Indonesian Idol merupakan sebuah rancangan Pop Idol (Inggris) dengan penaja dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI. Rancangan ini dikatakan[nyatakan menurut siapa?] rancangan realiti televisyen terbesar di Indonesia dan berikutan dengan kehadiran rancangan ini, beberapa rancangan realiti seakan ini banyak muncul di indonesia.

Indonesian Idol
Indonesian Idol
FormatRancangan realiti
PenciptaSimon Fuller
PengacaraDaniel Mananta
Dewi Sandra
JuriErwin Gutawa
Agnes Monica
Anang Hermansyah
Negara asalIndonesia
Bilangan musim12
Penerbitan
Penerbit eksekutifAurora Maris
Maria E. Febriyani
Tempoh siaran60 minit (Spectakuler show)
120 menit (Result Show)
Penyiaran
Saluran asalRCTI
Siaran asal9 April 2004 – kini
Pautan luar
[Laman Rasmi Laman sesawang]

Indonesian Idol memenangi anugerah Panasonic Awards untuk kategori Music & Variety Show Terbaik selama 2 tahun berturut-turut, mengalahkan Akademi Fantasi Indosiar serta Kontes Dangdut TPI yang berada dalam bidang yang sama. Indonesian Idol juga mendapatkan penghargaan daripada Lembaga Pelancongan Singapura ketika kesemua sebelas orang finalis Indonesian Idol berada di Singapura untuk menjadi pembuka tur dunia American Idol musim ketiga.

Namun setelah musim kelima, rancangan ini dihentikan kerana ratingnya yang menurun,[1] namun kembali diteruskan di musim yang keenam pada tahun 2010.

Pengisi acara sunting

Pengacara sunting

Musim MC (L) MC (P)
Pertama, 2004
Irgy Ahmad Fahrezi
Amelia Natasha
Kedua, 2005
Ketiga, 2006
Daniel Mananta
Keempat, 2007
Kelima, 2008
Dewi Sandra
2009
Tidak Diadakan
Keenam, 2010
Daniel Mananta
-

Dewan Juri sunting

Musim Ketua Juri Anggota Juri (1) Anggota Juri (2) Anggota Juri (3)
Pertama, 2004
Indra Lesmana
Titi DJ
Dimas Djayadiningrat
Meuthia Kasim
Kedua, 2005
Ketiga, 2006
Indy Barends
Keempat, 2007
Anang Hermansyah
Jamie Aditya
Kelima, 2008
2009
Tidak Diadakan
Keenam, 2010
Erwin Gutawa
Agnes Monica
Anang Hermansyah
Rossa
  • Yovie Widianto (musim kedua, hanya tahap audisi sampai babak workshop)

Pemenang sunting

Musim Pemenang Lagu Kemenangan Album Sulung Tempat Kedua
Pertama, 2004
Joy Tobing
Karena Cinta
Terima Kasih / 2004
Delon Thamrin
Kedua, 2005
Mike Mohede
Semua Untuk Cinta
Mike / 2005
Judika Sihotang
Ketiga, 2006
Ihsan Tarore
Kemenangan Hati
The Winner / 2006
Dirly Sompie
Keempat, 2007
Rini Wulandari
Aku Tetap Milikmu
Aku Tetap Milikumu / 2007
Wilson Maiseka
Kelima, 2008
Aris Runtuwene
Harap Kan Sempurna
"Proses Produksi"
Gisella Anastasia
2009
Tidak Diadakan
Keenam, 2010
Dalam Proses

Babak-babak sunting

Indonesian Idol
Finalis Indonesian Idol
(disertai tanggal eliminasi)
Musim Pertama (2004)
Joy Tobing Pemenang
Delon Thamrin 4 September
Nania Yusuf 21 Ogos
Helena Andrian 14 Ogos
Michael Jakarimilena 7 Ogos
Lucky Octavian 31 Julai
Bona Sardo 24 Julai
Karen Poeroe 17 Julai
Winda Viska 10 Julai
Suci Wulandari 3 Julai
Adhika Pratama 3 Julai
Musim Kedua (2005)
Mike Mohede Pemenang
Judika Nalon 13 Ogos
Firman Siagian 29 Julai
Monita Tahalea 23 Julai
Harry Mantong 16 Julai
Maya Damayanti 9 Julai
Glenn Waas 2 Julai
Yudistira Manupassa 24 Jun
Vira Puspitasari 18 Jun
Wisnu Prabowo 11 Jun
Ronald Silitonga 4 Jun
Danar Karolus 28 Mei
Musim Ketiga (2006)
Ihsan Tarore Pemenang
Dirly Sompie 19 Ogos
Ghea Oktarin 4 Ogos
Sanobo Sasamu 28 Julai
Maria Priscilla 21 Julai
Ilham Basso 14 Julai
Christy Claudia 7 Julai
Sisi Hapsari 30 Jun
Brinet Sudjana 23 Jun
Martesa 16 Jun
Lee Kulalean 9 Jun
Depe 2 Jun
Musim Keempat (2007)
Rini Wulandari Pemenang
Wilson Maiseka 28 Julai
Gabriela Christy 13 Julai
Sarah Hadju 6 Julai
Fandy Santoso 29 Jun
Dimas Mochammad 22 Jun
Julian Syahputra 15 Jun
Priska Paramita 8 Jun
Stevano Andrie 1 Jun
Marsya Nada 25 Mei
Gana Eka 18 Mei
Rismawati 11 Mei
Musim Kelima (2008)
Aris Runtuwene Pemenang
Gisella Anastasia 2 Ogos
Patudu Syammayim 18 Julai
Aji Wibisono 11 Julai
Dyna Fransisca 4 Julai
Obet Habibu 27 Jun
Andy Makaruwung 20 Jun
Ibeth Estrya 13 Jun
Dede Richo 6 Jun
Thefanie Florina 30 Mei
Della Setia 23 Mei
Safira Rizkika 16 Mei
Musim Keenam (2010)
Dalam proses

Audisi sunting

Audisi berlangsung dari kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan dan Makassar dan berakhir di Jakarta. Audisi kecil juga diadakan di Ambon dan Manado. Peserta dari Manado dan Ambon yang berhasil maju ke babak berikutnya dikirim ke Surabaya untuk ke babak kedua audisi.

Audisi terdiri dari dua babak. Babak pertama audisi yang bertindak sebagai juri adalah orang-orang yang bekerja di SonyBMG. Setelah dinyatakan maju ke babak audisi selanjutnya, kontestan akan berhadapan dengan 4 Juri Indonesian Idol.

Pada musim pertama, terdapat 32.000 orang yang mendaftar dalam audisi Indonesian Idol. Jumlah pun bertambah pada musim kedua, yaitu 37.000 orang. Di pada musim ketiga, 48.000 orang audisi Indonesian Idol ketiga. Kontestan yang ingin audisi diharuskan Warga Negara Indonesia, atau Warga Negara Asing yang minimal tinggal di Indonesia selama 5 tahun. Kontestan harus berumur di antara 18 sampai dengan 24 tahun. Tetapi pada musim kedua, umur minimal kontestan dipanjangkan, dari 18 ke 16 tahun. Pada musim kelima, umur minimal kontestan dinaikkan dari 16 ke 17 tahun. Hasilnya, banyak anak SMA yang berhasil menembus 12 besar.[perlu rujukan]

Kontestan yang akan diaudisi harus membawa tanda pengenal seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Pelajar, paspor, atau Surat Izin Mengemudi (SIM) serta membawa formulir yang telah diisi dari situs resmi Indonesian Idol, atau dari majalah dan koran. Kontestan tidak diperbolehkan audisi bila sedang terikat kontrak dengan perusahaan lain dan sedang mempunyai kontrak rekaman (diperbolehkan jika mempunyai kontrak rekaman di masa lampau); berhasil menembus 11 Besar pada musim pertama, dan 12 Besar pada musim kedua dan ketiga.

Eliminasi sunting

Peserta yang dinyatakan lolos tahap Audisi akan mendapat Golden Ticket untuk melaju kebabak Eliminasi yang mana dalam babak ini, peserta akan bernyanyi secara solo, duet dan grup. Dari babak ini, akan terbentuklah 24 besar (dalam musim pertama, dan kedua dipilih 30 orang) finalis yang akan melaju kebabak berikutnya.

Workshop sunting

Kesemua dua puluh empat orang finalis yang dinyatakan lolos babak Eliminasi, selanjutnya akan masuk ke babak Workshop yang mana dalam babak ini, 24 finalis akan dibagi ke dalam 3 kelompok dan tiap kelompok akan dipilih 3 orang (musim pertama) dan 4 orang (musim kedua) yang mendapat voting tertinggi melalui SMS. Dari masing-masing kelompok akan terbentuklah 12 besar finalis Indonesian Idol.

Namun pada musim ketiga dan keempat, sistem diatas tidak berlaku, karena di musim kedua hanya ada 3 orang finalis perempuan. Maka pada musim ketiga dan keempat, 24 finalis dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan jenis kelamin. Selama 3 minggu, akan tersisih peserta dengan voting tertinggi hingga terbentuklah 12 besar finalis Indonesian Idol.

Wildcard sunting

Dari peserta Workshop yang tersisih, akan dipilih oleh juri, masing-masing 2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan, untuk bertanding lagi dan akan dipilih 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan oleh masyarakat untuk melengkapi 12 Finalis.

Di musim pertama, Karen terpilih berdasarkan SMS, namun juri memilih Lucky untuk masuk kedalam Finalis. Maka terkumpullah 11 Finalis. Di musim kedua tidak diadakan babak ini. Brinet dan Tesa terpilih untuk melengkapi 12 besar finalis dimusim ketiga. Dan dimusim keempat, Dimas dan Priska terpilih menjadi finalis yang melengkapi 10 orang yang sudah terpilih sebelumnya. Dan di musim kelima Ibeth dan Andy yang terpilih mendapatkan kesempatan untuk melaju bersama sepuluh kontestan lainnya ke babak spektakuler.

Spektakuler Show sunting

12 peserta yang lolos di babak sebelumnya akan unjuk kemampuan di babak spektakuler. Babak ini akan berlangsung setiap minggu dan akan menyisihkan satu kontestan dengan voting terendah.

Result Show Spectakuler Show sunting

Sesi ini ditayangkan seusai penampilan para kontestan di babak spektakuler. Pada sesi ini line voting akan ditutup dan akan diumumkan siapa kontestan yang akan tersisih.

Grand Final sunting

2 orang peserta yang tersisa akan berlaga dibabak ini. Dengan menyanyikan 3 buah lagu, masing-masing terdiri atas lagu pilihan juri, lagu pilihan peserta, dan lagu yang diciptakan khusus untuk sang finalis.

Battle Goes On sunting

Acara ini ditayangkan saat seminggu setelah babak grand final. Dimana 2 finalis yang tersisa akan berkampanye untuk meminta dukungan dari pemirsa. Ditayangkan dari 2 tempat yang berbeda.

Result Show Grand Final sunting

Ditayangkan seminggu setelah babak Grand Final. Atau sehari sesudah Battle Goes On. Dibabak inilah penentuan hasil voting dan akan menobatkan peserta dengan voting tertinggi menjadi sang Indonesian Idol.

Musim sunting

Musim Pertama (2004) sunting

Dimusim pertama terpilih 11 orang finalis. Album kompilasi finalis dimusim ini adalah Indonesian Idol: Indonesian All-Time Hits. Dengan lagu andalan Ekspresi.

Joy terpilih sebagai juara Indonesian Idol yang pertama, dengan lagu kemenangan Karena Cinta ciptaan Glenn Fredly. Karena satu hal, kemenangan Joy dibatalkan dan gelar juara Indonesian Idol yang pertama jatuh pada Delon sang runner-up.

Musim Kedua (2005) sunting

Dimusim ini, terdapat 12 orang finalis. Album Kompilasi Finalis dimusim ini adalah Seri Cinta dengan lagu andalan Cintaku karya Eros Djarot.

Juara dimusim ini adalah Mike mengalahkan Judika dibabak grand final. Dengan lagu kemenangan Semua Untuk Cinta.

Musim Ketiga (2006) sunting

Terpilih 12 orang finalis dengan album kompilasi Tribute To Tonny Koeswoyo dengan lagu andalan Nusantara.

Ihsan mengalahkan Dirly dalam perolehan voting dan menobatkannya sebagai pemenang Indonesian Idol dimusim ketiga, dengan lagu kemenangan Kemenangan Hati karya dari Yovie Widianto. Namun lagu tersebut akhirnya dinyanyikan oleh Dirly dan Gea di albumnya Yovie.

Musim Keempat (2007) sunting

12 orang finalis yang terpilih dibuatkan album kompilasi Masterpiece dengan lagu andalan Bendera karya Eross Candra yang pernah dipolulerkan oleh Cokelat.

Juara dimusim ini adalah Rinni yang mengalahkan Wilson di grand final dengan lagu kemenangannya adalah Aku Tetap Milikmu karya Anton BHS.

Musim Kelima (2008) sunting

Indonesian Idol musim kelima ini dimenangkan oleh Aris mengalahkan Gisel. Sebelumnya, audisi Indonesian Idol musim kelima ini di selenggarakan di 15 kota, diantaranya Medan , Manado , Ambon , Bali , Surabaya , Bandung , Palembang , Jakarta , Yogyakarta , Malang , Madiun , Salatiga , Purwokerto , Kota Tegal , dan Cirebon. Di musim kelima ini, Ata selaku pembawa acara idol dari musim pertama digantikan dua pembawa acara baru yang akan menemani Daniel Mananta. Yaitu Dewi Sandra dan Marissa Nasution. Begitu pula dengan posisi juri, Jamie tidak kembali mengisi kursi dewan juri. Musim kelima ditayangkan mulai tanggal 11 April hingga 2 Ogos 2008.

Musim Keenam (2010) sunting

Indonesian Idol kembali lagi setelah berhenti 1 tahun pada 2009. Indonesian Idol musim keenam diselenggarakan pada 2010. Pada musim ini, posisi Indra Lesmana dan Titi DJ sebagai juri digantikan oleh Agnes Monica dan Erwin Gutawa, sedangkan Anang Hermansyah tetap menjadi juri. Acara ini masih dibawakan oleh Daniel Mananta.

Audisi Bis

Audisi Bis akan diselenggarakan di beberapa kota di Jawa, yaitu : Cirebon, Tegal, Semarang, Solo, Madiun dan Malang. Calon peserta Audisi wajib mengirimkan CD demo terlebih dahulu melalui stasiun radio yang telah ditunjuk:

1. Cirebon, Jawa Barat  : 1 - 4 Desember 2009

2. Tegal, Jawa Tengah  : 4 - 7 Desember 2009

3. Semarang, Jawa Tengah : 7 - 10 Desember 2009

4. Solo, Jawa Tengah : 10 - 13 Desember 2009

5. Madiun, Jawa Timur : 13 - 16 Desember 2009

6. Malang, Jawa Timur : 16 - 19 Desember 2009

Audisi Besar

Audisi Besar akan diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia, yaitu : Surabaya, Medan, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Bagi para peserta audisi yang telah mendaftarkan diri dan mendapatkan nomor audisi melalui website ini, berikut ini informasinya :

1. Surabaya, Jawa Timur : Kodam Balai Prajurit, 21 - 23 Desember 2009

2. Medan, Sumatera Utara : Griya Dome, 16 - 17 Januari 2010

3. Yogyakarta, D.I. Yogyakarta : Jogja Expo Center (JEC), 26 - 27 Januari 2010

4. Bandung, Jawa Barat : Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), 1 - 2 Februari 2010

5. Jakarta, D.K.I. Jakarta : Mega Glodok Kemayoran, 15 - 16 Februari 2010

Musim keenam akan mulai ditayangkan tanggal 5 Maret 2010.

24 BESAR INDONESIAN IDOL 2010 adalah :

PESERTA PRIA PESERTA WANITA
Bagus Perdana
Zulfa Tisa
Fendi
Tesa Atresye
Rio Rezky
Ica Raizza
Michael Dotulong
Orin Reviera
Sannie Legawanta
Doremi Armaya
Andi Subadja
Diana Tuwema
Fauzan Razak
Mela Yunita
Gilang Saputra
Dea Panendra
Igo Elicohen
QZ Anhudyanti
Windra
Citra Skolastika
Ray Generies
Monalisa Lengkong
Eza Riza
Keyko Vredhe

Tambahan Indonesian Idol sunting

Selain babak-babak yang menampilkan aksi peserta diatas panggung, diselenggarakan juga acara yang menampilkan keseharian para finalis selama masa karantina.

Musim Nama Acara Pembawa Acara
Pertama, 2004 Indonesian Idol EXTRA Amelia Natasha
Irgi Ahmad Fahrezi
Kedua, 2005 Indonesian Idol EXTRA Junot
Suci Idol
Ketiga, 2006 Idol Banget Nirina Zubir
Indra Bekti
Keempat, 2007 Idol Banget Nirina Zubir
Indra Bekti
Olga
Kelima, 2008 Idol Hi Five Arie Dagienkz
Magdalena

Lihat juga sunting

Rujukan sunting

  1. ^ ""Indonesian Idol" Dihentikan Sementara". GATRA. 12 Mac 2009. Dicapai pada 12 Mac 2009. Check date values in: |date= (bantuan)

http://www.rcti.tv/sinopsis/bus-audition-indonesian-idol-2010

Pautan luar sunting