Perbezaan antara semakan "Nisbat"

4 bait ditambah ,  9 bulan lalu
k
tiada ringkasan suntingan
(Asas rencana hasil pengembalian dan penyejagatan kandungan bahasa Melayu Indonesia)
 
k
{{DIstinguishDistinguish|Nisbah}}
'''Nisbat''' ([[bahasa Arab]]: '''{{lang-ar|نسبة'''}}) merupakan sebuah istilah [[onomastik]] dalam Islam khususnya [[nama|penamaan]] dalam kalangan budaya [[orang Arab|masyarakat Arab]] menunjukkan tempat asal, [[suku]], atau [[keturunan]].
 
== Penggunaan ==
== Jenis ==
=== Nisbat kepada tempat ===
NisbahNisbat yangini menunjukkan tempat lahir, tempat asal, atau tempat menetap (jika pindah dari kota asalnya), atau tempat di mana dia terkenal di sana.
* Al-Batawi, berhubungan dengan Kota [[Jakarta|Batavia (Jakarta)]]. Misal: Si Doel Al-Batawi, ertinya "Doel yang berasal dari Jakarta".
* Al-Baghdadi, berhubungan dengan Kota [[Baghdad]]. Misal: Khatib Al-Baghdadi, ertinya "Khatib dari/di Baghdad".
 
=== Nisbat kesukuan ===
NisbahNisbat yang menunjukkan suku yang menjadi garis keturunannya:
* Al-Batawi, berhubungan dengan suku Betawi. Misal: Pitung Al-Batawi, berertinya "seorang bernama Pitung dari suku Betawi"
* Al-Qurasyi, berasal dari Suku Quraisy, misal: Ibnu Katsir Al-Qurasyi, bererti "seorang yang bernama Ibnu Katsir yang berasal dari suku Quraisy".
 
=== Nisbat kepada keadaan tertentu ===
NisbahNisbat jugaini digunakan untuk menjelaskan keterangan atau keadaan khusus dari seseorang. Misal; ideologinya, pekerjaan, hobi atau kelompoknya:
* Al-[[Hizbi]], ertinya seorang yang fanatik terhadap kelompok,
* [[Ash-Shabuni]], ertinya seorang pembuat/penjual Sabun.
* As-Sunnii, ertinya seorang yang mengikuti ideologi [[Sunni|Ahlus Sunnah wal Jama'ah]].
 
== NisbahNisbat berganda ==
Seseorang dapat menggunakan lebih dari satu nisbah untuk lebih menjelaskan. Misal: menyebutkan kota asalnya, sukunya, profesinya sekaligus. Contohnya, Ibrahim bin Muhammad Al-Qurasyi, Al-Makki, Ash-Shabuni, Al-Maliki (Ibrahim anak Muhammad dari Suku Quraisy, asal kota Mekkah, pengusaha Sabun, pengikut mazhab Imam Malik).