Monsun: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Aurora (bincang | sumb.)
k Angin Monsun dipindahkan ke Angin monsun: kata nama am
Aurora (bincang | sumb.)
kemas
Baris 1:
[[Fail:Vindhya.jpg|thumb|right|200px|Monsun di banjaran gunung [[Vindhya]], [[India]] tengah]]
'''Monsun''' (juga disebut '''angin musim''') adalahialah jenissejenis [[angin]] yang bertiup secara berkala, mungkin selama beberapa bulan, terutama di [[SamuderaLautan HindiaHindi]] dan sebelah selatan [[Asia]]. Kata ini juga digunakan untuk menyebut [[musim]] di saat angin ini bertiup dari arah barat daya di [[India]] dan wilayah-wilayah sekitarnya yang diperlihatkan melalui [[curahan [[hujan]] yang besar, dan hujan yang dikaitkan dengan angin jenis ini.
 
== Sejarah ==
Baris 18 ⟶ 19:
Selain itu, sistem Monsun juga diketahui selalunya terjadi saat pembentukan [[benua raksasa|benua-benua raksasa]] seperti [[Pangea]] bersama dengan [[cuaca kontinental]] yang ekstrim.
 
=== Monsun Musim Dingin Timur Laut(Angin Monsun Barat) (Asia) ===
Angin Monsun Barat adalah angin yang bertiup sekitar bulan [[Oktober]] - [[April]] di [[Malaysia]], [[Brunei]] dan [[Indonesia]]. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan benua Australia musim panas, sehingga bertekanan minimum dan Benua asia lebih dingin, sehingga tekananya maksimum. Menurut hukum [[Buys Ballot]], angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekenan minimum, sehingga angin bertiup dari benua Asia menuju benua Australasia, dan kerana menuju ke Selatan [[Khatulistiwa]]/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kiri. Pada waktu ini, Indonesia dan Malaysia khususnya akan mengalami musim hujan akibat adanya massa wap air yang dibawa oleh angin ini, saat melalui lautan luas di bahagian utara (Samudera (Lautan) Pasifik dan Laut Cina Selatan).
 
=== Monsun Musim Panas Barat Daya(Angin Monsun Timur) ===
 
=== Monsun Musim Panas Barat Daya(Angin Monsun Timur) ===
Angin Monsun Timur adalah angin yang bertiup pada bulan [[April]] - [[Oktober]] di [[Indonesia]] dan [[Malaysia]] khususnya. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan benua Australasia musim dingin, sehingga bertekanan maksimum dan Benua asia lebih panas, sehingga tekananya minimum. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekenan minimum, sehingga angin bertiup dari benua [[Australasia]] menuju benua [[Asia]], dan karena menuju Utara Khatulistiwa/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kanan. Pada waktu ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau akibat angin tersebut melalui gurun pasir di bagian utara Australia yang kering dan hanya melalui lautan sempit.
 
Baris 28:
{{sect-stub}}
 
== ReferensiRujukan dan pranalapautan luar ==
*{{en}} Teks awal dari [http://daac.gsfc.nasa.gov/ Distributed Active Archive Center] milik ''Goddard Space Flight Center'' yang berada dalam domain umum
*{{en}} [http://geography.asu.edu/azclimate/aboutmon.htm Tentang Muson Amerika Utara] - Arizona State University
Baris 34:
*{{en}} [http://www.pbs.org/wnet/nature/monsoon/html/intro.html Muson Hindia di PBS.org]
 
[[Kategori:Bencana alam]]
[[Kategori:Angin]]
[[Kategori:BencanaBahaya alamcuaca]]
[[Kategori:Frasa dan kata Arab]]
[[Kategori:Iklim]]
 
[[ar:ريح موسمي]]