikit di akhir [[1950-an]], ia pindah ke pertelevisian sebagai [[host]] dan pelaku untuk General Electric Theater. Pekerjaan lakonan tetap terakhirnya ialah sebagai ''host'' di ''Death Valley Days.''
== Kerjaya Politikpolitik Awalawal ==
Ronald Reagan memulai kehidupan politiknya sebagai anggota [[liberal]] [[Demokrat]], mendukung [[Franklin Delano Roosevelt]] dan [[New Deal]]-nya. Secara bertahap ia menjadi [[konservatif]] [[sosial]] yang setia. IaBeliau memulai karirkerjaya politik selama masa jabatannya sebagai pemimpin Screen Actors Guild (SAG), bersekutu dengan [[Senator]] [[Joseph McCarthy]] dan bersaksi didepan Komite DPR bidang ''Un-American Activities'' untuk "membongkar pengaruh [[komunis]] di Hollywood". Konon, ia menyerahkan nama beberapa mitra pekerja prokomunis kepada [[FBI]]. Pekerjaannya saat itu, antara lain, mengucapkan pidato antikomunis di siaran radio dan pidato keliling, lebih lanjut mempertinggi gambaran politiknya dalam iklim anti-Soviet di AS pada 1950an. Dalam pemilihan [[1964]], Reagan merupakan pendukung berat Republikan konservatif [[Barry Goldwater]].
 
Pada [[1966]], ia terpilih sebagai [[Gabenor California|Gabenor]] ke-33 [[California]]. Reagan mencoba meraih nominasi kepresidenan Republican pada [[1968]], dan kembali pada [[1976]] untuk menantang calon yang berkuasa saat itu, [[Gerald Ford]] namun kalah di Konvensi [[Partai Republik]]. IaBeliau sukses meraih nominasi Republican pada [[1980]]. Kempennya itu ditandai dengan krisis sandera [[Iran]]. Pers luar negeri menuduh bahwabahawa pendukung Reagan telah membuat kesepakatan rahsia agar " sandera tetap ditahan " sampai setelah pemilihan. Kebanyakan analis percaya ketidakmampuan Presiden [[Jimmy Carter]] menamatkan krisis sandera memainkan peranan besar dalam kemenangan Reagan. Reagan terus dipilih sebagai Presiden tahun itu dan diangkat kembali dengan kelebihan suara mutlak pada tahun [[1984]].
 
== Sebagai Presiden Amerika Syarikat ==
[[gambar:1981 US Cabinet.jpg|right|thumb|Kabinet Ronald Reagan 1981]]
Pada tanggal [[30 Mac]] 1981, hanya 69 hari setelah awal masa jawatannya, ketika meninggalkan Hotel Hilton di [[Washington, DC]] Presiden Reagan, Juru bicara Rumah Putih [[James Brady]], ejen Dinas Rahasia dan polisi District of Columbia ditembak seoorang pengkhayal [[John Hinckley, Jr]]. Segera sebelum pembedahan untuk mengeluarkan [[peluru]] dari [[dada]]nya (yang sedikit saja luput dari [[jantung]]nya), Reagan berkata kepada [[dokter bedah]]nya, "Saya berharap Anda semua orang Republican," dan kepada isterinya Nancy dengan bercanda ia berkomentar, "Sayang, saya lupa untuk menghindar."
 
Sebagai politikus dan presiden, ia melukiskan dirinya sebagai:
Baris 49 ⟶ 53:
* Keras terhadap kejahatan
 
IaBeliau dikenal juga kerana:
* Peningkatan anggaran militer
* Menyebarkan peluru kendali '''Pershing II''' di [[Jerman]] sebagai tanggapan atas pangkalan peluru SS-20 milik [[Uni Soviet]] di dekat [[Eropa]]
Baris 67 ⟶ 71:
Masa jabatan pertama Presiden Reagan berfokus pada penyegaran stagnasi kondisi ekonomi, inflasi dan pengangguran. Kebijakan Reagan terkenal sebagai "''Reaganomics''", julukan yang digunakan pendukung dan pencelanya. Pemotongan pajak juga bergabung dengan pengeluaran militer yang besar sebagai akibat yang amat tinggi dan pertambahan dramatis dalam hutang nasional. [[Hutang]] bertambah dengan sekitar 200% (3 kali lipat) antara saat Reagan menjabat dan saat penggantinya George H. W. Bush, menduduki jabatan.
 
Di sisi lain, pengeluaran ini enteng menutupi kerugian dengan pendapatan pajak yang ditambah, dan beberapa pendukung Reagan menghubungkannya pada penggunaan berhasil kebijakan pajak ekonomi pihak perbekalan. Kritikus Presiden Reagan mengemukakan bahwabahawa walau pernyataannya menganjurkan pemerintahan intrusif yang kecil, pengeluaran [[federal]] dan [[birokrasi]] bertambah selama pemerintahannya. Tak mengherankan, ada ketaksetujuan atas berapa banyak kebijakan Reagan yang ikut andil pada resesi hebat yang terjadi di tahun [[1982]].
=== Kesatuan Soviet dan Perang Dingin ===
Baris 74 ⟶ 78:
Sementara itu banyak pendukung Reagan memujinya yang dianggap berhasil memenangkan Perang Dingin. Para [[pakar]] menghubungkan jatuhnya [[komunisme]] pada [[1989]] di [[Eropah Timur]] dan Kesatuan Soviet dengan saat memuncaknya krisis ekonomi Kesatuan Soviet dan kegagalan perbaikan ekonomi dan politik yang digagas Presiden Mikhail Gorbachev. Kebijakan Reagan termasuk dorongan kuat pada militer AS dan doktrin "perdamaian melalui kekuatan." Salah satu usulan yang lebih kontroversial ialah [[Inisiatif Pertahanan Strategis]] (SDI), sistem rudal pertahanan yang diharapkannya akan membuat AS tak terkalahkan dalam serangan [[nuklir]] oleh Soviet. SDI diberi julukan "Perang Bintang" oleh penentangnya - yang berarti tak praktikal - manakala Reagan pula diberi gelaran "Ronnie Raygun" oleh sejumlah pelawak.
 
Kritik pada SDI menyatakan bahwabahawa tujuan [[teknologi]] tak tercapai dalam praktik, dan bahwabahawa percobaan SDI mungkin memburukkan lagi perlumbaan senjata, seperti bertambahnya ketidakstabilan krisis di masa depan. Kritik lain memandang, anggaran belanja istimewa yang dilibatkan dalam program SDI yang ternyata berlipat, sebagai pekerjaan militer-industri tak bermanfaat.
 
Para pendukung menyebut SDI sebagi "paku peti mati " perlombaan senjata dengan Uni Soviet melalui penerapan strategi teknologi. Mereka memandang [[SDI]] sebagai ujian untuk meyakinkan Soviet bahwabahawa gudang senjata peluru nuklir mereka akan menjadi usang dan menyusahkan Soviet dengan penambahan pengeluaran untuk teknologi baru untuk mencapai penghindaran nuklir.
 
Reagan memiliki hubungan dekat dengan banyak pemimpin politik konservatif lainnya di seluruh dunia, seperti [[Margaret Thatcher]] daripada [[United Kingdom|UK]], dan [[Brian Mulroney]] daripada [[Kanada]]. Reagan memiliki harapan besar untuk membangun hubungan pribadi dengan para kepala negara lainnya, sering menjemput mereka ke ladang peternakannya atau [[Camp David]].
 
Sebagai bagian kebijakan yang menjadi dikenal sebagai [[Doktrin Reagan]], AS juga ambil bagian dalam usaha kaum garis keras melawan pengaruh komunis di [[Amerika Latin]], yang sering melibatkan pendukung [[diktator militer]] antikomunis yang terkenal karenakerana rendahnya catatan [[HAM]]. Ini telah tuduhan bahwabahawa Reagan sedang melakukan perang gerilya rahasia dan ilegal. Pada [[1983]] Reagan memerintahkan serangan militer resmi ke negara kecil [[Grenada]] setelah mengalami kudeta komunis. Menjelang akhir masa pemerintahannya, Reagan juga membantu dalam mendukung peralihan [[demokrasi]] Amerika Latin, memberikan bantuan paket asing yang banyak pada negara yang mengadakan pemilihan bebas.
 
=== [[Skandal Iran Contra]] ===
Selama pemerintahannya, ada skandal dan penyelidikan besar dalam perang di Iran dan [[Nikaragua]] yang dikenal sebagai Peristiwa Kontra Iran. Dua anggota penasihat keamanan nasional, [[John Poindexter]] dan [[Kolonel]] [[Oliver North]], telah merencanakan untuk menjual senjata kepada pemerintahan Iran dan hasil keuntungannya diberikan kepada gerilyawan antikomunis Contras di [[Nikaragua]]. Kedua hal itu berlawanan dengan peraturan Kongres. Reagan mengakui ketidaktahuan atas rencana itu, namun mengaku bahwabahawa ia telah mendukung penjualan senjata yang pertama ke Iran, atas dasar penjualan seperti itu akan menolong terjaminnya pembebasan orang-orang Amerika yang sedang disandera kelompok [[Islam]] sokongan Iran, [[Hezbollah]] di [[Lebanon]].
 
Tindakan cepat Reagan untuk menunjuk penyelidik independen dan kerja sama dengan pengacara, mencegah skandal Kontra-Iran dari ancaman [[impeachment]]. Presiden Reagan dinyatakan bersalah hanya dalam pengawasan lemahnya dari stafnya sendiri yang mengakibatkan ketidaktahuannya dalam penjualan senjata. Meski dianggap jujur sendiri oleh orang-orang Amerika, Presiden Reagan dalam masa jabatannya menjumpai beberapa skandal penyuapan, [[korupsi]], yang menyangkut pembantu dan bawahan Reagan sehingga mengakibatkan lebih dari 130 pejabat dalam pemerintahan Reagan dihukum atau dipaksa meninggalkan kedudukan mereka untuk menghindari pengadilan. Skandal-skandal yang merusak nama baik Reagan membuat anggota Congress [[Patricia Schroeder]] menjulukinya "Presiden [[Teflon]]".
 
=== "Perang Melawan Narkotik" ===
Kebijakan Reagan dalam "Perang Melawan Narkotik" meningkatkan jumlah tahanan dan dana kesihatan bagi orang-orang kecanduan. Ini mengakibatkan perkembangan dramatis dalam jumlah tahanan AS. Kritikus menuduh bahwabahawa kebijakan itu berefek sedikit untuk benar-benar mengurangi keberadaan narkotika ataupun kejahatan di jalan dan juga mengakibatkan beban keuangan tinggi dan korban manusia untuk masyarakat Amerika. Walau begitu, hal ini merupakan bagian penting kebijakan Reagan yang keras terhadap kejahatan. Karena kebijakan ini dan berbagai pemotongan dalam pengeluaran untuk program sosial selama masa kepresidenannya, Reagan dianggap sejumlah kritikus biasa saja untuk pengeluaran biaya bagi warga miskin dan minoritas.
 
=== Serbaneka ===
Pada [[5 Agustus]]Ogos 1981, Reagan mendukung pemecatan 11.359 pengawas lalu lintas udara yang sedang mogok yang mengabaikan perintahnya agar kembali bekerja. Ironisnya, [[PATCO]], serikat pekerja pengawas Lalu Lintas Udara, merupakan salah satu dari sedikit serikat yang telah mendukung Reagan dalam pemilihan 9 bulan sebelumnya.
 
Di [[musim semi]]bunga 1983, Reagan mengirim para anggota Marinir ke [[Lebanon]]. Menyusul beberapa pengeboman kecil, satu pemboman [[truk]] dalam barak mereka membunuh 241 anggota Marinir. Dua hari kemudian Reagan menyerang negara [[Grenada]] di [[Karibia]]. Tiga bulan kemudian, Reagan menarik mundur anggota Marinir dari Lebanon.
 
Pada [[13 Juli]] 1985, Reagan mengadakan pembedahan untuk mengeluarkan kanker polip dari [[usus besar]]nya. Pada [[5 Januari]] 1987, Reagan mengalami pembedahan [[prostat]] yang menyebabkan kekhuatiran lebih lanjut mengenai kesehatannya.
 
Reagan secara luas dikritik pada 1985 karenakerana peristiwa yang berkaitan pada kunjungan resmi ke [[Jerman Barat]]. Pada [[11 April]], [[GedungRumah Putih]] mengumumkan bahwabahawa Reagan akan mengunjungi pemakaman militer Bitburg, meletakkan bunga dalam menghormati tentara Jerman yang tewas dalam kedua PD. Ini menjadi kontroversial dan menjadi perhatian umum karenakerana sejumlah kecil tempat pemakaman ( dilaporkan sekitar 49 atau 56 buah ) menjadi tempat pemakaman mayat tentara yang telah berdinas dalam unit [[Waffen-SS]]. Walau protes dari berbagai pihak, yang paling menonjol dari pemenang hadiah Nobel Perdamaian, [[Elie Wiesel]], Reagan meneruskan kunjungan ke tempat itu yang diharapkan akan mengembangkan rekonsiliasi antara mantan musuh.
 
== Peninggalan dan Pensiun dari Kehidupan Umum ==
Baris 103 ⟶ 107:
Reagan disebut sebagai pendiri Partai Republican modern. Pendefinisiannya kembali mengenai konservatisme fiskal sebagaimana yang sedang difokuskan pada pemotongan pajak tanpa hal berarti pada anggaran belanja yang diseimbangkan ("Reaganomics"); sikap oposisinya pada perpajakan progresif, perlindungan dan peraturan lingkungan yang lebih besar, dan aborsi; pentingnya moral mayoritas dari pendukungnya dalam koalisi pemerintahannya; dan memantapkan dukungannya pada sistem pertahanan rudal nuklir.
 
Pada [[1992]], empat tahun setelah berhenti menjabat, Reagan didiagnosis menderita penyakit [[Alzheimer]]. Tahun demi tahun berjalan, secara lambat penyakit itu mulai menggerogoti [[otak]] dan tubuh mantan presiden ini. IaBeliau memberitahu khayalak mengenai keadaannya sendiri pada [[5 November]] [[1994]] lewat surat yang ditulisnya yang mengatakan ia menderita penyakit Alzheimer. Dan ia tak bisa bercakap secara lancar. Pada tahun [[2001]], ia terjatuh dan mencederai bagian pinggulnya yang membuatnya tak dapat bergerak.
 
Pada [[6 Februari]] [[1998]], Bandara Nasional Wasington di Washington, DC dinamai-ulang sebagai Bandara Nasional Ronald Reagan Washington. Juga, kapal induk [[USS Ronald Reagan]] (CVN-76) diberi nama ulang pada [[4 Mac]] 2001, membuatnya salah satu dari sangat sedikitnya kapal [[AL]] AS yang dinamai-ulang dengn nama orang hidup.
Baris 110 ⟶ 114:
 
== Kematian ==
Reagan meninggal di rumahnya di Bel Air, [[Los Angeles]] pada [[5 Jun]] [[2004]] pada pukul 13:09 waktu setempat. IaBeliau meninggal karenakerana [[pneumonia]], dengan didampingi oleh istrinya Nancy dan anak-anaknya Patti dan Ron. IaBeliau juga meninggalkan anaknya Michael, dari pernikahan pertamanya dengan Wyman; sementara Maureen telah meninggal pada 2001.
 
Reagan dimakamkan dengan upacara kenegaraan negara penuh pada [[9 Jun]], yang pertama sejak [[Lyndon Johnson]]. Dengan kehadiran 4.000 orang, kebaktian dilakukan di Katedral Nasional pada [[11 Jun]] dengan pidato oleh George W. Bush, George H. W. Bush, Margaret Thatcher dan Brian Mulroney. Sejumlah pemimpin nasional di masa lalu dan saat itu menghadiri kebaktian, termasuk [[Mikhail Gorbachev]]. IaBeliau dimakamkan pada malam itu saat terbenamnya matahari dalam upacara yang dihadiri oleh 600 orang, di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan di [[Simi Valley]], dengan dihadiri 3 anaknya yang masih hidup.
 
Nancy Reagan meletakkan [[Bendera Amerika Serikat|bendera]] pada peti jenazah Reagan yang dihiasi. Reagan memegang rekor sebagai presiden paling tua dalam sejarah Amerika. Usia [[John Adams]] 90 tahun dan 247 hari, yang dilampaui Reagan pada [[11 Oktober]] 2001.