Monsun: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Smim90 (bincang | sumb.)
Mencipta laman baru dengan kandungan ' '''Monsun''' (juga disebut '''angin musim''') adalah jenis angin yang bertiup secara berkala, terutama di Samudera Hindia dan sebelah selatan Asia. Ka...'
 
Smim90 (bincang | sumb.)
Baris 15:
 
== Sistem monsun ==
Dengan semakin bertambahnya pengetahuan mengenai musonmonsun, definisi "musonmonsun" telah melebar, dan kini termasuk segala fenomena yang terkaitberkaitan dengan siklus cuaca tahunan di benua [[Asia]], [[AustraliaAustralasia]], dan [[Afrika]] yang tropistropika dan subtropissubtropika serta lautan dan samudrasamudera di wilayah-wilayah tersebut. Di daerah-daerah inilah siklus-siklus peristiwa cuaca yang paling hebat dan dramatisdramatik di [[Bumi]] terjadi.
 
Selain itu, sistem musonMonsun juga diketahui selaluselalunya terjadi saat pembentukan [[benua raksasa|benua-benua raksasa]] seperti [[Pangea]] bersama dengan [[cuaca kontinental]] yang ekstrim.
 
=== Monsun Musim Dingin Timur Laut(Angin MusonMonsun Barat) (Asia) ===
Angin MusonMonsun Barat adalah angin yang bertiup padasekitar periode Bulanbulan [[Oktober]] - [[April]] (di [[Malaysia]], [[Brunei]] dan [[Indonesia)]]. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan benua Australia musim panas, sehingga bertekanan minimum dan Benua asia lebih dingin, sehingga tekananya maksimum. Menurut hukum [[Buys Ballot]], angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekenan minimum, sehingga angin bertiup dari benua Asia menuju benua AustraliaAustralasia, dan karenakerana menuju ke Selatan Khatulistiw[[Khatulistiwa]]/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kiri. Pada periodewaktu ini, Indonesia dan Malaysia khususnya akan mengalami musim hujan akibat adanya massa uapwap air yang dibawa oleh angin ini, saat melalui lautan luas di bagianbahagian utara (SamudarSamudera (Lautan) Pasifik dan Laut Cina Selatan).
 
 
=== Monsun Musim Panas Barat Daya(Angin MusonMonsun Timur) ===
Angin Monsun Timur adalah angin yang bertiup pada bulan [[April]] - [[Oktober]] di ([[Indonesia]]) dan [[Malaysia]] khususnya. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan benua AustraliaAustralasia musim dingin, sehingga bertekanan maksimum dan Benua asia lebih panas, sehingga tekananya minimum. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekenan minimum, sehingga angin bertiup dari benua Australia[[Australasia]] menuju benua [[Asia]], dan karena menuju Utara KhatulistiwKhatulistiwa/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kanan. Pada periodewaktu ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau akibat angin tersebut melalui gurun pasir di bagian utara Australia yang kering dan hanya melalui lautan sempit.
 
=== Monsun Amerika Utara ===