Mantikora (Bahasa Parsi Pertengahan: Martyaxwar; Yunani: Βάρἰκος, rumi: Baricos; bahasa-bahasa Inggeris dan Perancis: Manticore) adalah makhluk dalam legenda yang mirip dengan sfinks Mesir di bertubuh singa merah, berkepala manusia dengan tiga deretan gigi tajam (seperti ikan yu), dan bersuara seperti trompet. Rupa tubuh ia berbeza-beza mengkut penceritaan yang lazim dari satu masyarakat ke satu masyarakat yang lain; da yang menyatakan ia bertanduk, ada yang berkata ia bersayap, malah ada yang menyatakan ia mempunyai kedua-dua ciri ini. Ekornya bisa sahaja berbentuk naga atau kala jengking dengan memiliki sengat beracun yang dapat digunakan untuk melumpuhkan mahupun membunuh mangsnya.

Gambar mantikora (1678) oleh Joannes Jonstonus.
Gambar mantikora dari buku "The History of Four-footed Beasts" (1607) oleh Edward Topsell.

Makhluk tersebut memakan seluruh tubuh mangsanya tanpa meninggalkan sebarang menyisakan pakaian, tulang, atau apapun yang digunakan mangsanya saat itu. Maka selama abad awal, ada keyakinan bahwa bila seseorang menghilang, itu merupakan bukti keberadaan mantikora sehingga mantikora dianggap nyata. Telapak kakinya bisa berbentuk kaki naga, tetapi seringkali dikatakan seperti kuku singa. Ukuran tubuhnya berkisar antara ukuran singa sampai ukuran kuda. Makhluk itu juga seringkali disalah sangka sebagai pria berjanggut jika dilihat dari kejauhan.

Asal usul sunting

Mitologi tentang mantikora aslinya berasal dari Persia, yang aslinya berjuluk “pemakan manusia” (berasal dari bahasa Persia Tengah yaitu kata مارتیا Martya yang berarti "manusia" dan خوار Xwar yang berarti "memakan"). Kata "mantikora" sendiri berasal dari bahasa Inggris, terminologi dari bahasa Latin mantichora, diserap dari bahasa Yunani μαντιχωρας mantikhoras, pelafalan keliru dari kata asalnya dalam bahasa Parsi. Legenda tentang raksasa ini tersebar di daratan Eropa dan pertama kali diceritakan oleh Ctesias, seorang paranormal dari Yunani Purba yang mengabdi pada raja Artaxerxes II.

Buku Description of Greece karya seorang ahli agama dari Yunani bernama Pausanias menceritakan tentang mantikora. Raksasa yang digambarkan oleh Ctesias yang disebut "martichoras" berbentuk seperti harimau, tetapi memiiliki tiga gigi taring dan sengat pada ekornya yang digunakan untuk mempertahankan diri. Ketika monster ini terluka, dia bisa menembakan racun seperti panah yang terlepas dari busurnya.

Lihat pula sunting

Pautan luar sunting


Templat:Makhluk legendaris-stub