Asqalan: Perbezaan antara semakan

214 bait ditambah ,  13 tahun lalu
kembangkan
k (bot menambah: id:Ashkelon; perubahan kosmetik)
(kembangkan)
[[Fail:Ashkelonskyline.jpg|thumb|Ashqelon]]
'''Ashkelon''' atau '''Ashqelon''' ([[bahasa{{lang-he-n|אַשְׁקְלוֹן}}; Ibrani]]Latin: '''אַשְׁקְלוֹן'''Ascalon) ialah sebuah kotabandar di [[Daerah Selatan, Israel|Daerah Selatan]], [[Israel]]. KotaBandar ini terletak di pesisiran pantai [[Laut Tengah]] yakni di selatan [[Ashdod]] dan di utara [[semenanjungGenting Gaza]]. Ashkelon memiliki sekitar 110,200 orang penduduk (2008).
 
Ashkelon moden didirikan sebagai komuniti pertanian setelah pembentukan wilayah haram Israel pada bulan Mei [[1948]], dan merupakan permukiman kota yang didirikan buat pertama kali pada tahun [[1950-an]] di atas kotabandar [['''al-Majdal]]''' ({{lang-ar|المجدل}} atau {{lang-ar|مجدل عسقلان}}).
Ashkelon memiliki sekitar 105,000 orang penduduk.
 
KotaBandar ini memiliki 19 sekolah dasar, 9 SMP dan SMA. Salah satu sekolah di Ashkelon adalahialah "Omanuyot", secara harfiahnya bererti "seni", yang mengajar semua usia dari 6 hingga 18.
Ashkelon moden didirikan sebagai komuniti pertanian setelah pembentukan wilayah haram Israel pada bulan Mei [[1948]], dan merupakan permukiman kota yang didirikan buat pertama kali pada tahun [[1950-an]] di atas kota [[al-Majdal]].
 
Di pusat kotabandar ada pusat penjualan, muzium dan peninggalan [[arkeologi]]. Di pesisir pantainya pula ada terdapatnya sejumlah restoran, hotel dan marina yang besar.
Kota ini memiliki 19 sekolah dasar, 9 SMP dan SMA. Salah satu sekolah di Ashkelon adalah "Omanuyot", secara harfiahnya bererti "seni", yang mengajar semua usia dari 6 hingga 18.
 
Ada penemuan arkeologi dan konservasipemeliharaan di sini, yang membuat Ashkelon begitu unik, seperti taman nasionalnegara dengan sejumlah relik dari Ashkelon kuno. Ashkelon adalah salah satu kotabandar tertua di dunia, disebutkan dalam [[Alkitab]] dan mempunyai erti sejarah yang amat penting. KotaBandar ini dihancurkan oleh [[Mamluk]] pada tahun [[1270]].
Di pusat kota ada pusat penjualan, muzium dan peninggalan [[arkeologi]]. Di pesisir pantainya pula ada terdapatnya sejumlah restoran, hotel dan marina yang besar.
 
== Lihat juga ==
Ada penemuan arkeologi dan konservasi di sini, yang membuat Ashkelon begitu unik, seperti taman nasional dengan sejumlah relik dari Ashkelon kuno. Ashkelon adalah salah satu kota tertua di dunia, disebutkan dalam [[Alkitab]] dan mempunyai erti sejarah yang amat penting. Kota ini dihancurkan oleh [[Mamluk]] pada tahun [[1270]].
* [[Daerah Selatan, Israel]]
 
== PranalaPautan luar ==
{{commonscat|Ashkelon}}
* {{en}} [http://www.ashkelon.muni.il/htmls/english/MainMenu.asp Laman rasmi Ashkelon] (Lihat "Site Map")
* [http://www-oi.uchicago.edu/OI/PROJ/ASH/NN_Spr95/NN_Spr95.html David Schloen, "Recent discoveries at Ashkelon"]
 
[[Kategori:KotaBandar di Israel]]
== Lihat juga ==
[[Daerah Selatan,Kategori:Konflik Israel-Palestin]]
 
 
[[Kategori:Kota di Israel]]
 
[[ar:عسقلان]]
65,440

suntingan