Penggodam: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Pengembangan besar hasil pengembalian dan penyejagatan kandungan bahasa Melayu Indonesia
Baris 18:
 
*Dalam [[budaya penggodam]], penggodam ialah seorang yang telah mencapai status sosial tertentu dan dikenali di kalangan ahli budaya tersebut untuk komitmennya terhadap nilai budaya dan jumlah tertentu pengetahuan teknik.
 
== Motif ==
Empat motif utama telah diusulkan sebagai kemungkinan mengapa peretas mencuba menerobosi komputer dan jaringan dihubungkan kepada alat:<ref>Lloyd, Gene. "Mengembangkan Algoritma untuk Mengidentifikasi Lalu Lintas Internet yang Palsu". Universitas Teknis Colorado, 2014</ref>
 
# Ada keuntungan finansial yang bisa didapat ketika meretas sistem dengan tujuan khusus mencuri [[Nomor kartu pembayaran|nomor kartu kredit]] atau memanipulasi [[Bank|sistem perbankan]].
# Banyak peretas yang berhasil meningkatkan reputasi mereka dalam subkultur peretas dan akan meninggalkan pegangan mereka di situs web yang mereka defakasi atau meninggalkan beberapa bukti lain sebagai bukti bahwa mereka terlibat dalam peretasan tertentu.
# [[Pengintipan]] terhadap syarikat pesaing memungkinkan perusahaan memperoleh informasi tentang produk atau pekhidmatan yang dapat dicuri atau digunakan sebagai pengungkit di pasar.
# Serangan yang ditaja pemerintahan sesebuah negara bertujuan pengumpulan perang dan perisikan yang dilakukan pada, di, atau melalui [[dunia maya]].
 
== Jenis pelaku ==
[[Budaya peretas]] adalah ide yang berasal dari kalangan [[pengaturcara komputer]] dan [[perancang sistem]] pada 1960-an di sekitar [[Tech Institute Railroad Club]] (TMRC) dan [[Makmal Kecerdasan Buatan MIT|Makmal Kecerdasan Buatan]] [[Institut Teknologi Massachusetts]].<ref>{{Cite web|url=https://web.archive.org/web/20160507193534/https://slice.mit.edu/2015/04/06/happy-birthday-hack/|title=Happy 60th Birthday to the Word “Hack” — Slice of MIT from the MIT Alumni Association|date=2016-05-07|website=web.archive.org|access-date=2020-07-03}}</ref><ref>{{Cite web|url=http://www.catb.org/~esr/writings/cathedral-bazaar/hacker-history/ar01s02.html|title=The Early Hackers|website=www.catb.org|access-date=2020-07-03}}</ref> Konsep ini meluas jauh dalam kalangan awam di mana ia berfokus pada hal perkakasan pada akhir 1970-an (mis. [[Homebrew Computer Club]]) dan pada perisian ([[permainan video]], [[perengkahan perangkat lunak]], [[demoscene]]) pada dekad 1980-an hingga 1990-an.
 
=== Untuk tujuan keselamtan ===
Peretas keselamatan adalah orang yang terlibat dengan pengelakan keselamatan komputer. Di antara peretas keselamatan, ada beberapa jenis, termasuk:
 
==== Pelaku "topi putih" (''white hat hacker'') ====
Golongan ini bekerja untuk menjaga data aman dari sebarang pencerobohan dan pencurian dengan menemukan [[Kerentanan (komputasi)|kerentanan]] sistem yang dapat dikurangkan. Mereka biasanya dtugaskan oleh pemilik sistem target dan biasanya dibayar (kadang-kadang cukup baik) untuk pekerjaan mereka, maka pekerjaan mereka tidak haram kerana dilakukan dengan persetujuan pemilik sistem.
 
==== Pelaku "topi hitam" (''black'' ''hat hacker'', ''cracker'') ====
Golongan ini berniat jahat mencuri, mengeksploitasi, dan menjual [[data]], dan biasanya didorong oleh keuntungan peribadi. Pekerjaan mereka biasanya ilegal. Seorang cracker seperti seorang peretas topi hitam,<ref>{{Cite web|url=https://us.norton.com/online-threats|title=Online Threats|website=us.norton.com|language=en|access-date=2020-07-03}}</ref> tetapi secara khusus seseorang yang sangat terampil dan mencoba melalui peretasan untuk mendapatkan keuntungan atau untuk mendapatkan keuntungan, tidak hanya untuk merosak.
 
''Cracker'' menemukan exploit untuk kerentanan sistem dan sering menggunakannya untuk keuntungan mereka dengan menjual alatnya kepada pemilik sistem atau menjual exploit kepada para pelaku "topi hitam" lainnya, yang pada gilirannya menggunakannya untuk mencuri maklumat atau mendapatkan kesetiaan.
 
==== Pelaku "topi kelabu/abu-abu" (''grey hat hacker'') ====
Golongan ini termasuk mereka yang menggodam untuk bersenang-senang atau untuk [[Troll internet|troll]]. Mereka mungkin memperbaiki dan mengeksploitasi kerentanan, tetapi biasanya tidak untuk keuntungan kewangan. Bahkan jika tidak berbahaya, pekerjaan mereka masih bisa illegal, jika dilakukan tanpa persetujuan pemilik sistem target, dan topi abu-abu biasanya dikaitkan dengan peretas.
 
== Lihat pula ==
 
* [[Script kiddie]], penyerang keselamatan komputer tidak pakar
 
== Lihat juga ==
Baris 24 ⟶ 53:
* [[:Kategori: Penggodaman komputer]]
 
== Rujukan ==
<references />
== Pautan luar ==
* [http://www.tunoxs.mybsd.org.my/modules.php?name=News&file=article&sid=10 Penggodam (''Hackers'') lawan Penggertak (''Crackers'')?]