Yusuf bin Tasyfin atau Tasyafin (berkuasa sek. 1061 - 1106) (Arab: يوسف بن تاشفين atau يوسف بن تشفين) adalah penguasa Al-Murabitun Barbar di Afrika Utara dan Al-Andalus. Beliau mungkin adalah sepupu atau anak saudara kepada Abu Bakar bin Umar, pengasas Dinasti Al-Murabitun, dan menikahi Zainab An-Nafzawiyat, bekas isteri Abu Bakar. Beliau mempersatukan semua daerah Islam di Semenanjung Iberia (sekarang Sepanyol dan Portugal) bersama Kerajaan Maghribi Murabitun (sek. 1090), setelah beliau dipanggil kembali ke Al-Andalus oleh penguasa Muslim di sana, demi mempertahankan Al-Andalus dari serangan kerajaan-kerajaan Kristian.

Yusuf juga merupakan salah seorang pengasas Marrakesh (Arab Murakush, merupakan asal kata Morocco). Kota ini tempatnya dipilih dan diawali oleh Abu Bakar bin Umar pada 1070, namun awal 1071 beliau harus berangkat untuk memadamkan pemberontakan di Sahara. Marrakesh diselesaikan oleh Yusuf, yang kemudian menjadikannya ibu negara Al-Murabitun. Sebelumnya orang-orang Murabitun merupakan pengembara padang pasir, dan pendirian kota ini menandai mereka telah menetap dan mengikuti cara hidup bandar.

Menurut buku karangan Abd Allah di abad ke-14 "Roudh el-Kartas" dan terjemahan Perancisnya oleh A. Beaumier, Yusuf adalah orang yang "berkulit coklat, tinggi sedang, kurus, sedikit berjanggut, bersuara lembut, bermata hitam, berhidung rajawali, rambut ala Nabi Muhammad, yakni berambut panjang tumbuh hingga ke telinganya, alisnya bergabung, berambut ikal"[1]

Catatan kaki sunting

  1. ^ "teint brun, taille moyenne, maigre, peu de barbe, voix douce, yeux noirs, nez aquilin, meche de Mohammed retombant sur le bout de l'oreille, sourcils joints l'un a l'autre, cheveux crepus", [1]

Daftar pustaka sunting

  • Ibn Idhari, Al-bayan al-mughrib Part III, annotated Spanish translation by A. Huici Miranda, Valencia, 1963.
  • N. Levtzion & J.F.P. Hopkins, Corpus of early Arabic sources for West African history, Cambridge University Press, 1981, ISBN 0-521-22422-5 (reprint: Markus Wiener, Princeton, 2000, ISBN 1-55876-241-8). Contains English translations of extracts from medieval works dealing with the Almoravids; the selections cover some (but not all) of the information above.
  • E. A. Freeman, History and Conquests of the Saracens, (Oxford, 1856)
  • Codera, Decadencia y desaparicion de los Almoravides en España (1889)
Didahului oleh
Abu Bakar bin Umar
Pemimpin Al-Murabitun
10611106
Diikuti oleh:
Ali bin Yusuf