Bahasa-bahasa Austroasia: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Mzss (bincang | sumb.)
Mzss (bincang | sumb.)
Baris 45:
 
== Kekerabatan dengan rumpun bahasa lain ==
Ada beberapa pakar yang menggolongkan rumpun bahasa Austro-Asia dengan rumpun bahasa Austronesia dan menamakannya rumpun bahasa besar atau superfamili Austrik. Mereka berpendapat bahwa semua bahasa di China bagian selatan sebenarnya berkerabat yaitu rumpun bahasa Austro-Asia, [[bahasa Austronesia]], [[bahasa Tai-Kadai]] dan [[bahasa Hmong-Mien]] (juga disebut Miao-Yao). Secara skematis rumpun bahasa Austrik secara hipotetiskesimpulannya adalah sebagai berikut:
 
*Austrik
Baris 53:
**Austro-Asia
 
Para penutur keempat rumpun bahasa yang diduga berkerabat ini bermukim di daerah yang sekarang termasuk [[Tiongkok]]Republik Rakyat China bagianbahagian selatan sampai kurang lebih pada antara tahun [[2000 SM]] – [[1000 SM]]. Kala itu kaum HanCina, yang merupakan penutur bahasa Sino-Tiber, dari TiongkokRRC utara menyerbu ke selatan dan para penutur bahasa Austrik tercerai-berai. Hal ini yang diduga sebagai alasan mengapa kaum Tai-Kadai lalu bermigrasi ke selatan dan para penutur bahasa Austro-Asia tercerai berai.
 
Kemudian para ahli linguistik memiliki argumenhujah lain yaituiaitu keberadaankewujudann kata-kata dasar [[dwisilabik]] yang mirip di mana bahasa Austronesia menyimpan kedua sukukata sedangkan bahasa Austro-Asia menyimpan sukukata pertama dan bahasa Tai-Kadai menyimpan suku kata kedua.
 
Contoh: