Pondok Pesantren Gading Mangu Perak Jombang

Pondok Pesantren Gading Mangu Perak Jombang merupakan salah Satu Pusat Pendidikan agama Islam terbesar di Indonesia, Yang menekankan pada Pengajaran Al Quran dan Al Hadist pembentukan akhlakul karimah murah Generasi muda. Pondok Pesantren ini beralamat di Desa Gading Mangu Perak Jombang Propinsi Jawa Timur. Lokasinya Hanya 400 meter masuk ke utara pasar Jeruk Kecamatan Perak Kabupaten Jombang.

Pondok Pesantren Gading Mangu Perak Jombang
Lokasi
desa Gading Mangu, Perak, Jombang, Jawa Timur
Indonesia
Maklumat
JenisPondok Pesantren
Moto"menuju dakwah yang berkulitas dan ber - etika"
Ditubuhkan1952
Daerah sekolahJombang
Ketua sekolahKH. Ahmad Fathoni
Maklumatmendidik generasi muda menjadi mubaligh dan mubalighoh handal yang menguasai ilmu Quran dan Hadist serta berakhlak mulia, intelektualitas tinggi dan berwawasan global
Laman sesawang

Disamping mendidik Generasi muda menjadi mubaligh murah mubalighot Sobat Yang menguasai ilmu Al-Quran Hadist murah berakhlak mulia Serta, Pondok Pesantren Gading Mangu sekaligus membina para santrinya agar intelektualitas Tinggi Mempunyai murah berwawasan global. Karena pondok pesantren ini ditunjang dengan Sekolah Umum tingkat SMP, SMU SMK murah di bawah pengelolaan Yayasan Budi Utomo.

Pondok Pesantren Gading Mangu saat ini menampung sebanyak 3.500 (tiga ribu lima ratus) Siswa terbagi Atas 1950 (seribu lima ratus Sembilan Puluh) santri putra murah 1,550 (seribu lima ratus lima Puluh) santri putri berasal Dari Berbagai Daerah di Seluruh penjuru Indonesia. Dari Jumlah santri tersebut sebanyak 1,139 Orang Sekolah di SMU Budi Utomo, 917 Orang Duduk di Bangku SMK Budi Utomo menjadi murah 806 Orang Siswa SMP Budi Utomo.

Pondok Pesantren Gading Mangu Yang Mulai beroperasi Tahun 1952 ini memiliki Fasilitas antara lain Gedung asrama putri, asrama putra Gedung, Aula, Wisma tamu, dapur Umum Pusat Kegiatan Siswa murah yaitu Masjid Baitul Antiq Yang diresmikan oleh Bupati Jombang H. Soewoto Adiwibowo pada Tanggal 7 Januari 1997.

Sejarah Singkat sunting

Pondok Pesantren di Desa Gadingmangu berada Gadingmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jakarta Sekitar 13 kilometer atau Dari Kota Jombang. Jarak Pondok Pesantren Gadingmangu Dari Surabaya Sekitar 93 kilometer atau jarak tempuh Sekitar 2 jam.

Pondok Pesanteren Gadingmangu didirikan Tahun 1952 PADA oleh:

  1. Bapak H. Bey Prawironoto (Kepala desa saat itu)
  2. Bapak H.M. Ridwan
  3. Bapak H. Nurhadi
  4. Bapak H. Nurhasan

Periode Kepemimpinan:

  1. Tahun 1952 - 1963 dipimpin oleh Bapak H. Bey Prawironoto
  2. Tahun 1963 - 2006 dipimpin oleh Bapak KH. Abdul Syukur
  3. Tahun 2006 - sekarang dipimpin oleh Bapak KH. Ahmad Fathoni

Visi Misi sunting

Visi sunting

"Menjadi Pondok Pesantren berkemampuan global Dalam, dakwah Islam sehingga mendorong Umat Islam & Umat Manusia murah pada umumnya memiliki Kehidupan Yang sejahtera berbasis agama, kejujuran, amanah, hemat & kerja keras, rukun, kompak Serta dapat bekerjasama dngan Baik".

Misi sunting

"Memberikan kontribusi Nyata Dalam, Pembangunan bangsa melalui dakwah Negara dan, Pengkajian, pemahaman ajaran Islam yang murah penerapan secara menyeluruh dilakukan Yang, dan berkesinambungan terintegrasi Sesuai peran, Posisi, tanggung jawab profesi sebagai Komponen bangsa Negara Kesatuan Dalam, Wadah Republik Indonesia".

Tujuan dan Sasaran sunting

Tujuan sunting

Sesuai DENGAN visi, misi, tugas Pokok murah Fungsi Pondok Pesantren Maka tujuan Yang Ingin dicapai adalah:

Meningkatnya Kualitas Peradaban, Hidup, Harkat martabat murah Dalam, Kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara murah Serta turut Serta Dalam, Pembangunan Manusia Indonesia seutuhnya, Yang dilandasi oleh keimanan murah ketakwaan Kepada tuhan Yang Maha Esa guna terwujudnya Masyarakat Madani Yang murah demokratis berdasarkan Pancasila berkeadilan Sosial murah UUD 45, Yang diridhoi Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Sasaran sunting

Sesuai dengan tujuan Yang Ingin dicapai, Maka ditetapkan sebagai sasaran berikut:

  1. Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat Islam secara menyeluruh.
  2. Meningkatnya Kegiatan dakwah Islam secara merata di Seluruh tanah air.
  3. Meningkatnya pemahaman murah penerapan Nilai-Nilai Islam Yang berasal Dari sumber-sumber ajaran Islam yang murni Yang.
  4. Meningkatnya Kualitas sumber Daya Manusia Masyarakat Islami.

Meningkatnya Partisipasi Masyarakat # Islam Dalam, Berbagai Program Pembangunan bangsa Negara murah.

  1. Meningkatnya kerukunan Beragama murah kesetiakawanan Sosial.

Nilai - Nilai sunting

Dalam, menjalankan misi guna mencapai visinya, Pondok Pesantren Nilai-Nilai mengembangkan yaitu:

  1. Memiliki sikap murah paham keagamaan Dasar Yang bersumberkan Al-Qur'an PADA Al-Hadits murah
  2. Memiliki jiwa nasionalisme UNTUK mewujudkan cita Luhur Empat bangsa Indonesia Yang tercantum Dalam, Undang-Undang Dasar 1945.
  3. Memiliki hati Yang Terbuka, toleran murah tenggang rasa Perbedaan Pandangan Dalam, menghadapi;
  4. Memiliki sikap Adil, jujur, amanah, mujhid muzhid
  5. Keseimbangan tindakan murah perilakunya Dalam, menjalankan pengabdian Kepada Allah, berinteraksi DENGAN Sesama Umat Manusia, alam semesta murah memperlakukan / Lingkungan Hidup;
  6. Moderat Dalam, merumuskan Pendapat, pemikiran murah perbuatan;
  7. Memiliki integritas, keberanian murah konsistensi Dalam, menyuarakan kebenaran meskipun situasi Dalam, Yang Sulit.
  8. Komitmen UNTUK mendukung keputusan-murah menjalankan keputusan pemerintah.

Struktur Organisasi sunting

Pondok Pesantren Gading Mangu Mempunyai Struktur Organisasi sebagai berikut:

  • Dewan Kyai: Merupakan badan Tertinggi Yang beranggotakan para sesepuh pondok pesantren Yang berwenang sebagai penentuk kebijakan prinsipiil Pondok Pesantren Gadingmangu Yang beranggotakan 6 (Enam) Orang.
  • Dewan Guru: Merupakan badan pelaksana kebijakan Dewan Kyai Dalam, kontinuitas bidang Pendidikan. Badan ini beranggotakan para Guru / Ustad Pondok Pesantren Gadingmangu.
  • Dewan Harian: Merupakan pelaksana harian Dewan Yang membidangi Administrasi, Manajemen Kegiatan Sosial murah lainnya. Anggota Dewan Harian ini terdiri Dari Unsur Pimpinan, Sekretaris, bendahara dan bagian - bagian.

Program Pendidikan di Pondok Pesantren Gading Mangu sunting

Pendidikan Agama

  • Quran, bacaan, terjemahan, tafsir murah
  • Himpunan Hadist
  • Faroidh; Hukum Pembagian waris
  • Qiroatu Sab'ah
  • Nahwu shorof
  • Kutubu Sittah

Pendidikan Umum

  • Budi pekerti / Akhlakul karimah
  • Wawasan Kebangsaan
  • Olah raga murah Outbond
  • Kewirausahaan / Enterprenuership murah
  • Pengabdian Masyarakat

Keuntungan Sistem Pendidikan Terpadu ini antara lain:

  • Dalam, kurun Waktu Yang sama Siswa Bisa menjadi mubaligh atau mubalighot murah menguasai / khatam Quran Hadist murah, sekaligus lulus Pendidikan Umum SMP, SMU atau SMK.
  • Biaya Pendidikan relatif Lebih efisien karena Lokasi pondok pesantren menyatu DENGAN sekolah, biaya transportasi Tidak njaluk Tambahan. Sedang total biaya pemondokan HANYA Rp 190.000, - (seratus ribu Sembilan Puluh Rupiah) per bulan Sudah Termasuk Uang makan.
  • Karena Kegiatan Sekolah murah pondok ketat Maka Yang Hidup Siswa dituntut disiplin, Tidak ada Waktu Luang untuk sia-sia Kegiatan; seperti keluyuran, nonton TV murah secara berlebihan utama permainan, dugem murah Aktivitas lain Yang menjurus pada Pelanggaran Hukum murah Aturan agama.
  • KARENA Siswa Pondok Pesantren ini berasal Dari Berbagai Daerah di Indonesia, Maka secara Langsung setiap Siswa Akan saling memahami Mengenal Lebih murah Budaya, adat istiadat geografis murah Berbagai etnis bangsa Indonesia

Pondok Pesantren Gading Mangu 2 sunting

Mengantisipasi perkembangan jamaah muslim di Indonesia Pondok Pesantren Gading Mangu pada Tahun 2000 berkembang ke selatan bersebelahan dengan Sekolah Budi Utomo denga Pusat Kegiatan di Masjid Luhur Nur Hasan. Sekarang pondok pesantren ini diasuh oleh 140 (seratus Empat Puluh) dibantu oleh guru murah 135 Orang petugas / Pegawai.

Tampak Ruang Terbuka Pondok Pesantren Gading Mangu 2 Yang dilingkupi Gedung SMK Budi Utomo, Gedung Serbaguna Masjid Luhur murah Nur Hasan. Ruang Terbuka ini juga berfungsi sebagai Lapangan olah raga murah Tempat parkir bagi para pengunjung pondok pesantren.

Di Belakang Gedung SMK adalah Gedung pondok pesantren Gading Mangu 2 Yang terdiri Dari; asrama putra, Ruang belajar mengajar, Perpustakaan, Wisma tamu, dapur Ruang murah.

Pranala luar sunting