Pengguna:Glorious Engine/2 2014

Renaissance WBI Jilid 2
19 Januari 2014

Kejadian bertahun-tahun yang lalu akhirnya terulang lagi.

Pada tahun 2011 yang lalu, sebuah pemblokiran yang amat parah terjadi.* Kejadian itu pun terulang lagi pada waktu dekat ini oleh Stephensuleeman dengan alasan "membuat artikel2 yang terlalu singkat" dengan panjang waktu selama 3 bulan (sampe bulan April 2014).

Hal ini tentu sesuatu yang sangat mengejutkan. Pasalnya pada waktu sebelumnya yang hampir berdekatan, akun dari Tolololpedia yakni Jakajayagiri selama 1 tahun hanya dikarenakan mengkosongkan salah satu kolom biodata yang diragukan kebenarannya, penjelasan dari peristiwa ini pun sudah disampaikan kepada pemblokirnya namun tak juga kunjung dibalas. Hal itu terjadi setelah sebelumnya akun Tommy Tom Tom diblokir selama 6 bulan meskipun pada awalnya permanen. Ironisnya lagi, 2 akun tersebut adalah pertahanan terakhir disana karena pendaftaran akun tidak mungkin dilakukan terkait masalah email.

Di saat yang bersamaan pula, di dunia nyata juga telah terjadi bencana alam secara beruntun dari banjir di berbagai daerah di Indonesia, letusan gunung Sinabung, sampai badai musim dingin terbesar di Amerika Utara. Hal ini pula juga terjadi di Filipina setahun yang lalu dimana terjadi gempa bumi Bohol dan Topan Haiyan yang hanya berjarak 1 bulan saja.

Beruntunglah proyek AP (Artikel Pilihan, disini Rencana Pilihan) dapat "terselamatkan" sehingga masih dapat diungsikan ke Wikipedia bahasa Melayu (WBM) dan dilanjutkan pengerjaannya seperti halnya yang dilakukan oleh pemerintahan Indonesia jaman dulu yang memindahkan ibukota dari pulau Jawa ke Bukittinggi, pulau Sumatera demi mengungsikan diri dari agresi militer Belanda. Meskipun hal tersebut tidak dijalani ketika insiden yang terjadi pada tahun 2011 mengingat pada saat itu proyek hanya difokuskan pada penambahan jumlah artikel dan bukannya pengembangan kualitas artikel.

Jika dilihat pada saat tahun kemarin, permintaan voting dianggap canvassing.* Namun saat ini justru banyak pengguna yang melakukannya dengan menggunakan "ombox". Bisa jadi pada tahun depan pula pengaturan artikel-artikel singkat juga akan mengalami hal yang serupa.

* Lihat Konspirasi Deerikisasi di WBI