Skala panjang dan pendek: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Rencana baru, diterjemahkan dari en.wiki.
(Tiada perbezaan)

Semakan pada 13:22, 5 April 2021

Skala panjang dan pendek ialah dua dari beberapa sistem penamaan bilangan besar untuk bilangan bulat perpangkatan 10, yang menggunakan kata-kata yang sama dengan makna yang berbeda-beda.

Untuk bilangan bulat kurang dari seribu juta (< 109) dua skala tersebut identik (sama). Untuk bilangan sama dengan dan lebih dari seribu juta (≥ 109) dua skala tersebut terbagi/berbeda. Kedua skala tersebut menggunakan kata-kata atau penamaan yang sama untuk nomor yang berbeda; hal ini sering menyebabkan kesalahpahaman.

Negara-negara yang menggunakan skala panjang saat ini meliputi sebagian besar negara-negara di Eropa daratan dan sebagian besar dari negara-negara berbahasa Prancis, negara-negara berbahasa Spanyol, dan negara-negara berbahasa Portugis kecuali Brazil. Skala pendek sekarang digunakan di banyak negara-negara berbahasa Inggris, negara-negara berbahasa Arab, di Brazil, di negara-negara bekas Uni Soviet dan beberapa negara lain. Nama-nama angka tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa negara-negara di dunia, tetapi serupa di mana-mana karena etimologi yang sama (misalnya, miliar adalah billón dalam bahasa Spanyol). Beberapa bahasa, khususnya di Asia Timur dan Asia Selatan, memiliki sejumlah besar sistem penamaan yang berbeda dari kedua skala tersebut, misalnya sistem penomoran India.