Lhokseumawe

kota di provinsi Aceh, Indonesia

Kota Lhokseumawe adalah sebuah kota di provinsi Aceh, Indonesia. Ia berada seolah-olah di tengah-tengah jalur timur Sumatera, dan terletak di antara Banda Aceh dan Medan, sehingga kota ini merupakan jalur perjalanan utama dan perdagangan yang sangat penting bagi Aceh. Ia mempunyai keluasan 212 km² dan jumlah penduduk 207.202 orang pada tahun 2019.[1]

Kota Lhokseumawe
Lambang Kota Lhokseumawe
Lambang Kota Lhokseumawe
Lokasi Aceh Kota Lhokseumawe
Lokasi Aceh Kota Lhokseumawe
Ibu negeri: Lhokseumawe
Keluasan: 253.87 kilometer persegi
Penduduk: 141.042 orang
Lapangan terbang: Malikussaleh
Provinsi: Aceh
website: lhokseumawekota.go.id

Wilayah sunting

Kota Lhokseumawe di sebelah barat, timur dan selatannya dibatasi oleh Kecamatan Dewantara, Kecamatan Syamtalira Bayu dan Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara dan sebelah utara oleh Selat Melaka.

Letak geografi kota Lhokseumawe berada pada posisi 4º 54' – 5º 18' Lintang Utara (LU) dan 96º 20' – 97 º 21' Bujur Timur (BT).

Luas wilayah Kota Lhokseumawe adalah km² dengan jumlah penduduk 188,974 orang. Ia terbahagi kepada 101 desa dan 6 kelurahan yang tersebar di empat kecamatan: Banda Sakti, Muara Dua, Muara Batu dan Blang Mangat. Lapangan Terbang Malikus Saleh berada di wilayah kota ini.

Perusahaan sunting

EXXON Mobil, PT. Arun LNG dan PT Kertas Kraft Aceh, berada di sebelah barat kota ini. Termasuk juga perusahaan lain seperti PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) I-II dan PT. Asean Aceh Fertilizer (AAF).

Referensi sunting

Lihat juga sunting

Pautan luar sunting