Kuil Suci: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Aurora (bincang | sumb.)
kemas
Aurora (bincang | sumb.)
kemas
Baris 1:
{{BM}}
{{rujukanRujukan}}
 
'''Kuil Suci''' atau '''Bait Allah''' adalah({{Hebrew Name 1|בית המקדש|Bet HaMikdash|"The Holy House"}}) ialah sebutan untuk pusat peribadahan Yahudi di YerusalemJerusalem kuno, di Bukit Bait Suci. Dalam [[bahasa Ibrani]], tempat ini disebut Bait Suci (Beit HaMikdash בית המקדש). Bangunan ini digunakan untuk beribadah dan mempunyai fungsi utama untuk mempersembahkan [[korban]] korbanot. Selama beberapa abad tempat ini menjadi pusat ibadah agama Yahudi.
 
Menurut Kitab Suci Ibrani ([[Perjanjian Lama]]), Bait Suci ini dibangun oleh Salomo (Nabi Sulaiman) pada [[abad ke-10 SM]] untuk menggantikan KemahKhemah Suci yang dibangun oleh Nabi Musa.
[[Fail:Secondtempleplan.jpg|right|thumb|270px|Gambar Bait Allah Kedua yang dibangunkan Herodes]]
 
== Etimologi ==
 
Istilah Alkitab yang digunakan untuk Bait Suci adalah Beit Adonai atau Rumah Allah. KarenaKerana orang Yahudi dilarang menyebutkan nama yang kudus, dalam bahasa Ibrani, tempat ini disebut Beit HaMikdash atau Rumah Suci. Tempat ini adalah peribadahan satu-satunya di YerusalemJerusalem yang disebut dengan nama Rumah Suci.
 
== Bait Suci Pertama dan Kedua ==
 
Ada dua Bait Suci yang berdiri berturut-turut di Bukit Bait Suci di YerusalemJerusalem:
 
* Bait Suci Salomo yang dibangun sekitar abad ke-10 seb.M.SM untuk menggantikan KemahKhemah Suci. Bangunan ini dihancurkan oleh bangsa Babel di bawah Nebukadnezar pada tahun 586 seb.M.SM.
 
* Bait Suci Kedua dibangun setelah bangsa Yehuda kembali dari pembuangan di Babel, sekitar tahun 536 seb.M.SM (selesai pada 12 MaretMac 515 seb.M.SM).
 
* Bait Suci Herodes adalah perluasan dari Bait Suci Kedua termasuk renovasi atas seluruh Bukit Bait Suci. (Bangunan ini tidak disebut "Bait Suci Ketiga".) Herodes Agung memulai proyek perluasannya sekitar tahun 19 seb.M.SM. Bangunan ini dihancurkan oleh pasukan-pasukan Romawi di bawah Kaisar Titus pada tahun 70 M. Namun sebagian sejarahwan menduga bahwa orang-orang Yahudi sendiri telah membakar Bait Suci Kedua agar tidak dicemari.
 
== Membangun kembali Bait Allah Ketiga ==
Baris 24 ⟶ 25:
Masalah sekitar status Bait Allah yang ketiga diliputi oleh misteri, ketidakpastian, kontroversi, dan perdebatan, namun semuanya berakar pada teks-teks Kitab Suci Ibrani, mahupun dalam keilmuan dan doa-doa Yahudi tradisional.
 
Kaisar Rom Yulianus (331-363) pernah merencanakan, namun kemudian dibatalkan, untuk mengizinkan orang-orang Yahudi membangun kembali "Bait Suci Ketiga", sebagai bagian dari programnya di seluruh kekaisaran untuk memulihkan/menghidupkan kembali agama-agama setempat. Ada alasan untuk menduga bahawa Yulianus ingin membangun kembali "Bait Suci Ketiga" untuk tujuannya sendiri yaitu mengangkat dirinya menjadi dewa, dan bukan untuk peribadahan menyembah Allah orang Yahudi. RabiRabai Hilkiyah, salah seorang rabirabai terkemuka pada masa itu, menolak uang Yulianus, dengan mengatakan bahwa orang nonbukan Yahudi tidak boleh ikut serta di dalam pembangunan kembali bait suci.
 
== Pandangan Yahudi ==
Baris 30 ⟶ 31:
Sejak dihancurkannya Bait Suci ini pada tahun 70 M., orang Yahudi terus berdoa agar Allah mengizinkan mereka membangunnya kembali. Doa ini adalah bagian resmi dari doa-doa Yahudi tiga kali sehari.
 
Namun tidak semua rabirabai setuju tentang apa yang akan terjadi terhadap Bait Suci yang dibangun kembali itu. Secara tradisional dianggap bahwa lembaga kurban binatang akan dihidupkan kembali, sesuai dengan aturan-aturan dalam Kitab Imamat dan Thalmud. Namun ada pendapat lain, mulai dari Maimonides, bahwa Allah dengan sengaja telah mengalihkan orang Yahudi dari kurban kepada doa, kerana doa adalah bentuk ibadah yang lebih tinggi. Jadi, sebagiansebahagian [[rabirabai]]([['''Rabai''']]) (guru umat Yahudi) berpendapat bahwa kurban tidak dilakukan lagi di Bait Suci yang dibangun kembali. RabiRabai Abraham Isaac Kook, rabirabai kepala pertama dari komuniti [[Yahudi]] di [[Israel]], pada masa sebelum negara itu terbentuk, mengatakan bahawa pengurbanan binatang tidak akan dilakukan lagi. Namun pandangan ini tidak diikuti oleh kebanyakan rabirabai. Salah satunya adalah rabirabai Haredi.
 
(Pandangan RabiRabai Kook tentang ibadah di Bait Suci kadang-kadang dipahami secara keliru. Bila orang membaca secara sepintas bagian dari "Olat Ri'iah" akan tampak bahwa hanya kurban biji-bijian yang akan dipersembahkan di dalam ibadah Bait Suci yang dipulihkan. Untuk memahami dengan benar posisi RabiRabai Kook tentang masalah ini, kita perlu membaca sebuah esai terkait dari "Otzarot Hari'iah")
 
Segelintir kecil kelompok Yahudi membangun pembangunan Bait Suci Ketiga di masa ini, tetapi kebanyakan orang Yahudi menentangnya, karenakerana berbagai alasan. Kebanyakan orang Yahudi yang saleh yakin bahwa Bait Suci itu hanya boleh dibangun kembali di masa mesianik, dan karenakerana itu terlalu sombong bila orang "seolah-olah" memaksakan tangan Allah membangunnya. Lebih jauh, ada banyak persyaratan ritual yang terkait dengan kesucian mereka yang membangunnya, sehingga pembangunan Bait Suci itu praktis tidak mungkin dilakukan.
 
Banyak orang Yahudi yang menentang pembangunan Bait Suci ini karenakerana reaksi negatif dari kaum Muslim yang mungkin akan muncul. Andaikan pun bangunan itu melengkapi bangunan-bangunan yang dianggap suci di dalam Islam yang saat ini berdiri di lokasi Bukit Suci itu, akan muncul kecurigaan besar bahwa proyek bangunan seperti itu akhirnya akan menghancurkan bangunan-bangunan itu dan digantikan oleh Bait Suci yang didirikan kembali di situ.
 
===Agama Yahudi Ortodoks===
Baris 49 ⟶ 50:
== Pandangan Kristian & Kristian Protestan ==
===Pandangan Kristian Protestan===
Pandangan yang dominan di lingkungan orang-orang Kristian Protestan ialah bahawa kurban binatang di lingkungan Bait Suci merupakan gambaran bagi pengurbanan yang dilakukan Yesus kelak bagi dosa-dosa semua orang, melalui kematiannya. Karenakerana itu, mereka percaya bahwa keberadaan Bait Suci tersebut secara fisik serta ritual-ritualnya tidaklah diperlukan lagi.
 
Orang-orang [[Protestan]] yang percaya akan pembangunan kembali Bait Suci di masa depan (mis. kaum dispensasionalis berpendapat bahwa sistem kurban tidaklah sepenuhnya dihapuskan dengan pengorbanan Yesus bagi dosa manusia, melainkan tetap merupakan bahan pelajaran seremonial bagi pengakuan dosa dan pengampunan (mirip dengan baptisan air dan Perjamuan Kudus sekarang); dan dengan demikian kurban binatang masih tetap perlu bagi pembersihan ritual dan bagi akta perayaan dan pengucapan syukur kepada Allah. Kaum dispensasionalis percaya bahwa itulah yang akan terjadi dengan Kedatangan Kristus yang kedua kali ketika Yesus memerintah di muka bumi dari kota Yerusalem.
 
===Pandangan Rom Katolik dan Ortodoks Timur===
Gereja-gereja Katolik dan Ortodoks percaya bahwa Ekaristi, yang mereka yakini sehakikat dengan pengorbanan diri Kristus pada [[salib]], jauh lebih baik dibandingkan dengan sekadar kurban-kurban persiapan di bait suci, seperti yang dijelaskan dalam Surat [[Ibrani]]. Mereka juga percaya bahwa gedung-gedung gereja Kristen tempat Ekaristi dirayakan adalah pengganti yang sah dari bait suci, hingga gedung-gedung gereja mereka pun kadang-kadang disebut "bait suci". Karenakerana itu mereka tidak menganggap penting pembangunan kembali Bait Suci YerusalemJerusalem di masa depan.
 
===Pandangan Restorasionis Mormon (OSZA)===
Joseph Smith, Jr. mengajarkan bahwa bukan saja Bait Suci di YerusalemJerusalem akan dibangun kembali, tetapi bahwa padanannya, sebuah bait suci yang lain, akan dibangun di Amerika Serikat. Keyakinan ini dipegang oleh lebih dari 12 juta lebih anggota dari berbagai varian dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir ("Gereja OSZA"). Tempat Bait Suci yang dinubuatkan itu akan dibangun adalah di Independence, Missouri; lokasi ini adalah milik Church of Christ (Temple Lot). Dengan demikian, tanah yang di atasnya diharapkan oleh Gereja Mormon akan dibangun Bait Suci, saat ini tidak dimiliki oleh Gereja Mormon. Mulanya, Bait Suci di Independence ini direncanakan akan dibangun pada tahun 1830-an. Pembangunan Bait Suci itu oleh Gereja Mormon ditunda untuk menunggu waktu yang lebih tepat. Sebuah upaya berikutnya untuk membangun bait suci ini oleh salah satu cabang dari [[Gereja]] Mormon pada akhir tahun 1920-an tidak terwujud, karenakerana saat itu terjadilah Depresi Besar. Bait Suci ini juga dikenal sebagai bait suci YerusalemJerusalem Baru, atau Sion, dan di sekitarnya sebuah kota yang indah akan dibangun. Kurban binatang tidak disebutkan secara eksplisit dalam kitab-kitab suci, namun kitab Ajaran dan Perjanjian ps. 13:1 merujuk kepada masa ketika "anak-anak Lewi mempersembahkan kembali persembahan kurban kepada Tuhan di dalam kebenaran."
 
== Pembangunan kembali Bait Suci di masa kini ==
 
Umat [[Muslim]] membangun [[Kubah]] Shakhrah dan [[Masjid Al-Aqsa]] di lokasi dari Bait Suci Yahudi yang telah dihancurkan dulu.
Setiap upaya untuk menghancurkan dan menggantikan tempat-tempat suci Muslim ini dengan sebuah bait suci Yahudi akan berbahaya dalam iklim politik dan keagamaan sekarang. Namun demikian, tak mungkin orang Yahudi membangun kembali Bait Suci di tempat yang lain karenakerana kerana hal itu bertentangan dengan pandangan hukum Yahudi yang diakui, termasuk pandangan para tokoh hukum terkemuka Yahudi, Sanhedrin yang kini telah dibentuk kembali. Kompleksitas yang muncul di sekitar pembangunan kembali Bait Suci merupakan suatu tantangan yang tampaknya tak mungkin diatasi.
 
== Kontroversi para pemodenisasi tentang lokasi Bait Suci ==
Baris 78 ⟶ 79:
Penggalian-penggalian arkeologi telah menemukan 100 mikvaoth (tempat baptisan ritual) di sekililing daerah yang dikenal sebagai Bukit Bait Suci atau Al-Haram asy-Syarif. Ini adalah bukti yang kuat bahwa wilayah ini dianggap sebagai tempat yang sangat suci di zaman dahulu dan tak mungkin berfungsi sebagai wilayah sekular. Namun demikian, hal ini tidak menunjukkan di mana persisnya daerah Bait Suci itu dulu berdiri.
 
Artikel-artikel penting tentang masalah lokasi Bait Suci YerusalemJerusalem terdapat dalam majalah Biblical Archaeology Review, dalam nombor-nombor berikut: Julai/Ogos 1983, November/Disember 1989, Mac/April 1992, Julai/Ogos 1999, September/Oktober 1999, Mac/April 2000, September/Oktober 2005. Beberapa dari artikel ini mendukung teori Profesor Asher Kaufman bahwa Bait Suci terletak di Bukit Bait Suci, tetapi sedikit lebih ke utara daripada Kubah Shakhrah (yang sesungguhnya merupakan bagian dari "Batu yang Hilang" pada masa Bait Suci Kedua.
 
== Kontroversi terbaru ==
Baris 116 ⟶ 117:
 
== Lihat juga ==
* [[Al Haram Al Sharif]]
 
** [[TebingMasjid BaratAl-Aqsa]](West Bank)
** [[MasjidQubbat AlAs-AqsaSakhrah]] (Kubah Batu)
** [[Tembok Meratap]] (Tembok Barat)
* [[Dome of the Rock / Kubah Shakhrah]]
* [[Bait Suci ketiga]]
* [[Ringkasan tentang berbagai eskatologi Kristian]]
 
{{Yahudi dan agama Yahudi}}
 
{{coord|31.77765|N|35.23547|E|region:IL_type:landmark|source:placeopedia|display=title}}
 
[[Kategori:Baitulmuqaddis]]
[[Kategori:Eskatologi Kristian]]
[[Kategori:Sejarah Yahudi]]
[[Kategori:Teologi Yahudi]]
 
{{Link FA|ru}}
[[ar:معبد القدس]]
[[bg:Йерусалимски храм]]
[[ca:Temple de Jerusalem]]
[[cs:Jeruzalémský chrám]]
[[da:Templet i Jerusalem]]
[[de:Israelitischer Tempel]]
[[et:Jeruusalemma tempel]]
[[en:Temple in Jerusalem]]
[[es:Templo de Jerusalén]]
[[eo:Templo de Jerusalemo]]
[[eu:Jerusalemeko Tenplua]]
[[fa:پرستش‌گاه اورشلیم]]
[[fr:Temple de Jérusalem]]
[[fur:Templi di Jerusalem]]
[[gl:Templo de Xerusalén]]
[[ko:예루살렘 성전]]
[[id:Bait Allah]]
[[it:Tempio di Gerusalemme]]
[[he:בית המקדש]]
[[sw:Hekalu la Yerusalemu]]
[[lv:Jeruzālemes templis]]
[[lt:Jeruzalės šventykla]]
[[mk:Ерусалимски храм]]
[[nl:Joodse tempel]]
[[ja:エルサレム神殿]]
[[no:Tempelet i Jerusalem]]
[[nn:Tempelet i Jerusalem]]
[[pl:Świątynia Jerozolimska]]
[[pt:Templo de Jerusalém]]
[[ru:Иерусалимский храм]]
[[sq:Tempulli i Jeruzalemit]]
[[simple:Temple in Jerusalem]]
[[sk:Jeruzalemský chrám]]
[[sh:Jeruzalemski Hram]]
[[sv:Jerusalems tempel]]
[[vi:Đền thờ Jerusalem]]
[[tr:Kudüs Tapınağı]]
[[uk:Єрусалимський храм]]
[[yi:בית המקדש]]
[[zh:聖殿]]