Varaha Avatar (Sanskrit: वाराह  ; Varaha Avatāra) merupakan avatar ketiga dari Dewa Vishnu yang berbentuk babi hutan. Avatar ini muncul pada zaman Satya Yuga, di mana pada waktu itu ada raksasa bernama Hiranyaksha, adik raksasa Hiranyakashipu, yang ingin menenggelamkan Pertiwi (planet bumi) ke dalam lautan kosmik, suatu tempat antah berantah di ruang angkasa.

Varaha
Lukisan yang menggambarkan Varaha Avatar sedang menyelamatkan bumi dari lautan kosmik
Lukisan yang menggambarkan Varaha Avatar sedang menyelamatkan bumi dari lautan kosmik
Gelar sebagai Avatar Vishnu
yang berupa babi hutan
Dewanagari:वाराह
Golongan:Avatar Vishnu
Senjata:Cakeram dan Gada
Pasangan:Dewi Pertiwi
Varaha Avatar On A Brass Shade, Sirsale Rajabari, Benggala Barat, India.

Melihat dunia belum waktunya kiamat, Dewa Vishnu menjelma menjadi babi hutan yang mempunyai dua taring panjang mencuat. Pertempuran antara raksasa Hiranyaksha dan Dewa Vishnu berlangsung sengit. Kononnya pertarungan ini terjadi ribuan tahun yang lalu dan memakan waktu ribuan tahun pula. Pada akhirnya, Dewa Vishnu yang menang.

Setelah memenangi pertarungan itu, Vishnu mengangkat bumi yang bulat seperti bola dengan dua taringnya yang panjang mencuat, dari lautan kosmik, dan meletakkan kembali bumi pada orbitnya. Setelah itu, Dewa Vishnu menikahi Dewi Pertiwi dalam bentuk Avatar tersebut.

Varaha Avatar dilukiskan sebagai babi hutan yang membawa planet bumi dengan kedua-dua taringnya dan meletakkannya di atas hidung, di depan mata. Kadangkala dilukiskan sebagai manusia berkepala babi hutan, dengan dua taring menyangga bola dunia, bertangan empat, masing-masing membawa: cakeram, terompet dari kulit kerang, teratai, dan gada.