Jahanam: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Md. Farhan (bincang | sumb.)
Laman baru: {{Islam}} '''Jahannam''' merupakan neraka yang memiliki seksaan yang amat dahsyat. Dipimpin oleh Malaikat Malik dan memiliki 19 malaikat penyiksa, salah satunya ...
 
Aurora (bincang | sumb.)
kemas
Baris 1:
{{Islam}}
 
'''Jahannam''' merupakan [[neraka]] yang memiliki seksaan yang amat dahsyat. Dipimpin oleh [[Malaikat]] [[Malaikat Malik| Malik]] dan memiliki 19 malaikat penyiksa, salah satunya adalah [[Zabaniah]].
 
== Etimologi ==
Jahannam berasal dari [[bahasa Arab]]( '''جهنم'''), berakar dari huruf J-H-M, memiliki banyak maksud. Salah satunya adalah:
* Secara harfiah bermaksud memiliki penampilan jahat atau berwajah murung.
* Kegelapan dan ''Jahm'' digunakan untuk bahagian tergelap dari [[malam]].
* [[Awan]] yang tak berair.
 
Jika kesemua maksud tersebut dijadikan satu, maka menjadi - Jahannam merupakan tempat yang teramat menyeramkan dan gelap. Kerana jahannam memiliki penampakan yang dapat menciutkan nyali dan tidak mempunyai [[air]]/ kering kerontang.
 
Ketika Allah berfirman dalam Al Qur'an tentang [[AtheisAteisme]], ''fahasbahu jahannam'', yang bermaksud “Ketika Jahannam cukup untuk mereka - Inilah tempat yang pantas untuk mereka, sebuah tempat yang tak berair, menakutkan, seksaan yang [[suram]] yang akan menghancurkan [[ego]] mereka.”
 
== Bentuk Neraka Jahannam ==
Dikisahkan dalam sebuah [[hadits]] bahawa sesungguhnya neraka jahanam itu adalah [[hitam]] [[gelap]] dan [[pekat]], tiada [[cahaya]] dan tiada pula neraka itu menyala/terang.
 
[[Rasulullah saws.a.w.]] bersabda, “[[Api]] kamu ini hanyalah satu bagian dari tujuh puluh bahagian api di neraka jahannam.”
Para sahabat mengatakan, ”Yang ini pun sudah cukup berat panasnya.”
 
Nabi berkata lagi, ”Bahkan api neraka itu melebihi sebanyak enam puluh sembilan kali ganda panasnya api [[dunia]].”
 
“Api neraka jahannam juga telah dinyalakan seribu tahun sehingga menjadi merah. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi putih. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi hitam, seperti malam yang gelap gelita.” (HR. [[Imam Tirmidzi|Tirmidzi]]).
 
Jahanam memiliki 7 buah pintu dan pada setiap pintu itu terdapat 70,000 [[gunung]], pada setiap gunung itu pula terdapat 70,000 [[lereng]] api dan pada setiap lereng itu terdapat 70,000 belahan tanah yang terdiri dari api, pada setiap belahannya pula terdapat 70,000 [[lembah]] dari api.
 
Disetiap lembah itu terdapat 70,000 [[gudang]] dari api, dan pada setiap gudang itu pula terdapat 70,000 [[kamar]] dari api, pada setiap bilik itu pula terdapat 70,000 ekor [[ular]] dan [[kalajengking|kala]], dan setiap kala itu mempunyai 70,000 ekor dan setiap ekor pula memiliki 70,000 ruas. Pada setiap ruas kala jengking tersebut mempunyai 70,000 qullah [[dapatbisa]].
 
== Penjaga/Penyiksa Jahannam ==
Neraka Jahannam di jaga ketat dan memiliki malaikat penyiksa yang sangat patuh terhadap [[Allah]], tubuh mereka berdiri sangat tegap, ber[[perawak]]anberperawakan besar serta ekspresi wajahnya sangat menakutkan, memiliki suara yang amat [[garang]] dan memiliki temperamen yang [[kasar]], [[sadis]] dan keras. TercantumTersebut dalam [[Al-Qur'an]]:
 
Neraka Jahannam di jaga ketat dan memiliki malaikat penyiksa yang sangat patuh terhadap [[Allah]],
tubuh mereka berdiri sangat tegap, ber[[perawak]]an besar serta ekspresi wajahnya sangat menakutkan, memiliki suara yang amat [[garang]] dan memiliki temperamen yang [[kasar]], [[sadis]] dan keras. Tercantum dalam [[Al-Qur'an]]:
{{cquote|Hai orang-orang yang ber[[iman]], peliharalah dirimu dan [[keluarga]]mu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (At Tahrim:66:6)}}
 
== Lihat juga ==
 
==Lihat juga==
* [[Syurga]]
* [[Neraka]]
 
== Rujukan ==
1.* http://www.darulnuman.com
2.* http://www.dakwatuna.com
 
[[Kategori:Islam]]
2. http://www.dakwatuna.com
[[Kategori:Neraka]]
 
[[id:Jahannam]]
{{islam-stub}}
 
[[Kategori:Islam]]